Meskipun DC Comics dan Marvel Comics adalah rival abadi dalam industri komik, namun tidak jarang mereka melakukan sebuah crossover atau bahkan sekedar menghadirkan referensi. Dalam industri komik, memang ada banyak sekali nama-nama penerbit dengan berbagai judul mereka yang menarik. Namun, sejarah mencatat jika dua penerbit besar sudah sejak lama menguasai industri ini yaitu DC Comics dan Marvel Comics.

Hal ini wajar karena dua penerbit tersebut termasuk pionir di industri ini. Sejak era 1940an Marvel dan DC sudah menciptakan ratusan karakter sampai sekarang. Persaingan diantara keduanya juga tidak jarang juga terjadi. Bahkan, konflik pun pernah juga terjadi. Meskipun begitu, Marvel dan DC ternyata pernah memiliki momen di mana mereka saling “bertemu” alias melakukan crossover. Berikut adalah beberapa momen crossover DC dan Marvel.

Easter Egg Shazam

Seperti yang disebutkan di atas, kedua penerbit tersebut tidak jarang menghadirkan referensi atau Easter Egg satu sama lain. Dalam salah satu cerita, Carol Danvers alias Captain Marvel pernah menghadirkan sebuah referensi yang merujuk kepada sosok Shazam. Bahkan, dia juga mereferensikan universe DC dengan menyebutkan “Marvel dari multiverse lain.”

Buat Geeks yang belum tahu, Captain Marvel dan Shazam sempat jadi sumber perselisihan di era lampau antara Marvel dan DC. DC Comics dianggap memiliki hak cipta terhadap karakter Captain Marvel alias Shazam. Namun, Marvel kemudian menggunakan nama yang sama dengan kekuatan yang berbeda. Pada akhirnya, DC sendiri memutuskan untuk mengganti nama karakter Captain Marvel menjadi Shazam untuk membedakannya.

Buried Alien

Ini adalah momen crossover yang sangat spesifik yang bersetting di kontinuitas Marvel Comics yang terkoneksi/berkaitan dengan alur cerita dari DC Comics. Terdapat sebuah karakter bernama Buried Alien yang pertama kali muncul di komik Quasar #17. Dia berasal dari universe lain dan jadi salah satu karakter yang memiliki kekuatan berupa kecepatan yang pernah muncul di universe Marvel.

Yang menarik adalah Buried Alien kehilangan ingatannya, tapi dia masih mengenakan kostumnya yang berwarna merah dan kuning. Kostum tersebut merupakan sisa dari identitasnya sebagai pahlawan. Ternyata Buried Alien merupakan Barry Allen alias The Flash yang hilang dari DC Comics dan “terjebak” di universe Marvel. Meskipun begitu, hal ini sebenarnya tidak pernah terkonfirmasi secara resmi terlepas dari berbagai petunjuk yang mengarah ke sosok Barry Allen.

Alur Cerita One-Shot ‘Present’

Marvel dan DC pernah beberapa kali bekerja sama untuk menghadirkan sebuah cerita one-shot atau cerita pendek. Namun, sering kali setting waktu dan tempatnya tidak jelas alias tidak diketahui di realita alternatif mana ceritanya berlangsung. Biasanya, mereka hanya akan memberikan keterangan waktu berupa ‘Presents’ atau ‘Masa Sekarang’ demi memberikan petunjuk jika karakter dari kedua perusahaan ini berada di masa dan posisi yang sama.

Tim mutan X-Men dan Teen Titans, Superman dan Spider-Man, Silver Surfer dan Superman, semuanya bersatu dan bekerja sama dalam cerita pendek ini. Karena merupakan cerita pendek, sangat jarang alur ceritanya memiliki kelanjutan alias independen. Cerita pendek ini tidak menghadirkan teaser untuk proyek selanjutnya. Meskipun begitu, jelas sangat menyenangkan melihat para karakter pahlawan berada di waktu dan tempat yang sama.

Crossover Earth

Seperti yang disebutkan di atas, cerita crossover Marvel dan DC sering kali tidak pernah menghadirkan keterangan yang jelas mengenai setting ceritanya. Tetapi, ada juga crossover yang memang bersetting di sebuah universe yang khusus seperti Earth-7642. Universe ini memang diciptakan sebagai tempat untuk berbagai crossover tersebut, seperti yang pertama kali dilakukan oleh Superman dan Spider-Man di era 1976.

Earth atau universe tersebut kemudian kembali digunakan dalam crossover antara Batman dan Daredevil di tahun 2000. Dengan memiliki setting tempat khusus, pembuat cerita bisa lebih spesifik dalam menghadirkan poin-poin yang akan dihadirkan. Bahkan, mereka bisa menghadirkan arc yang lebih menarik dari sekedar cerita yang berfokus pada jualan mainan. Crossover Earth benar-benar jadi tempat yang menarik untuk bisa terus dihadirkan.

All Access/Unlimited Access

All Access dan Unlimited Access merupakan dua seri komik terbatas yang masing-masing serinya terdiri dari 4 volume. Ceritanya berfokus pada sosok karakter bernama Axel Asher yang memiliki nama panggilan yaitu Access. Axel adalah karakter yang berpengaruh karena menjadi jembatan yang membuat para pahlawan Marvel dan DC bisa tampil bersama dalam sebuah cerita.

Selain dua seri komik ini, Axel Asher juga kembali muncul di cerita crossover lainnya seperti DC Versus Marvel. Selain berfokus pada sosok Axel, kedua komik ini juga menghadirkan cerita di mana para villain dari kedua universe saling membuat onar. Dan para pahlawan akhirnya harus bekerja sama demi menyelamatkan universe mereka masing-masing.

Amalgam Comics

Cerita di universe Amalgam mungkin adalah salah satu cerita crossover DC dan Marvel yang sangat populer di kalangan fans. Konsepnya sendiri adalah ketika sosok populer dari DC dan juga Marvel menyatu dalam satu tubuh dan menghadirkan sosok karakter baru. Eksperimen cerita dan konsep ini ternyata menghadirkan hasil yang mengejutkan, yaitu lahirnya Amalgam Universe.

Kemunculan Amalgam Universe memang ditanggapi beragam oleh para penggemar. Namun, hal ini tidak menghalangi cerita crossover tersebut untuk meraih kepopuleran dan kesuksesan. Beberapa karakter baru yang tercipta di universe ini adalah Dark Claw, yang merupakan gabungan Batman dan Wolverine. Atau Iron Lantern, yang merupakan gabungan Iron Man dan Green Lantern. Terdapat kurang lebih 24 volume yang muncul dari Amalgam Comics ini.

DC Versus Marvel

Dengan kemunculan sebuah jagat sinematik, baik Marvel Cinematic Universe atau DC Universe, membuat banyak pihak yang saling membandingkan keduanya. Namun, di industri komik para fans bukan hanya bisa membandingkan keduanya. Mereka juga bisa melihat kedua karakter saling bertarung satu sama lain dalam salah satu cerita crossover yaitu DC Versus Marvel.

Miniseri yang berjumlah 4 volume ini dirilis pada tahun 1996, di mana sesuai namanya Geeks bisa melihat pertarungan karakter dari kedua perusahaan. Beberapa pertarungan epik yang muncul di ceritanya adalah Anamor versus Aquaman, Elektra versus Catwoman, dan Superman versus The Hulk. Namun, pada akhirnya, kemunculan Access alias Axel meredakan ketegangan yang ada.

JLA/Avengers

Ini juga menjadi cerita crossover yang paling populer dari DC dan Marvel. Ceritanya muncul di tahun 2003 dan 2004. Namun, yang membedakan adalah dalam cerita JLA/Avengers kita bukan melihat pertarungan antar karakter melainkan antar tim pahlawan. Meskipun lagi-lagi cerita ini cukup mendapatkan tanggapan beragam, tetapi kesuksesan dan kepopuleran ceritanya tidak bisa dipungkiri.

Dalam cerita ini, giliran The Grandmaster yang jadi katalis atau penengah dari semua cerita di komiknya. Dalam pertarungannya, tidak ada yang menang atau kalah. Di akhir, kedua tim pahlawan ini akhirnya sadar jika sudah dipermainkan dan mulai bekerja sama untuk mencari dalangnya. Dan ini menjadi iterasi modern dan paling terakhir sejauh ini dari cerita crossover antara DC dan Marvel.

Persaingan antara dua perusahaan DC dan Marvel sudah berlangsung puluhan tahun. Tetapi, meskipun mereka bersaing dalam berbagai hal terdapat juga beberapa momen di mana mereka muncul bersama. Tidak jarang juga terdapat momen yang menghadirkan sekedar referensi atau Easter Egg yang merujuk kepada masing-masing karakter atau universe.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.