Sosok Ultron yang merupakan robot buatan Tony Stark, berpeluang kembali di film Armor Wars dan bahkan jadi villain utamanya. Marvel Cinematic Universe siap kembali menghadirkan berbagai proyek baru untuk Phase 5 yang akan datang, setelah mereka menutup Phase 4 di akhir 2022 kemarin. Phase terbaru ini tidak kalah heboh dan dahsyat dari Phase sebelumnya.

Marvel Studios mencoba untuk mengahdirkan berbagai hal baru seperti alur cerita. Mereka mencoba mengadaptasi berbagai cerita populer untuk digarap dalam versi layar lebarnya. Salah satunya adalah Armor Wars. Namun, yang menarik adalah selain akan menghadirkan berbagai hal baru filmnya juga berpeluang menghadirkan kembali sosok villain yang populer yaitu Ultron.

Bagaimana Ultron Kembali?

Pada 2015 kemarin, MCU memperkenalkan salah satu villain epik bernama Ultron di film Avengers: Age of Ultron. Meskipun dalam cerita komiknya Hank Pym merupakan pencipta dari robot pembunuh tersebut, di MCU ada sedikit perubahan. Sosok Hank Pym diganti oleh Tony Stark dan Bruce Banner. Pada awalnya, Tony Stark senjaga membangun Ultron sebagai bentuk pencegahan dari serangan dari luar angkasa menuju bumi.

Momen ini juga didukung oleh trauma yang dialami Tony dari peristiwa sebelumnya yaitu penyerangan Chitauri ke New York. Sayangnya, Ultron yang memiliki kecerdasan sendiri justru kemudian berpikir bahwa manusialah ancaman yang sebenarnya dan oleh karena itu dia kemudian berusaha untuk menghancurkan manusia. Ultron bahkan berencana untuk mengangkat Sokovia dan menghancurkan semuanya, sebagai awal dari rencana jahatnya untuk memusnahkan manusia.

Di akhir filmnya, Ultron diperlihatkan berhasil untuk dikalahkan dengan kerja sama para Avengers dan juga pengorbanan besar Pietro Maximoff. Lalu, pertanyaannya kemudian dengan Ultron yang sudah kalah dan hancur bagaimana karakter ini kembali? Jawabannya adalah Department of Damage Control (DODC). Di MCU sendiri Department of Damage Control (DODC) pertama kali diperkenalkan di film Spider-Man: Homecoming.

Sesuai namanya, DODC adalah sebuah departemen yang bertugas untuk “membersihkan” berbagai hal yang menjadi bekas pertarungan para pahlawan menghadapi para villain. Terkadang, mereka juga mengumpulkan berbagai artefak atau benda asing lainnya seperti yang diperlihatkan di seri Ms. Marvel. Peran dari DODC tidak terlalu besar sebelumnya, namun sejak Phase 4 kemarin mereka mulai sering terlibat dalam cerita.

Apa hubungannya DODC dan bangkitnya Ultron? Meskipun baru diperkenalkan di film Homecoming, namun bisa jadi keberadaan mereka sudah cukup lama ada. Mereka juga mungkin sudah muncul sejak film Age of Ultron. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan ketika mereka sedang membersihkan bekas pertempuran melawan Ultron terdapat juga badan atau sisa-sisa lainnya yang berkaitan dengan Ultron.

Selain mengumpulkan sisa-sisa tubuh Ultron, kemungkinan besar yang paling masuk akal adalah DODC juga akan berusaha untuk membangkitkan kembali Ultron. Mungkin ini salah satu alasan mengapa mereka mengincar gelang magis milik Kamala Khan. Meskipun butuh waktu lama, namun pada akhirnya mereka akan berhasil untuk membangkitkan Ultron yang mana membuka peluang untuk jadi villain utama di serinya.

Ultron Jadi Villain Utama?

Seperti disebutkan di poin atas, setelah DODC berhasil membangkitkan Ultron besar kemungkinan dia akan menjadi villain utama di filmnya. Bahkan, yang lebih mengerikan adalah Ultron bisa saja berevolusi menjadi jauh lebih kuat dan jahat seperti yang diperlihatkan di komiknya. Dalam cerita komiknya, Ultron berhasil untuk berevolusi dan berkembang secara mandiri.

Selain mampu menciptakan robot atau android yang kemudian jadi pasukannya, Ultron juga mampu meningkatkan kekuatannya. Misalnya, setelah Ultron-1 yang jadi awal penciptaan robotnya oleh Hank Pym, Ultron kemudian berevolusi menjadi Ultron-2, Ultron-3, dan seterusnya. Bahkan, dalam cerita populer Rage of Ultron diperlihatkan bagaimana kecerdasan buatan tersebut balas dendam terhadap Hank Pym.

Setelah kembali bangkit, Ultron berhasil mengambil alih pikiran dari Hank Pym yang membuatnya bertindak di luar kendali. Dan untuk menghentikannya, Hank pun akhirnya mengorbankan dirinya untuk ikut hancur bersama kostum yang dia gunakan. Skenario ini pun bisa saja terjadi di film Armor Wars nanti, tentunya dengan beberapa perubahan detail di alur ceritanya.

Dalam konteks ini, Ultron justru akan berevolusi menjadi lebih kuat dengan memanfaatkan berbagai teknologi dan artefak yang disimpan oleh DODC setelah dibangkitkan. Dengan Ultron yang kembali dan menjadi lebih kuat, akan memaksa Rhodey dan yang lain untuk bertarung menghadapi pasukan android Ultron. Dan kemunculan kembali villain ini mungkin akan menghadirkan sesuatu yang baru bagi MCU kedepannya.

Ultron Perkenalkan Kelompok Villain Baru

Salah satu hal baru yang mungkin bisa diperkenalkan di MCU kedepannya oleh Ultron adalah kemunculan kelompok villain baru. Dalam cerita di Marvel Comics, Ultron pernah membentuk sebuah tim yang berisi para villain bernama Masters of Evil. Kelompok villain tersebut sudah delapan kali terbentuk sejauh ini, dan Ultron adalah sosok yang membentuk kelompok tersebut yang kedua kalinya.

Dalam ceritanya, Ultron sempat menyamar menjadi Crimson Cowl dan bertarung mengahadapi Hank Pym dan Avengers. Crimson Cowl sendiri adalah kelompok villain yang menjadi lawan bagi Thunderbolts dan juga tim Guardians of the Galaxy. Dengan Marvel Studios yang akan memperkenalkan tim Thunderbolts, maka rasanya masuk akal jika kemudian kita juga akan diperkenalkan dengan lawan mereka.

Dan cara untuk memperkenalkan tim villain ini tidak lain adalah melalui Ultron, seperti di komiknya. Dibentuknya Masters of Evil bisa jadi merupakan salah satu upaya dan cara dari Ultron untuk balas dendam terhadap manusia. Jadi, berdasarkan penjelasannya, Ultron bisa jadi villain utama di film Armor Wars. Dan hal ini bisa jadi jembatan bagi alur cerita MCU kedepannya, seperti memperkenalkan kelompok villain baru. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.