Siapa yang tak mengenal James Cameron? Dia adalah sutradara besar Hollywood yang sudah menyutradarai banyak film besar. Yang terbaru, James Cameron baru saja menggarap film Avatar: The Way of Water, sebuah film dengan anggaran pembuatan yang masif. Selain itu, James Cameron juga sukses menggarap film Avatar, yang menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa. Sejarah panjangnya di industri film memang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi dibalik itu, sebenarnya ada beberapa film yang batal Cameron buat. Apa saja?

X-Men

Pada tahun 1980-an, James Cameron hampir saja membuat film X-Men. Ketika itu, Stan Lee dan Chris Claremont sedang melakukan tahap pembicaraan dengan Carolco Pictures dan Lightstorm Entertainment untuk membawa kisah X-Men ke layar lebar. Mereka pun menunjuk James Cameron untuk memproduserinya. Namun pada akhirnya proyek tersebut dibatalkan karena Cameron lebih tertarik dengan film Spider-Man yang dia anggap lebih potensial. Tadinya film X-Men ini bakal menampilkan beberapa nama beken, yaitu Bob Hoskins sebagai Wolverine dan Angela Bassett sebagai Storm. Kathryn Bigelow pun sudah ditunjuk menyutradarai filmnya dengan naskah yang dibuat Gary Goldman. Beruntung karena akhirnya di tahun 2000, kita bisa melihat film X-Men versi Bryan Singer.

Spider-Man

Setelah gagal menggarap film X-Men, James Cameron pun berencana membuat film Spider-Man, bersama dengan Carolco Pictures. Selain menyutradarai, James Cameron juga  menulis naskahnya. Cameron rencananya bakal menghadirkan Electro sebagai villain utama, dan pertarungan finalnya dengan Spider-Man terjadi di atas gedung WTC. Nama Leonardo DiCaprio pun sudah dipertimbangkan untuk memerankan Peter Parker alias Spider-Man, dengan Robyn Lively yang memerankan Mary Jane Watson. Namun karena masalah finansial yang dialami Carolco Pictures, film yang sangat ambisius ini dibatalkan. Filmnya sendiri tadinya bakal memiliki rating R-Rated, dan menghadirkan Peter yang lebih egois daripada versi yang kita lihat sekarang.

Terminator 3

Selama ini, kita mengetahui bahwa ada film ketiga Terminator berjudul Terminator 3: Rise of the Machines. Film tersebut memang sangat sukses di box office, meski mendapat ulasan yang beragam. Tetapi yang harus di catat, Terminator 3: Rise of the Machines bukan dibuat oleh James Cameron. Bertahun-tahun lalu, James Cameron sebenarnya tertarik membuat Terminator 3 versinya sendiri, dan kala itu dia sudah mengajukan idenya kepada 20th Century Fox, setelah Carolco Pictures (studio dibalik Terminator 2: Judgement Day) bangkrut. Tetapi rencana tersebut batal, setelah adanya masalah pada hak cipta Terminator yang tengah diperjual belikan. Dan pada akhirnya, film Terminator 3 versinya tidak pernah terwujud.

Planet of the Apes

Pada tahun 1996, James Cameron tertarik menyutradara reboot Planet of the Apes. Film tersebut sangat ingin dia buat setelah review buruk yang didapatkan untuk Battle for the Planet of the Apes di tahun 1973. Tetapi mimpinya baru terwujud di tahun 1998, di mana dia resmi ditetapkan sebagai penulis dan produsernya. Peter Hyams juga kemudian ditunjuk sebagai sutradaranya, dan Arnold Schwarzenegger ditunjuk memerankan karakter George Taylor. Dalam film Planet of the Apes ini, Caesar melakukan perjalanan waktu dan akhirnya menemukan peradaban kera yang lebih maju secara teknologi. Namun pada akhirnya James Cameron meninggalkan proyek ini setelah kesuksesan besar yang diraih Titanic. Dan akhirnya film ini diambil alih Tim Burton dan rilis tahun 2001.

Fantastic Voyage

James Cameron juga tertarik mengarahkan film remake Fantastic Voyage di tahun 1997. Tetapi dia terlalu sibuk mengerjakan proyek 880. Dan di tahun 2007, James Cameron mendapat kesempatan kembali membuat remake Fantastic Voyage, bersama dengan 20th Century Fox. Rolan Emmerich ditunjuk sebagai sutradaranya dan Cameron menjadi penulis naskahnya. Tetapi kala itu, Emmerich menolak naskah yang dibuat Cameron dan memilih hengkang. Setelah Emmerich, Paul Greengrass kemudian bergabung sebagai sutradara, dan Cameron berpindah sebagai produser. Proyek ini sudah beberapa kali mengalami pergantian sutradara. Puncaknya, di tahun 2016, Guillermo del Toro ditunjuk sebagai sutradara. Tetapi film tersebut terjebak dengan berbagai masalah karena Del Toro dan Cameron juga tengah sibuk proyek lain.

Jurrasic Park

Pada tahun 1990, James Cameron hampir saja menyutradarai film Jurassic Park. Cameron batal menggarap film tersebut karena dia kalah cepat dengan Steven Spielberg untuk mendapatkan hak atas novel Jurassic Park karangan Michael Crichton. Menariknya, Cameron kalah cepat selama beberapa jam saja dari Spielberg. Jika saja Cameron mendapat hak atas buku itu, mungkin dia dapat membuat filmnya. Tadinya, Cameron berencana membuat film Jurassic Park yang lebih brutal, sadis, dan keras, dibandingkan versi yang kita lihat sekarang. Dan setelah James Cameron menyaksikan film Jurassic Park yang dibuat oleh Spielberg, Cameron lantas menyadari bahwa dirinya bukan orang yang tepat menggarap film tersebut.

Itulah dia Geeks beberapa film yang batal dibuat oleh James Cameron. Beberapa film tersebut tadinya akan menghadirkan James Cameron sebagai produser, sementara beberapa film lainnya menampilkan Cameron sebagai sutradara dan penulis. Di antara film tersebut? Mana yang paling kalian nantikan Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/