Melihat apa yang terjadi kepada Bartholomew Kuma ada kemungkinan jika dia adalah tiruan dari robot kuno yang terbengkalai di pulau Egghead. Dan ada alasan kuat mengapa kemudian Vegapunk menciptakan sosok Pacifista Kuma yang berdasarkan robot kuno tersebut. Para fans dari seri manga One Piece masih belum berhenti untuk membahas tentang sosok Bartholomew Kuma.

Seperti yang Geeks ketahui, nama Bartholomew Kuma serta Jewelry Bonney saat ini menjadi topik pembahasan yang ramai dibicarakan oleh para fans. Hal ini setelah Eiichiro Oda mengungkapkan fakta sebenarnya mengenai hubungan dari kedua karakter tersebut. Meskipun begitu, terdapat sebuah spekulasi menarik terkait Kuma yang menyebutkan bahwa dia adalah tiruan robot kuno.

Vegapunk Ubah Kuma Jadi Tiruan Robot Kuno

Seperti yang kita ketahui, Bartholomew Kuma memutuskan untuk menjadi bahan percobaan Vegapunk untuk proyek Pacifista. Vegapunk menggunakan bagian tubuh Kuma untuk dirubah menjadi Pacifista, senjata manusia yang dahsyat. Menurut penuturan Jinbe, hal tersebut Kuma lakukan sebagai bentuk pertukaran atas hukuman yang dia jalani setelah Kuma dianggap sebagai penjahat.

Bagaimana kemudian Vegapunk merubah Kuma menjadi Pacifista bisa dibilang sangat menarik. Namun, terdapat sebuah teori yang muncul mengapa kemudian Vegapunk menciptakan Pacifista dan juga koneksinya dengan Kuma terinspirasi dari robot kuno yang ada di Egghead. Dalam chapter sebelumnya Oda memperkenalkan sebuah robot kuno raksasa yang sempat ditemukan oleh Luffy.

Menurut penuturan Vegapunk, robot tersebut sempat aktif pada 200 tahun yang lalu. Robot raksasa ini pernah menyerang Mary Geoise dan berusaha untuk menghancurkan wilayah tersebut. Namun, karena kehabisan bahan bakar atau sumber daya akhirnya robotnya berhasil ditangkap dan kemudian secara diam-diam disimpan di pulau Egghead. Siapa yang mengirim robot tersebut dan apa tujuannya masih jadi misteri.

Keberadaan robot kuno tersebut di pulau Egghead jelas sangat menarik dan juga menjadi sebuah petunjuk jika Vegapunk kemudian meneliti tentang robot itu. Bisa jadi, robot kuno inilah yang kemudian jadi inspirasi Vegapunk untuk menciptakan Pacifista. Dan terdapat teori juga yang menyebutkan jika Pacifista Kuma merupakan tiruan dari robot kuno, di mana Vegapunk mengaplikasikan semua hal dari robot tersebut ke tubuh Pacifista Kuma.

Dan ini mungkin alasan mengapa di chapter 1071 kemarin, Pacifista Kuma yang diselamatkan Koby memutuskan untuk terbang ke Mary Geoise. Bisa jadi, program robot kuno dalam otak Pacifista Kuma secara tidak sengaja aktif saat diperbaiki oleh Lindbergh. Dan hal itu memicu Pacifista Kuma untuk kemudian pergi ke Mary Geoise dan menyerang orang-orang di sana.

Kuma Asli Masih Hidup?

Berkaitan dengan teori di atas, terdapat juga teori yang lain tentang sosok Kuma di mana diprediksi jika sosok Kuma yang asli masih hidup. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi? Dalam teorinya disebutkan jika kemungkinan Vegapunk tidak benar-benar mengubah sosok Kuma asli menjadi Pacifista. Namun, mungkin dia melakukan penelitian seperti yang dia lakukan terhadap Kaido atau pun King.

Ketika Doflamingo pernah menyebutkan jika Vegapunk dan World Government mengubah Kuma menjadi cyborg, hal tersebut memang benar tapi tidak sepenuhnya. Vegapunk memperbanyak jumlah Kuma menjadi robot, karena itu disebut sebagai “Pacifistas”. Dalam arc Punk Hazard, Law pernah melakukan hal mirip seperti yang Vegapunk lakukan. Law melakukannya terhadap Caesar Clown.

Law sempat mengatakan kepada Caesar jika jantung yang dia pegang adalah milik Smoker, yang mana sebenarnya itu merupakan milik Monet. Dalam konteks Kuma, Vegapunk bisa saja mengatakan kepada pihak World Government dan naga langit bahwa yang dia berikan kepada mereka adalah Kuma yang asli. Padahal, faktanya, itu merupakan sebuah Pacifista yang kemudian dikenal sebagai PX-0.

Berdasarkan hal itu, kemungkinan besar Kuma yang asli masih hidup dan akan bertemu kembali dengan anaknya, Bonney, di pulau Egghead. Oda sendiri kemungkinan sudah membangun peristiwa atau momen tersebut sejak arc Reverie. Teori ini bisa jadi alasan mengapa kemudian Vegapunk nampak tidak merasa bersalah tentang sosok Kuma. Juga, ketika dia mengatakan jika Kuma tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya Vegapunk sama sekali tidak pernah mengubah Kuma menjadi cyborg seperti yang muncul dalam cerita. Dengan kata lain, Oda sudah berhasil “memanipulasi” para fans dengan berpikir jika Vegapunk benar-benar mengubah Kuma menjadi Pacifista. Padahal, hal itu tidak pernah terjadi.

Bagian Dari Rencana Vegapunk

Apa yang terjadi kepada Bartholomew Kuma dalam cerita One Piece mungkin adalah bagian dari recana besar yang Vegapunk buat dan pikirkan matang-matang. Vegapunk secara hati-hati membuat rencana yang bisa jadi dia buat bersama dengan Monkey D. Dragon. Rencana ini mungkin sudah dia buat sejak 22 tahun yang lalu, pasca peristiwa mengerikan di Ohara.

Mungkin, seperti halnya Dragon, Vegapunk juga sangat marah dengan peristiwa tersebut. Tetapi, dia tidak bisa berbuat banyak mengingat World Government adalah penyumbang sumber daya paling besar untuk semua penelitiannya. Belum lagi dia juga bekerja untuk mereka. Vegapunk pun akhirnya menyusun rencana secara rapih yang kemudian dieksekusi secara perlahan sebelum kemudian benar-benar terlaksana.

Bisa jadi ini alasan mengapa Vegapunk menyebut jika pertemuannya dengan Luffy adalah takdir. Karena, Luffy bisa jadi adalah sosok yang akan membantunya untuk mewujudkan semua rencana yang sudah dia susun. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran Vegapunk di cerita One Piece selanjutnya, di mana kemungkinan dia akan jadi salah satu sosok yang sangat penting.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.