Jagat Sinematik Marvel alias MCU sudah memperkenalkan beberapa karakter dahsyat yang memiliki kekuatan dalam hal pengendali pikiran. Ini adalah salah satu kekuatan epik yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Dan di MCU sendiri pengendalian pikiran sudah jadi salah satu kekuatan yang cukup fenomenal dengan beberapa karakter sebagai penggunanya.

Mengendalikan pikiran kemungkinan masih akan menjadi salah satu kekuatan yang akan berkembang dan muncul di masa depan MCU. Apalagi, dengan rencana jangka panjang Marvel Studios di Phase selanjutnya yang akan menghadirkan berbagai karakter baru maka akan ada pengendali pikiran lainnya yang akan melakukan debut. Lalu, siapa pengendali pikiran terkuat di MCU?

Para Pengendali Pikiran di MCU

Seperti yang dijelaskan di atas, sepanjang 4 Phase yang sudah dihadirkan oleh Marvel terdapat beberapa karakter yang diketahui memiliki kemampuan pengendalian pikiran. Siapa saja mereka?

Mantis

Mantis adalah salah satu karakter yang memiliki kemampuan pengendalian pikiran yang cukup kuat. Namun, level kekuatannya sangat terbatas yaitu hanya orang ke orang (person-to-person). Pengendalian pikiran Mantis juga terbatas di mana selain tidak bisa mengendalikan pikiran secara langsung, dia juga hanya bisa mengendalikan dari level emosional saja.

Di satu sisi, hal ini memang terlihat cukup lemah dibandingkan para pengendali pikiran lain. Tetapi, di sisi lain, bagaimana Mantis bisa mengendalikan emosi seseorang artinya dia memiliki kelebihannya tersendiri. Tidak ada yang mampu untuk menahan kekuatannya, bahkan Thanos dan juga Ego sekali pun. Kemampuan epik dari Mantis tersebut bisa kita lihat di film Avengers: Endgame kemarin.

Professor Xavier

Setelah sekian lama dinantikan oleh para fans, akhirnya para mutan akan muncul di MCU. Kevin Feige sendiri perlahan mulai memperkenalkan para mutan tersebut di berbagai film-film yang ada. Mulai dari menghadirkan referensi tentang mereka, bahkan sampai menghadirkan karakternya. Dan salah satu karakter yang berkaitan dengan para mutan yang sudah hadir di MCU adalah Professor Xavier.

Xavier akhirnya debut di MCU dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Dia merupakan salah satu anggota dari Illuminati, kelompok rahasia para pahlawan yang mengatur semua hal di timeline MCU. Xavier nampak coba untuk mengendalikan pikiran dari Wanda yang berubah jadi jahat. Sayangnya, level kekuatan Professor X masih kalah dari kekuatan pengendalian pikiran Wanda. Bahkan, Wanda berhasil menghabisi sang Professor di dalam pikirannya.

Wanda Maximoff

Wanda adalah salah satu karakter yang memperlihatkan kemampuan pengendalian pikiran di MCU, seperti yang dia lakukan terhadap para Avengers di film Avengers: Age of Ultron. Kemampuan sihir dan pengendalian Wanda di MCU memang sangat luar biasa, yang mana bahkan Doctor Strange dan beberapa karakter lainnya pun mengakui kehebatan Wanda. Namun, seri WandaVision jadi bukti nyata dari hal tersebut.

WandaVision memperlihatkan bagaimana Wanda Maximoff mengendalikan seluruh populasi dari penduduk Westview, New Jersey. Mereka semua benar-benar menjadi “boneka hidup” milik Wanda. Selain menjadikan mereka “boneka hidup”, Wanda juga menghapus orang-orang tersebut dari ingatan orang yang mereka sayangi. Memanipulasi realita sekaligus mengendalikan pikiran jadi kedahsyatan dari sosok Scarlet Witch.

Druig

Druig merupakan salah satu karakter baru yang diperkenalkan di MCU, seperti halnya para Eternals lain. Sosoknya memang berbeda dari para karakter di atas. Sebagai bagian dari ciptaan Celestial, Eternal, usianya sudah mencapai ribuan tahun. Druig juga memiliki kemampuan pengendalian pikira. Namun, sebagai ciptaan dari entitas kosmik, level kekuatan pengendalian pikiran ini jauh di atas para karakter di atas.

Dalam film Eternals, Druig diperlihatkan bisa mengendalikan pikiran banyak orang seperti halnya Wanda. Namun, yang membedakan adalah Druig tidak perlu merubah realita atau apa pun. Semuanya nampak seolah natural. Bahkan, yang paling epik adalah Druig sendiri mengakui jika dia mau dia bisa mengendalikan seluruh pikiran dari umat manusia. Tetapi, hal itu tidak dia lakukan.

Karakter Lain

Selain karakter di atas, MCU juga sempat memperkenalkan karakter yang bisa mengendalikan pikiran orang lain meskipun perlu alat atau benda. Misalnya, sosok Loki yang bisa mengendalikan pikiran atau menghipnotis seseorang dengan menggunakan Scepter miliknya. Dia pernah menggunakannya untuk mengendalikan Hawkeye di film Avengers pertama.

Kita juga melihat bagaimana Skrull, dengan teknologinya, berhasil mencuci otak dan mengendalikan pikiran Carol Danvers yang berpikir jika dia adalah bagian dari bangsa alien tersebut. Skrull menggunakan teknologi canggih untuk mencuci otak Carol, meskipun kemudian dia berhasil sadar jika semuanya hanyalah manipulasi sebuah superkomputer.

Siapa Pengendali Pikiran Terkuat di MCU?

Lalu, siapa yang jadi jawaranya? Berdasarkan penjelasan para karakter di atas, bisa kita tarik kesimpulan jika Druig adalah pemenangnya. Dialah pengendali pikiran terkuat di MCU. Wanda mungkin memiliki keunggulan dalam hal memanipulasi realita. Tetapi, pengendalian pikirannya memiliki batasan. Misalnya, Wanda perlu berkonsentrasi atau semua kekuatannya bisa saja hilang jika seseorang membuatnya tidak sadarkan diri.

Kekuatan Mantis juga bisa saja digagalkan dengan cara yangsama, dan kekuatannya juga terbatas hanya perorangan. Druig, di sisi lain, tidak memiliki masalah untuk menggunakan kekuatannya yang mana bahkan bisa mengaruhi seluruh umat manusia dalam waktu singkat jika dia mau. Namun, Druig menyadari jika manusia memiliki keunikan sendiri yang mana membuatnya tidak mau mengendalikan sesuai keinginannya.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.