Sebagai penggemar film Hollywood, mungkin banyak di antara kita yang sering terpesona dengan apa yang disajikan di dalamnya. Baik itu sinematografinya, maupun latar pemandangan atau budaya di sekitar para karakternya. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu tujuan utama dari sejumlah sineas Hollywood yang memilih negara Indonesia sebagai lokasi istimewa untuk melangsungkan syuting film mereka. Seperti 10 film menarik yang akan kita bahas kali ini, di mana genrenya terbilang cukup beragam serta telah melibatkan para aktor ternama. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak daftar di bawah ini, Geeks!

King Kong (2005)

Masih ingat dengan film King Kong yang satu ini? Film yang disutradarai oleh Peter Jackson (The Lord of the Rings, The Hobbit) ini bercerita tentang sekelompok orang yang terdampar di sebuah pulau misterius yang dikuasai oleh King Kong, yaitu Skull Island. Banyak sekali aktor papan atas yang terlibat dengan film box office ini, termasuk Andy Serkis, Naomi Watts, Jack Black, dan Adrien Brody. Menariknya, teryata film yang melibatkan banyak bintang Hollywood ini telah melakukan syutingnya di berbagai lokasi ikonis Indonesia, seperti Pulau Musala, Tapanuli Selatan, dan Sumatra Utara.

The Fall (2006)

The Fall adalah sebuah film sukses Hollywood yang disutradarai oleh sutradara keturunan India, Tarsem Singh. Plot filmnya sendiri terbilang cukup unik, di mana seorang stuntman yang terluka (Lee Pace) membagikan sebuah cerita imajinatif tentang lima pahlawan super kepada sesama pasien di rumah sakit, yaitu seorang anak gadis yang tangannya patah. Untuk menghidupkan cerita dari sang stuntman, ternyata film ini sampai harus melakukan syutingnya di Ubud, Bali dan Gunung Kawi, Jawa Timur, khususnya ketika filmnya menampilkan Tari Kecak. Karena cerita dan unsur budaya yang diangkat di dalamnya, pada akhirnya film The Fall berhasil meraih banyak penghargaan internasional.

Eat Pray Love (2010)

Pecinta film Hollywood pasti mengetahui film Eat, Pray, Love yang melangsungkan sebagian besar syutingnya di Bali, Indonesia. Film bergenre drama percintaan ini bercerita tentang seorang wanita (Julia Robert) yang memutuskan untuk menenangkan diri di Bali setelah bercerai dari suaminya. Di mana dia akhirnya mulai memahami budaya lokal bahkan bersahabat dengan orang Indonesia yang diperankan oleh aktris tanah air Christine Hakim. Keindahan pantai dan sawah terasering Ubud secara tidak langsung berhasil menghipnotis para penontonnya untuk menjadikan Bali sebagai destinasi impian.

Alex Cross (2012)

Film Hollywood selanjutnya yang melangsungkan syuting di Indonesia adalah film Alex Cross, yang disutradarai Rob Cohen (The Fast and the Furious, XXX, The Mummy). Sesuai dengan judulnya, film ini berfokus pada karakter bernama Dr. Alex Cross (Tyler Perry), seorang petugas lapangan dari kepolisoan Detroit, Amerika. Di mana dia mendapatkan tugas untuk menginvestigasi seorang pembunuh berantai yang mengincar pengusaha multinasional Giles Mercier (Jean Reno). Dalam prosesnya, Alex harus mengejar pembunuh tersebut sampai ke Bali, khususnya Karangasem dan Nusa Lembongan.

Savages (2012)

Savages adalah film thriller dari sutradara pemenang Oscar, Oliver Stone, serta dimeriahkan oleh bintang Hollywood sekelas Salma Hayek dan John Travolta. Di mana cerita filmnya sendiri berfokus pada konflik antara penjual obat-obatan terlarang dengan mafia Meksiko. Untuk menggambarkan kemewahan penjual narkoba di film Hollywood ini, para jajaran pemeran dan kru Savages sampai melangsungkan syutingnya di Indonesia. Tepatnya di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat, yang terkenal sebagai destinasi wisata mewah sekaligus mahal. Mirisnya, mungkin orang Indonesia sendiri jarang mendengar lokasi wisata yang sebenarnya sangat indah ini.

Dead Mine (2012)

Becerita tentang kengerian yang menanti para pemburu (Miki Mizuno, Sam Hazeldine, Ario Bayu) di sebuah bunker bawah tanah, film Hollywood yang satu ini melangsungkan sebagian besar syutingnya di Indonesia. Pada dasarnya film yang berjudul Dead Mine ini memang bercerita tentang bunker misterius yang berada di kepulauan Batam. Alih-alih menggambarkan Batam sebagai kota modern seperti di dunia nyata, sutradara Stephen Sheil sengaja memperlihatkan sisi alam dari lokasinya, agar film bergenre horor aksi ini terasa lebih mencekam.

Java Heat (2013)

Digarap oleh sutradara Conor Allyn, Java Heat merupakan film Hollywood yang memilih Indonesia sebagai salah satu lokasi syutingya. Di film ini kita bisa melihat berbagai lokasi ikonis di daerah Yogyakarta dan Magelang, seperti Candi Borobudur, Taman Sari, Stasiun Lempuyangan, serta sejumlah jalan dan restoran di sekitarnya. Film bertema teroris yang dibintangi oleh Kellan Lutz dan Mickey Rourke ini juga memperlihatkan sejumlah komedi satir yang cukup relate dengan kehidupan nyata. Misalnya ketika karakter Kellan Lutz bertanya kepada polisi mengapa semua orang menyukai nasi goreng.

After the Dark (2013)

Film After the Dark atau yang sebelumnya disebut The Philosopher ini merupakan tayangan ambisius yang diproduksi oleh SCTV dengan standar Hollywood dan juga dipasarkan di sana. Hal tersebut terbukti dari keterlibatan sutradara Hollywood John Huddles serta sejumlah bintang berbakat, seperti Sophie Lowe, Freddie Stroma, Rhys Wakefield, Katie Findlay, Bonnie Wright, James D’Arcy, dan tidak ketinggalan juga aktris Indonesia Cinta Laura. Film thriller sci-fi yang banyak menyajikan unsur dewasa ini melangsungkan sebagian besar syutingnya di berbagai lokasi ikonis Indonesia, seperti Candi Prambanan, Monas, Lawan Sewu, dan juga Bromo.

Blackhat (2015)

Bagi penggemar setia Marvel Cinenatic Universe pasti sudah tidak asing lagi dengan pemeran Thor, Chris Hemsworth. Selain sering berlibur ke Indonesia untuk berselancar, ternyata Chris juga pernah terlibat dalam film Hollywood Blackhat yang melangsungkan sebagian syutingnya di Jakarta. Film dari sutradara Michael Mann ini bercerita tentang perburuan penjahat dunia maya yang markasnya berpindah-pindah. Di mana hal tersebut pada akhirnya membuat 20 menit terakhir filmnya berlangsung di bandara Soekarno Hatta, pelabuhan Sunda Kelapa, Tanah Abang, dan lokasi lainnya.

Beyond Skyline (2017)

Film Hollywood terakhir yang melakukan syutingnya di Indonesia adalah film dari sutradara Liam O’Donnell yang berjudul Beyond Skyline. Premis utama dari sekuel Skyline (2010) ini bercerita tentang invasi alien jahat yang ingin menguasai Bumi dan semua isinya. Untuk menghadapi para alien berteknologi canggih ini, sekelompok orang diceritakan saling bekerja sama untuk memberikan perlawanan, sampai akhirnya mereka semua melakukan pertempuran final di Candi Prambanan. Ada pun para aktor Hollywood yang turut memeriahkan filmnya adalah Frank Grillo, Bojana Novakovic, Callan Mulvey, Yayan Ruhian, Iko Uwais, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 film Hollywood yang telah melangsungkan syutingnya di Indonesia. Semua film ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa sejumlah lokasi di Indonesia memang layak untuk dijadikan tempat syuting. Apalagi untuk film yang menggambarkan sebuah negara berkembang dengan budaya lokal yang kental dan masyarakat yang ramah. Dari semua film menarik ini mana favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.