Debut pada tahun 60-an, Ant-Man adalah identitas superhero Marvel yang pertama kali dipegang oleh Hank Pym, salah satu pendiri Avengers di Marvel Comics. Sejak akhir tahun 70-an, identitasnya telah diteruskan oleh Scott Lang yang juga merupakan bagian dari tim super sekelas Avengers dan Fantastic Four. Dengan sejarah yang cukup panjang tersebut, cukup jelas bahwa Ant-Man adalah karakter yang sangat tidak terpisahkan dari Marvel, begitu juga dengan versi MCU yang diperankan oleh aktor sekaligus komedian Paul Rudd.

Berbicara tentang Scott Lang versi MCU, sebentar lagi Paul Rudd akan mengulang perannya di film yang sudah sangat diantisipasi oleh banyak penggemar, yaitu Ant-Man and the Wasp Quantumania. Namun tahukah kalian, sebelum nama Rudd terkenal di kalangan penggemar Marvel, sebenarnya ada sejumlah aktor lain yang hampir memerankan karakter Ant-Man. Sebagian besar nama para aktor ini bahkan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Berikut ini 5 aktor yang gagal mendapatkan peran Ant-Man di MCU.

Adrien Brody

Dalam sejarahgnya, Ant-Man merupakan film MCU yang pertama Marvel Studios umumkan pada tahun 2006 silam dalam acara San Diego Comic-Con International. Pada saat itu tidak sedikit penggemar yang penasaran siapa aktor yang akan memerankan karakter favorit mereka. Sebelum Paul Rudd mendapatkan perannya, ternyata peran Scott Lang alias Ant-Man pernah hampir jatuh ke tangan aktor Adrien Brody. Pada saat itu para produser merasa bahwa kualitas akting dari bintang King Kong dan Predators ini sudah cukup untuk menghidupkan karakternya. Untungnya, keputusan tersebut tidak jadi diteruskan, karena Brody sendiri tidak seterkenal Rudd jika berbicara tentang peran karakter yang jenaka.

Ewan McGregor

Penggemar setia Hollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan Ewan McGregor. Dari sekian banyak karakter yang dia perankan, McGregor paling terkenal sebagai sang Jedi Knight Obi-Wan Kenobi di waralaba Star Wars. Tahun lalu dia juga sempat kembali mengulang perannya di serial Obi-Wan Kenobi yang tayang di Disney+. Saat pertama kali film Ant-Man dikembangkan, aktor yang terkenal di kalangan penggemar Star Wars ini ternyata pernah hampir berperan sebagai Scott Lang. Sayangnya, setelah sempat dipertimbangkan untuk berperan sebagai Doctor Strange juga, pada akhirnya McGregor justru malah tidak mendapatkan peran apa pun di MCU.

Joseph Gordon-Levitt

Joseph Gordon-Levitt adalah salah satu aktor Hollywood yang sudah cukup sering menjadi bintang di film garapan sutradara Christopher Nolan. Selain Inception (2010), dia juga pernah membintangi film superhero The Dark Knight Rises (2012) sebagai salah satu sekutu Batman. Sayangnya, nasib yang sama tidak berlaku di jagat sinema superhero Marvel, di mana dia gagal mendapatkan peran Ant-Man di film pertamanya. Selain Ant-Man, Gordon-Levitt juga pernah pernah mendapatkan tawaran untuk berperan sebagai Peter Quill alias Star-Lord di film Guardians of the Galaxy (2017), tetapi pada saat itu dia menolaknya karena tengah disibukan dengan syuting Sin City: A Dame to Kill For (2014).

Simon Pegg

Ketika penulis naskah Ant-Man Edgar Wright masih duduk di kursi sutradara, Simon Pegg adalah salah satu aktor yang sempat dipertimbangkan untuk peran Scott Lang. Namun, hal tersebut tidak pernah terwujud karena pada akhirnya peran Ant-Man justru diberikan kepada Rudd, sementara Wright hanya fokus sebagai penulis filmnya saja. Pada tahun 2022, dalam sesi wawancaranya dengan Newsweek, Pegg sempat kembali ditanya apakah dia masih ingin terlibat dengan film Marvel. Sayangnya, aktor berusia 52 tahun ini sekarang hanya ingin fokus dengan film untuk orang dewasa saja, salah satu contohnya adalah waralaba Mission Impossible di mana dia memang terlibat di dalamnya.

Steve Buscemi

Aktor terakhir yang sempat dipertimbangkan untuk membintangi film Ant-Man adalah Steve Buscemi. Bedanya dengan nama-nama sebelumnya, alih-alih berperan sebagai Scott Lang, Buscemi justru muncul sebagai kandidat terkuat untuk memerankan karakter Hank Pym, Ant-Man pertama yang bisa mengecil menggunakan Pym Particle ciptaannya. Pada saat itu para produser sangat berharap Buscemi bisa mengambil perannya, sayangnya dia menolaknya karena tengah sibuk dengan film animasi Hotel Transylvania 2 (2015). Pada akhirnya peran Hank Pym diambil alih oleh Michael Douglas sampai sekarang.

Itulah 5 aktor yang sempat hampir menjadi Ant-Man di MCU, sebelum akhirnya harus merelakan peran tersebut karena alasan yang beragam. Terlepas dari alasan para aktor ini, setidaknya saat ini Paul Rudd sendiri telah berhasil membuktikan bahwa peran Scott Lang memang ditakdirkan untuknya. Di mana banyak penggemar yang menyukai performa Rudd dalam menampilkan karakter Scott yang jenaka sekaligus heroik. Film Ant-Man and the Wasp Quantumania, yang akan tayang pada 17 Februari nanti, tampaknya akan makin mengukuhkan posisi Rudd sebagai pemeran terbaik Ant-Man di hati para penggemar.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.