Dalam cerita di Marvel Comics sosok Kang The Conqueror sering ikut atau bergabung dengan berbagai tim yang terdiri dari para karakter epik. Bahkan, dalam beberapa kesempatan pun Kang pernah membentuk tim atau kelompoknya sendiri. Hal ini wajar mengingat Kang adalah seorang penjelajah waktu, dan dia juga karakter yang banyak terlibat di cerita.

Kang The Conqueror merupakan karakter yang sangat populer di kalangan fans. Dia adalah karakter yang berasal dari masa depan dan sering melakukan perjalanan waktu ke berbagai masa. Dalam sejarah kemunculannya, Kang pernah ikut atau bergabung dengan beberapa kelompok atau tim. Dia juga pernah membuat tim miliknya sendiri. Berikut adalah deretan tim yang pernah Kang ikuti di sepanjang Marvel Comics.

Savage Avengers

Berbeda dengan tim pahlawan lainnya di universe Marvel yang berisi para pahlawan populer dengan kekuatan super serta moral yang terjaga, para Savage Avengers merupakan tim yang berisi para pahlawan yang lebih “barbar” alias brutal. Beberapa karakter yang jadi bagian dari tim ini adalah Conan the Barbarian, Venom, Punisher, Daredevil, Elektra, Doctor Voodoo, bahkan Wolverine.

Advertisements

Dalam komik Savage Avengers karya Garry Duggan, Kang setuju untuk bergabung dengan tim ini demi mengalahkan sosok villain bernama Kulan Gath. Kulan sendiri merupakan seorang penyihir jahat dari era Hyborian. Tim ini memutuskan untuk merekrut Kang, karena mereka tahu Kang memiliki kekuatan dan sanggup untuk mengalahkan Kulan setelah sebelumnya sang villain menghancurkan Avengers dan X-Men dengan sangat mudah.

Cosmic Avengers

Cosmic Avengers termasuk salah satu tim pahlawan yang cukup baru di universe Marvel. Tim ini pertama kali diperkenalkan pada 2018 dalam komik Infinity Wars #4. Tim ini terdiri dari pahlawan yang sebagian besar memang memiliki kekuatan kosmik seperti Kamala Khan alias Ms. Marvel, Adam Warlock, Hulk, Emma Frost, Loki, Ant-Man, dan juga Kang the Conqueror.

Cosmic Avengers adalah sebuah tim yang sengaja dibentuk oleh Loki demi menghentikan Gamora yang lepas kendali dan hendak menghancurkan seluruh alam raya. Dan dia pun kemudian merekrut Kang, setelah sebelumnya Emma Frost dan Ms. Marvel lebih dahulu bergabung. Yang menarik adalah alasan Loki memilih para karakter ini karena dianggap cocok atau bisa menggunakan salah satu kekuatan dari Infinity Stones/Gems. Dan yang disayangkan adalah tim ini hanya muncul kurang lebih dua kali.

Cosmic Champions

Cosmic Champions sebenarnya bukan sebuah tim seperti dua contoh di atas. Ini merupakan sebuah “tim” yang muncul dalam alur cerita pertama dari Secret Wars di tahun 1984. Dalam ceritanya, banyak karakter yang diculik dari universe mereka untuk kemudian saling bertarung satu sama lain di sebuah planet buatan bernama Battleworld. Tim ini kemudian dibagi lagi menjadi dua; mereka yang memiliki hasrat yang besar dan juga hasrat/egoisme yang kecil.

Advertisements

Kang sendiri masuk ke tim yang kedua bersama Doctor Doom, Enchantress, Galactus, dan sebagainya. Di akhir ceritanya, terungkap jika sosok yang menculik atau memindahkan mereka ke Battleworld ternyata adalah salah satu entitas kosmik terkuat yaitu The Beyonders. Cerita Secret Wars sendiri sempat kembali muncul dalam versi yang lebih modern di tahun 2015 lalu. Namun, sayangnya, tim ini tidak dimunculkan kembali dalam versi yang modern tersebut.

Legion Accursed

Legion Accursed juga termasuk salah satu tim yang unik dan berbeda yang pernah Kang ikuti di universe Marvel sejauh ini. Legion Accursed adalah sebuah tim yang luar biasa besar dan mengerikan yang dibentuk sang raja iblis Mephisto. Perbedaan yang mencolok dari tim ini adalah semuanya berisi para villain yang ada di universe Marvel. Dan jumlah anggotanya sendiri tidak tanggung-tanggung yaitu 99 orang.

Kang the Conqueror adalah salah satu anggota yang bergabung dengan tim ini. Tujuan Mephisto membentuk tim tersebut adalah untuk mengalahkan The Beyonder. Caranya adalah dengan menyentuh sebuah senjata spesial bernama Beyondersbane. Ketika ada seseorang yang berhasil menyentuh senjatanya, maka Beyonder akan tewas. Namun, tim ini berhasil dikalahkan oleh satu sosok karakter saja yaitu Man-Thing yang mendapatkan peningkatan kekuatan.

Empty Throne

Empty Throne merupakan sebuah tim seluruhnya berisi iterasi atau perwujudan dari sosok Eddie Brock alias Venom. Tim ini muncul dalam cerita di komik Venom yang ditulis oleh Al Ewing dan rilis pada 2021 kemarin. Dalam ceritanya, Eddie Brock mengalami sebuah kejadian aneh di mana dia bertemu dengan sosok Meridius. Selain itu, dia juga bertemu dengan sosok Venom yang mirip Carnage bernama Bedlamp.

Setelah semua teka-teki yang ada, terungkap jika semua versi Venom yang ada ternyata adalah perwujudan dari sosok Eddie Brock. Total ada sekitar 7 Venom yang ada dan kemudian direkrut oleh Meridius (Eddie Brock) dan juga sosok Kang. Sebenarnya, tujuan Kang direkrut oleh Meridius adalah untuk menjebak dan memanipulasi Venom yang asli di mana hal itu nyatanya tidak berhasil.

Council Of Kang

Jika berbagai tim di atas merupakan tim yang Kang ikuti, maka Council of Kang adalah tim yang memang dia bentuk sendiri. Sesuai namanya, ini merupakan sebuah tim yang semuanya berisi sosok Kang yang berasal dari berbagai realita alternatif. Ironisnya, alasan sebenarnya dibentuknya Council of Kang sebenarnya adalah untuk menghabisi semua variant dari Kang tersebut.

Setelah mengetahui bahwa di multiverse ada banyak sekali variant Kang, dia pun mulai mendirikan Council of Kang yang pertama kali muncul di komik Avengers #267. Tim ini merekrut semua variant Kang dan mulai “menghakimi” mereka dengan cara saling bertarung satu sama lain. Dan pada akhirnya, hanya tersisa satu Kang yang bertahan pada saat itu.

Chronos Corps

Chronos Corps jadi tim lainnya yang Kang memang bentuk sendiri. Namun, tim ini berbeda dari Council of Kang. Chronos Corps sengaja dibentuk dengan tujuan untuk menyelamatkan universe Marvel. Tim Chronos Corps sendiri terdiri dari para varian superhero Marvel yang berhasil Kang selamatkan ketika universenya diceritakan hampir hancur.

Dengan saling bekerja sama, Kang dan anggota Chronos Corps memulai rencana untuk memulihkan semua realitas Marvel seperti semula. Beberapa karakter pahlawan yang bergabung dengan tim ini adalah Iron Man 2020, Thor, Doctor Doom, Ahab, Venom, dan masih banyak lainnya. Setelah semua alur cerita yang ada selesai, pada akhirnya para karakter ini kembali ke universe mereka masing-masing.

Kang the Conqueror memang memiliki sejarah panjang di Marvel Comics. Tidak jarang dia menjadi villain dan tidak jarang juga dia menjadi sosok pahlawan yang membantu seluruh alam raya tersebut. Seperti halnya para karakter Marvel lainnya, Kang juga pernah ikut dalam berbagai tim yang ada dan berbagai tim di atas adalah deretan tim yang pernah dia ikuti.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/