Dalam sejarahnya, Godzilla adalah salah satu waralaba film yang tidak mudah untuk diwujudkan. Pertama kali tayang pada tahun 50-an, sebuah film Godzilla klasik dari studio Toho biasanya membutuhkan persiapan yang sangat matang, mulai dari konsep cerita sampai perangkat miniatur dan kostum monster yang akan digunakan. Hal seperti ini sering kali membuat sebuah film Godzilla pada akhirnya batal diproduksi, walaupun naskahnya telah rampung. Seperti 5 film yang akan kita bahas kali ini, di mana selain gagal tayang semuanya terbilang mempunyai cerita yang aneh sekaligus mencengangkan!

Bride of Godzilla

Sukses dengan dua film perdananya yang rilis secara berurutan pada tahun 1954 dan 1955, Toho yang saat itu masih sebuah studio rumahan pernah berniat menghadirkan pasangan bagi Godzilla di film selanjutnya. Ide ini pertama kali muncul pada tahun 1956 melalui naskah Bride of Godzilla yang ditulis oleh Hideo Ungami. Anehnya pasangan yang dipersiapkan oleh studio ternyata merupakan robot wanita raksasa ciptaan seorang ilmuwan yang merindukan mendiang putrinya. Untungnya pada saat itu Toho lebih dahulu sadar dan batal mewujudkan naskah film Bride of Godzilla yang cukup vulgar ini. Walaupun begitu setidaknya dengan ini kita tahu bahwa sejak awal ternyata Godzilla seekor jantan.

Godzilla vs Ghost Godzilla

Sudah menjadi kebiasaan bahwa sebagian besar film Godzilla selalu menghadirkan kaiju lain sebagai lawan atau kawan bagi sang King of Monsters. Konsep yang masih dipakai sampai sekarang ini ternyata pernah sedikit ‘dibelokan’ oleh Toho pada tahun 1995. Di mana mereka hampir membuat film tentang Godzilla yang melawan arwah leluhurnya. Film berjudul Godzilla vs. Ghost Godzilla ini tadinya akan dimaksudkan sebagai film terakhir di era Heisei, sebelum akhirnya batal dan diganti dengan film Godzilla vs. Destoroyah (1995) berdasarkan keputusan sutradara Takao Okawara yang merasa sudah terlalu banyak film tentang Godzilla melawan jenisnya sendiri.

Godzilla vs Batman

Di atas kertas sebenarnya konsep aneh Godzilla vs Batman mungkin akan sangat keren jika benar-benar terwujud. Ide filmnya sendiri bermula ketika Toho dan Greenway Productions berkolaborasi pada tahun 1966 silam. Meskipun pada akhirnya batal, tetapi naskah untuk film Godzilla vs Batman ini sempat terungkap kepada publik. Di mana plotnya dimulai dengan Batman yang melihat tayangan pertarungan antara Godzilla dan King Kong. Saat keduanya benar-benar bertemu, Batman bersama Robin dan Batgirl langsung menggunakan kendaraan mereka untuk menghadapi sang King of Monsters. Sayang sekali kisah yang terdengar cukup epik ini tidak jadi diproduksi.

Godzilla vs Franskenstein

Pada awal tahun 60-an, Toho pernah berencana untuk membuat film crossover nyeleneh antara Godzilla vs Frankenstein yang dimaksudkan untuk tayang pada tahun 1964 silam. Cerita filmnya sendiri dimulai dengan seorang anak mirip Frankenstein yang bermutasi dan kemudian membesar. Mengetahui bahwa monster humanoid tersebut telah memakan banyak manusia, tentara Jepang lantas sengaja memancing Godzilla agar mau bertarung dengan Frankenstein. Meskipun pada akhirnya cerita film ini tidak jadi diwujudkan, tetapi Toho masih memakai naskahnya untuk film Frankenstein vs Baragon (1965).

Godzilla vs Mechani-Kong

Sama seperti film batal lainnya, sebenarnya konsep Godzilla vs Menchani-Kong bisa dibilang cukup menjanjikan. Apalagi pada tahun 1962, film King Kong vs Godzilla telah berhasil menjadi salah satu film tersukses pada saat itu. Sayangnya entah kenapa Toho akhirnya malah membatalkan pertarungan epik antara Godzilla dan Kong versi robot. Filmnya sendiri tadinya akan bercerita tentang tentara Jepang yang menciptakan robot Kong sekaligus memasukan sejumlah pasukan dan ilmuwan ke tubuh Godzilla. Dengan plot itu sebenarnya kita bisa saja melihat organ dalam Godzilla, yang pada saat bersamaan tengah diserang juga oleh Mechani-Kong. Sayang sekali ya, Geeks.

Itulah 5 film batal Godzilla yang meskipun aneh sebenarnya cukup menjanjikan untuk diwujudkan. Di sisi lain ada untungnya juga kelima film ini tidak jadi tayang, karena jika seandainya dirilis, mungkin image Godzilla tidak seperti sekarang. Di mana kita akan menganggap Godzilla sebagai kaiju mengerikan sekaligus aneh, yang senang bertarung dengan monster humanoid dan jatuh cinta pada robot wanita raksasa. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Seandainya diberikan pilihan, mana di antara film batal ini yang paling ingin kalian tonton?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.