Di universe Naruto klan Uchiha dikenal sebagai pengguna Genjutsu paling kuat dan paling mahir. Hal ini dikarenakan asal-usul mereka yang luar biasa. Seperti yang Geeks ketahui, terdapat berbagai teknik ninja atau Jutsu yang diperkenalkan oleh Masashi Kishimoto dalam cerita di franchise Naruto. Mulai dari Ninjutsu, Taijutsu, dan juga tentunya adalah Genjutsu.

Genjutsu sendiri merupakan sebuah teknik dahsyat di mana korbannya akan terkena serangan ilusi. Serangan ilusi tersebut bisa sangat mematikan atau sekedar melumpuhkan. Sejauh ini, klan Uchiha dikenal sebagai shinobi yang sangat kuat dalam penggunaan Genjutsu. Namun, faktanya, terdapat juga berbagai shinobi lain yang ternyata mampu menggunakan Genjutsu dan tidak kalah dahsyat.

Uchiha, Klan Penguasa Genjutsu

Seperti yang disebutkan di atas, klan Uchiha dikenal sebagai “penguasa” dari teknik Genjutsu. Bukan tanpa alasan memang, hal ini karena klan Uchiha diketahui memiliki salah satu Doujutsu terkuat yaitu Sharingan. Doujutsu epik tersebut berkaitan dengan asal-usul dari klan Uchiha, di mana mereka merupakan keturunan dari Indra Otsutsuki. Dalam ceritanya, Indra adalah pewaris salah satu mata Hagoromo tersebut.

Sharingan sendiri diketahui akan aktif ketika seorang Uchiha merasakan kepedihan dan kehilangan yang sangat luar biasa. Dan yang mungkin tidak banyak disadari adalah Sharingan ternyata merupakan Kekkei Genkai alias kekuatan yang diwariskan secara turun-temurun. Mereka yang berada di luar klan Uchiha tidak akan bisa dan mampu memiliki mata ini, kecuali melalui proses lain seperti transplantasi.

Sharingan, Genjutsu, dan klan Uchiha saling terkoneksi satu sama lain. Hal ini karena klan Uchiha merupakan pengguna aktif dari Genjutsu. Dan Kishimoto pun sudah memperlihatkan bagaimana dahsyatnya Genjutsu dari klan Uchiha di sepanjang seri Naruto. Misalnya, kita tahu bagaimana Itachi bisa menggunakan teknik Tsukuyomi untuk menyiksa musuhnya seperti yang dia lakukan terhadap Itachi.

Madara mampu menggunakan Infinite Tsukuyomi, Genjutsu paling kuat di franchise Naruto yang mampu memengaruhi seluruh dunia. Shisui Uchiha pernah menggunakan Kotoamatsukami dan bahkan teknik Genjutsu paling mematikan yaitu Izanami dan Izanagi. Pada intinya, dengan Doujutsu Sharingan membuat klan Uchiha adalah sosok “dewa” dan penguasa teknik ilusi alias Genjutsu. Dan sejauh ini, hampir tidak ada shinobi yang mampu menandingi kekuatan Genjutsu milik klan Uchiha.

Shinobi Lain Yang Bisa Gunakan Genjutsu

Meskipun memang harus diakui jika klan Uchiha sangat menguasai Genjutsu, dan bahkan hampir tidak ada yang sanggup mengalahkan mereka, sebenarnya ada juga berbagai shinobi lainnya yang bisa menggunakan teknik ilusi ini. Contohnya adalah Orochimaru. Dalam penyerangannya ke desa Konoha saat arc Ujian Chunin, dia sempat membuat seluruh penonton dan semua orang tertidur dengan menggunakan media bulu yang jatuh dari langit.

Kemudian, Kakashi juga pernah menggunakan teknik ilusi dan membuat Sakura berpikir jika Sasuke sudah tewas demi bisa melumpuhkannya. Kakashi adalah salah satu karakter yang mampu menggunakan Sharingan dan Genjutsu terlepas dari dia bukan bagian dari klan Uchiha. Hal ini karena Kakashi memiliki sebuah mata Sharingan yang merupakan pemberian dari sahabatnya, Shisui Uchiha.

Danzo, sang pemimpin kelompok black ops, juga mampu menggunakan teknik Genjutsu berkat mata Sharingan yang dia koleksi dan curi dari para Uchiha lain. Kurenai dan anaknya, Mirai Sarutobi, juga mampu menggunakan teknik Genjutsu. Genjutsu milik Kurenai pernah dia gunakan untuk menyerang Itachi ketika dia dan Kisame menyusup ke desa Konoha.

Sayangnya, Genjutsu milik Kurenai masih kalah jauh lebih kuat dari milik Itachi yang mana justru teknik ilusi tersebut berbalik arah alias senjata makan tuan. Yang paling baru tentunya adalah Mirai dan juga Eida. Kemampuan Genjutsu dari Mirai Sarutobi diperlihatkan dalam novel Naruto: Konoha’s Story — The Steam Ninja Scrolls: The Manga. Saat itu, Mirai menggunakan Genjutsu terhadap seorang pencopet yang mencuri dompet milik Kakashi.

Tetapi, Genjutsu milik Mirai ini tidak mematikan dan lebih kepada melumpuhkan lawannya. Eida memiliki jenis Genjutsu baru seperti yang muncul dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Berbeda dengan Genjutsu di seri Naruto, kemampuan Genjutsu yang dimiliki Eida adalah dia mampu membuat semua orang jatuh cinta dan menuruti semua keinginannya. Semakin korbannya mencoba melawan, maka mereka akan semakin menderita.

Hilang Karena Otsutsuki

Sayangnya, Genjutsu sudah mulai hilang atau jarang muncul di seri Boruto. Salah satu kemungkinan alasan terbesar hilangnya Genjutsu di seri Boruto adalah karena ini bukan jadi salah satu teknik utama untuk menghadapi musuh. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan alur cerita di seri Naruto, di mana justru Genjutsu jadi salah satu teknik ninja yang cukup penting dan banyak muncul dalam ceritanya.

Sementara itu, di seri Boruto kita hanya melihat sedikit sekali pengguna Genjutsu dalam ceritanya. Sarada Uchiha adalah salah satu dari sedikit pengguna Genjutsu di seri Boruto. Genjutsu mungkin sudah tidak lagi dianggap sebagai Jutsu yang penting atau utama di era Boruto. Mengapa? Karena, tidak lain diperkenalkannya sosok alien yang sangat kuat yaitu klan Otsutsuki.

Kemampuan mereka yang dahsyat, bahkan melampaui teknik shinobi lainnya yang ada di bumi. Bahkan, mereka adalah pencipta atau nenek moyang dari berbagai elemen Jutsu dan shinobi di bumi. Teknik seperti Genjutsu tentunya tidak akan berefek apa pun terhadap mereka, seperti yang kita lihat dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutuki sebelumnya. Sasuke nampak sama sekali tidak berdaya menghadapi Otsutsuki terkuat sejauh ini.

Bahkan, di chapter 75 kemarin Amado sempat menjelaskan jika Otsutsuki memiliki seorang dewa bernama Shibai yang memiliki kemampuan Shinjutsu. Dan Shibai sendiri memiliki dua Doujutsu berbeda, yang artinya dia memiliki teknik Genjutsu yang tidak terkalahkan. Tentunya hal ini sangat disayangkan, meskipun cukup masuk akal jika kemudian teknik shinobi ini tidak lagi muncul.

Mungkin, Kishimoto perlu memikirkan cara lain untuk menghadirkan kembali Genjutsu dalam cerita Boruto. Misalnya, dengan menghadirkan teknik Genjutsu yang jauh lebih dahsyat dari Infinite Tsukuyomi. Mungkin sebagian fans beranggapan jika Genjutsu bukan lagi solusi untuk menghadapi ancaman baru, tetapi masih ada peluang untuk teknik tersebut kembali muncul dalam cerita yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.