Jagat DC Comics mengenal sebuah benda yang sangat luar biasa dahsyat yang mampu mewujudkan apa pun yang ada dalam benak mereka yang bernama Miracle Machine. Bahkan, berkat kedahsyatan dari kekuatan tersebut membuat Miracle Machine ini dianggap sebagai benda yang paling kuat di universe DC Comics. Namun, memang tidak banyak yang tahu tentang benda ini.

Sudah tidak asing jika universe DC penuh dengan berbagai benda atau alat canggih dan luar biasa, yang bahkan bisa merubah realita yang ada. Benda tersebut jelas menjadi rebutan banyak pihak karena kekuatannya. Namun, dari sekian banyak benda kuat tersebut jelas ada yang dianggap memiliki kedahsyatan luar biasa contohnya adalah Miracle Machine. Lalu, seperti apa sebenarnya benda ini?

Benda Pemberian The Controller

Miracle Machine merupakan sebuah benda kosmik dahsyat yang merupakan hadiah. Miracle Machine memiliki nama lain Geh-Jedollah-the Absolute, dan muncul di tahun 2960 dalam cerita komik Adventure Comics #367. Mesin ini diciptakan oleh sebuah bangsa alien bernama the Controllers. Sistem kerjanya mengikuti apa yang terjadi kepada cincin dari Green Lantern, yaitu memproyeksikan keinginan atau apa yang ada dalam pikiran.

Namun, yang membedakan dengan cincin Green Lantern dan bahkan menjadikan benda ini menjadi yang terkuat adalah semua keinginan atau impian tersebut bisa menjadi kenyataan. Bukan hanya sekedar proyeksi atau gambar semu belaka. Selain itu, Miracle Machine sendiri juga bisa mengkalkulasikan sebuah konsep kehidupan yang ada di universe DC Comics yaitu Life Equation.

Bahkan, mereka memutuskan untuk mematikan benda tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena kedahsyatan inilah salah satu dari bangsa The Controllers berusaha untuk menguasainya. Controller jahat tersebut berusaha untuk menggunakan Miracle Machine demi mewujudkan mimpinya. Namun, beruntung kelompok pahlawan Legion of Superheroes akhirnya berhasil untuk menghentikan sang villain.

Setelah kemudian villain tersebut berhasil untuk dikalahkan, bangsa The Controllers memutuskan untuk memberikan Miracle Machine tersebut kepada Legion of Superheroes. Menyadari dengan potensi bahaya yang besar, para pahlawan tersebut kemudian menyimpannya di sebuah ruangan penyimpanan khusus dan pernah juga digunakan beberapa kali demi menyelesaikan misi yang mereka lakukan.

Untuk menyalakan atau menggunakan Miracle Machine, penggunanya perlu untuk memberikan energi yang sangat luar biasa. Dan energi dengan jumlah yang masif tersebut tidak bisa ditemukan atau dipenuhi oleh benda-benda ciptaan bumi. Energi yang bisa menjadi sumber untuk menghidupkan Miracle Machine hanya bisa didapatkan dari berbagai artefak atau benda kosmik lainnya.

Siapa Saja Penggunanya

Sebelum peristiwa epik Crisis on Infinite Earths, Miracle Machine sangat jarang sekali muncul. Bahkan, kemunculannya semakin jarang pasca peristiwa tersebut. Namun, Miracle Machine sempat muncul dua kali dalam cerita ciptaan Grant Morisson, di mana salah satu karakter pahalwan terkuat DC, Superman, pernah menggunakan benda ini. Ketika ruang dan waktu nampak hancur dan tidak terkendali akibat ulah Darkseid dalam peristiwa Final Crisis, hal itu ternyata berdampak kepada Superman.

Superman diperlihatkan harus terjebak di abad ke 31. Beruntung, di sana dia bertemu dengan keturunan dari Brainiac yang baik yaitu Brainiac-5. Dia kemudian mengantarkan Superman ke sebuah ruangan rahasia di mana di sana terdapat Miracle Machine. Setelah bendanya dihidupkan, Superman mengingat dengan baik dan seksama dalam pikirannya bagaimana sebuah dunia yang indah dan damai pada masanya.

Akhirnya, dia pun berhasil kembali ke zamannya. Setelah kembali ke timelinenya dan juga seluruh realita yang ada hancur, Superman berusaha untuk kembali membuat benda Miracle Machine yang baru. Dia bekerja sama dengan berbagai karakter cerdas di universe tersebut. Miracle Machine yang baru ini tidak lagi memerlukan energi besar yang berasal dari benda kosmik. Namun, bisa juga memanfaatkan sinar matahari.

Setelah berhasil membangun Miracle Machine versinya, Superman kemudian mulai menghadirkan ingatan dalam kepalanya di mana universe tersebut sangat indah dan tidak ada Darkseid. Akhirnya, Superman pun berhasil mewujudkan semua hal tersebut. Selain Superman, karakter yang juga menggunakan benda ini adalah Hal Jordan alias Green Lantern.

Dalam cerita Green Lanterns: Blackstars, diperlihatkan jika Hal Jordan berada di bawah pengaruh salah satu bangsa Controllers jahat lainnya bernama Mu. Mu menciptakan realitanya sendiri di mana Hal Jordan dimanipulasi dan berpikir jika dia adalah kekasihnya. Yang menarik adalah di akhir ceritanya Hal Jordan sadar jika semua adalah berkat Miracle Machine.

Namun, dia tidak marah dan berusaha untuk menghancurkan Mu. Justru, dia ingin mencari sebuah planet dan universe di mana Mu bisa membangun dunia sesuai dengan keinginannya sendiri. Dan universe tersebut ternyata adalah Earth-15, sebuah universe terlupakan yang sudah hancur sebelum peristiwa Flashpoint. Mu mendapatkan dunia yang dia inginkan dan Hal kembali dengan selamat.

Saingan Infinity Gauntlet

Dengan kekuatan yang hampir tidak terbatas, Miracle Machine dianggap menjadi saingan dari Infinity Gauntlet milik Marvel Comics. Keduanya sama-sama menjadi benda kosmik yang bisa mewujudkan berbagai hal yang diinginkan oleh seseorang dan membawa kebaikan jika digunakan secara baik. Kedua benda ini pun harus disembunyikan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berusaha memanfaatkan kekuatannya.

Namun, yang membedakan adalah Infinity Gauntlet membutuhkan Infinity Stones/Gems untuk mewujudkan semuanya yang mana benda tersebut sangat penting bagi universe Marvel. Sedangkan, Miracle Machine dibentuk oleh makhluk hidup dan yang menarik Miracle Machine bisa juga dibangun ulang. Yang juga membedakan adalah untuk menggunakan Infinity Gauntlet perlu usaha yang ekstra.

Karena, mereka harus menemukan di mana lokasi Infinity Gauntlet dan juga Infinity Gems. Sedangkan, untuk menggunakan Miracle Machine yang perlu dilakukan para penjahat adalah pergi ke ruangan khusus rahasia yang menyimpan benda tersebut. Sehingga, ketika situasi genting muncul mereka bisa mulai memanfaatkan benda luar biasa ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.