Setelah kesuksesan masif yang diraih Avatar: The Way of Water, James Cameron sudah menyiapkan sekuelnya yaitu Avatar 3. Film tersebut kabarnya menjadi penentu apakah franchise-nya masih akan terus berlanjut atau tidak. Yap, jika film ketiga sukses besar, maka James Cameron akan melanjutkannya dengan film keempat dan kelima yang sudah dia rencanakan sebelumya. Tetapi jika Avatar 3 gagal di Box Office, maka kemungkinan film tersebut menjadi film terakhir. Nah sebelum kita menyaksikan film ketiga, ada baiknya kita melihat berbagai detail penting tentang Avatar 3. Apa saja?

Jadwal Rilis

Jadwal rilis Avatar 2 dan 3 tak berjarak terlalu jauh. Dibandingkan sebelumnya, film Avatar dan Avatar 2 memiliki jarak rilis yang sangat jauh. Avatar rilis di tahun 2009, sementara Avatar 2 rilis di tahun 2022. Itu berarti, ada jeda hampir 13 tahun di antara kedua film tersebut. Nah menariknya, James Cameron tidak akan menerapkan pola serupa antara Avatar 2 dan 3. James Cameron sudah memastikan bahwa Avatar 3 bakal rilis 2 tahun setelah film kedua. Itu berarti, Avatar 3 dirilis pada 20 Desember 2024 di bioskop. Namun yang harus dicatat, jadwal rilis tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan jika tidak ada penundaan dalam pasca produksinya.

Jadwal Syuting

Proses syuting film Avatar 3 sebenarnya sudah rampung pada Desember 2020. Yap, syuting film Avatar 3 dilakukan bersamaan dengan Avatar 2. Hal tersebut dilakukan untuk memangkas biaya produksinya, mirip seperti yang dilakukan Marvel Studios terhadap Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame. Menurut produser Jon Landau, proses pasca produksi (editing) filmnya sudah hampir rampung pada Desember 2022 lalu, yang berarti tak lama lagi filmnya akan selesai digarap. Nah menariknya, film Avatar 3 dikabarkan memiliki durasi hingga 9 jam sebelum diedit. Tetapi sepertinya hasil akhir yang bakal ditayangkan tak akan selama itu.

Para Pemeran

Detail penting Avatar 3 yang terungkap adalah para pemerannya. Mengingat Avatar 3 melakukan syuting bersamaan dengan Avatar 2, kita pun sudah bisa mengetahui siapa-siapa saja yang kembali dalam film tersebut. Kedua pemeran utama, Sam Worthington dan Zoe Saldana dipastikan kembali memerankan Jake Sully dan Neytiri. Film ketiganya juga masih menampilkan keluarga Sully. Britain Dalton akan kembali memerankan putra kedua Jake dan Neytiri yaitu Lo’ak, sementara Trinity Jo-Li Bliss kembali memerankan anak bungsu mereka yaitu Tuktirey.

Selain itu, Sigourney Weaver juga dipastikan kembali memerankan Kiri, putri Dr Grace Augustine, yang kemudian diangkat sebagai anak oleh Jake dan Neytiri. Menariknya, nama Jamie Flatters juga kembali dilibatkan sebagai pemeran Neteyam. Padahal karakter Neteyam diceritakan mati di ending Avatar 2. Kemungkinan besar karakter tersebut akan muncul dalam kilas balik, atau dalam mimpi seseorang. Dua pemeran penting yaitu Stephen Lang dan Jack Champion juga sudah mengkonfirmasi bahwa mereka akan kembali sebagai Quaritch dan Spider. Untuk Quaritch, dia sepertinya masih menyimpan dendam setelah kekalahannya melawan Jake.

Selain nama-nama di atas, adalagi beberapa nama lama seperti Jemaine Clement, Edie Falco, Norm Spellman, dan Cliff Curtis yang bakal kembali. Dan selain menghadirkan nama lama, filmnya juga menampilkan nama baru seperti David Thewlis dan Michelle Yeoh. Michelle Yeoh sendiri akan memerankan seorang karakter bernama Karina Mogue, sementara peran David Thewlis masih belum diketahui.

Judul

Apakah Avatar 3 akan menjadi judul resmi film ketiga? Well, tentunya itu bukanlah judul resminya. Beberapa waktu lalu, kita sudah mengetahui judul film Avatar 3. Film tersebut memiliki judul Avatar: The Seed Bearer. Tetapi yang harus dicatat, bahwa judul tersebut dapat berubah sewaktu-waktu mengingat jadwal rilis filmnya yang masih sangat lama. James Cameron pun mengkonfirmasi pada Februari 2019 bahwa judul yang digunakan itu masih dalam pertimbangan. Kemungkinan besar, James Cameron akan mengumumkan judul pastinya 1 tahun sebelum rilis. Atau bisa jadi judulnya baru terungkap saat trailer perdananya ditayangkan.

Plot

Di Akhir film kedua, keluarga Sully telah kehilangan salah satu anggota keluarganya. Namun kini mereka menjadi bagian dari suku Metkayina. Dari apa yang diungkap Jake Sully di akhir filmnya, jelas bahwa dia mempersiapkan diri untuk menghadapi RDA, demi melindungi keluarganya. “Ini adalah benteng kami, ini tempat kami berdiri.” Ungkap Jake. Di film ketiga, kita sepertinya masih disuguhkan dengan peperangan yang lebih besar lagi antara Na’vi dan RDA. Dan sekali lagi, manusia akan berusaha mengambil sumber daya alam dari planet Pandora.

Tetapi manusia dan RDA sepertinya bukan satu-satunya ancaman yang bakal dihadapi Na’vi. Baru-baru ini, James Cameron sudah mengkonfirmasi bahwa film ketiga menampilkan suku Na’vi lainnya yang disebut Ash People. Nah mereka memiliki ikatan dengan api. Menariknya, disebutkan bahwa Ash People berbeda dari suku lainnya. Mereka tidak ramah, dan bakal menjadi ancaman di Avatar 3. “Saya ingin mengungkap Na’vi dari sudut lain karena (sejauh ini) saya hanya menunjukkan sisi baik mereka. Di film-film awal, ada contoh manusia yang sangat negatif dan contoh Na’vi yang sangat positif. Di film Avatar 3, kita akan melakukan sebaliknya.” Ungkap James Cameron.

Lewat apa yang diungkap oleh Cameron, maka dipastikan bahwa Ash People menjadi ancaman manusia maupun suku Na’vi lainnya. Dan bisa jadi di film ketiga nanti, kita diperlihatkan peperangan antar suku Na’vi.

Itulah dia Geeks beberapa detail penting tentang film Avatar 3 yang sudah terungkap ke publik. Kemungkinan menjelang perilisan filmnya nanti, kita akan lebih banyak mengetahui informasi tentang filmnya. Kita tunggu aja ya Geeks informasi selanjutnya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/