Pertama kali diperkenalkan pada tahun 90-an, Power Rangers adalah waralaba superhero Amerika yang mengadaptasi Super Sentai dari Jepang dan kini telah menjadi ikon pop culture di seluruh dunia. Selama hampir tiga puluh tahun, waralaba ikonis ini telah memperkenalkan banyak sekali tim Power Rangers beserta sejumlah robot andalannya yang disebut Megazord. Menariknya, meskipun sebenarnya Megazord dimaksudkan untuk mengalahkan para monster raksasa, faktanya ada juga robot jahat yang malah menjadi ancaman. Seperti 5 Megazord terjahat berikut ini!

Serpentera

Megazord jahat pertama yang sudah tidak perlu diragukan lagi kekuatannya di semesta Power Rangers adalah Serpentera. Robot berbentuk naga hijau ini terkenal mempunyai ukuran yang sangat besar sekaligus paling panjang di antara Megazord lain. Dengan tembakan nuklir yang keluar dari mulutnya, Serpentera terbilang cukup sering mengalahkan Thunder Megazord milik para Ranger. Untungnya di balik semua kekuatannya yang mengerikan, ternyata energi Serpentera sanga cepat habis, sehingga dia hanya bisa muncul sesekali saja. Termasuk saat digunakan oleh Goldar dan Lord Zedd di Mighty Morphin Power Rangers serta oleh General Venjix di Power Rangers Wild Force.

Dark Predazord

Di antara para Megazord yang eksis di semesta Power Rangers, mungkin Dark Predazord adalah robot jahat yang paling sering diperlihatkan mengalahkan Power Rangers. Pertama kali diperkenalkan di serial Power Rangers Wild Force, Dark Predazord merupakan Megazord milik Zen-Aku yang terbentuk dari 5 Zord liar. Ketika Zen-Aku diceritakan menjadi baik karena Wolf Mask miliknya dihancurkan, Megazord miliknya pun akhirnya berubah menjadi robot baik yang disebut Predazord. Bersamaan dengan itu, Zen-Aku juga mulai menjadi Lunar Wolf Ranger yang membantu Ranger lain.

Centaurus Wolf Megazord

Sesuai dengan namanya, Centaurus Wolf Megazord merupakan gabungan dari Koragg the Knight Wolf dengan Zord kuda bernama Catastros, yang pada akhirnya melahirkan robot raksasa berbentuk centaur. Biasanya Koragg menggunakan Megazord jahat ini ketika dia bertarung dengan para Power Rangers Mystic Force yang mengendarai Mystic Dragon dan Titan Megazord. Namun saat Koragg memutuskan untuk bertarung sendirian dalam bentuk yang lebih kecil, Catastros masih bisa membentuk Megazordnya sendiri sebagai Centaur Megazord.

Cyclopsis

Jika kalian penggemar anime Mobile Suit Gundam, mungkin sekilas Cyclopsis terlihat sangat mirip dengan Unicorn Gundam yang sangat populer. Faktanya, Megazord jahat yang satu ini justru telah melakukan debutnya tujuh belas tahun lebih awal, tepatnya di serial Power Rangers Mighty Morphin yang rilis perdana pada tahun 1993. Cyclopsis sendiri adalah zord humanoid yang dipiloti langsung oleh monster Goldar. Dengan kekuatannya, Cyclopsis terbukti mampu mengalahkan para Ranger Mighty Morphin dengan mudah. Mereka baru bisa memberikan perlawanan kepada Cyclopsis setelah berhasil membangkitkan Dino Ultrazord yang sudah pasti lebih kuat dari Megazord.

Dragonzord

Megazord terakhir yang sudah pasti masuk ke dalam daftar robot terjahat di Power Rangers adalah Dragonzord. Megazord yang satu ini muncul pertama kali di Mighty Morphin Power Rangers saat Rita Repulsa sengaja memanggilnya untuk kemudian memberikannya kepada Tommy Oliver alias Green Ranger. Sebagai Ranger jahat, Tommy biasanya memanggil Dragonzord menggunakan belatinya saat akan menghadapi Dino Megazord. Meskipun sendirian, tetapi Tommy dan Dragonzord miliknya terbukti mampu mengimbangi Dino Megazord yang terbentuk dari lima Zord dinosaurus.

Itulah 5 Megazord terjahat yang tujuan utamanya adalah mengalahkan para Power Rangers dan Megazord baiknya. Pada akhirnya beberapa di antara Megazord jahat ini memang mendapatkan penebusan dengan menjadi robot baik yang bisa bergabung dengan robot lain milik para Ranger. Walaupun begitu, sejatah mereka sebagai antagonis telah membuktikan bahwa tidak semua Zord atau Megazord memulai eksistensinya sebagai robot baik. Pada kenyataannya mereka malah pernah menjadi antek dari para penjahat besar Power Rangers, seperti Rita Repulsa, Goldar, dan juga Lord Zebb.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.