Sosok X Drake kemungkinan masih akan kembali menjadi sekutu baru bagi Luffy kedepannya, apalagi Luffy akan menghadapi kekuatan besar di dunia One Piece. Nama X Drake sempat jadi perbincangan hangat selama arc Wano berlangsung. Pasalnya, ternyata X Drake bukanlah seorang bajak laut biasa dan juga dia bukanlah sekedar bajak laut dengan nilai buruan diatas 100 juta Belly.

Berdasarkan informasi yang muncul X Drake ternyata bagian dari sebuah kelompok rahasia angkatan laut bernama SWORD. Kelompok rahasia ini diketahui sempat menjalankan misi di Onigashima yaitu menyusup ke kelompok bajak laut Beast. Di chapter 990 kemarin Drake kembali menjadi sorotan, di mana dia menjadi target pembunuhan oleh Queen dan Who’s Who setelah penyamarannya terbongkar. Beruntung dia bisa kabur dan kemudian bertemu dengan Luffy.

Peran dan Posisi X Drake

Selama ini, sosok X Drake selalu diperkenalkan sebagai mantan angkatan laut yang kemudian membelot untuk menjadi seorang bajak laut. Tapi, kemudian fakta mengejutkan muncul di mana Drake sebenarnya adalah masih menjadi bagian dari angkatan laut. Bahkan, dia adalah pemimpin kelompok rahasia angkatan laut, SWORD.  Jadi, selama ini dia berpura-pura untuk menjadi seorang bajak laut.

Drake selalu mengelak bahwa dia dulunya adalah bagian dari angkatan laut, dan lebih senang jika diperkenalkan sebagi bagian dari kru bajak laut Drake. Sosok Drake mirip dengan Donquixote Rosinante alias Corazon, yang ternyata adalah seorang angkatan laut yang kemudian menyamar menjadi bagian dari kelompok Donquixote. Tujuannya adalah menggali informasi terkait kelompok tersebut.

Peran Drake di sepanjang seri One Piece dan SWORD jelas sangat penting dan unik, jika berkaca pada posisi yang dia miliki sekarang. Drake selalu berusaha untuk tetap menjalankan misi dan tujuan utama dari SWORD, serta menjaga agar organisasi ini tetap di bawah radar. SWORD dan Drake jelas memiliki peran penting kedepannya, apalagi untuk menghadapi pihak World Government.

X Drake Jadi Sekutu Luffy

Dalam pertempuran di Onigashima, nyawa dari Drake sempat terancam. Setelah berhasil selamat dari serangan Who’s Who dan Queen, dia kemudian bertemu dengan anggota CP0. Mereka berhasil mengalahkan Drake dengan mudah, karena perbedaan level kekuatan. Dan nasib dari Drake sendiri sampai sekarang masih misterius. Di arc Egghead juga dikonfirmasi ulang jika masih belum ada kabar dari X Drake.

Di G-14, markas angkatan laut dekat pulau Egghead, Helmeppo dan Hibari sempat meminta bantuan Prince Grus dan atasannya yang juga merupakan anggota SWORD. Mereka ingin meminjam Seraphim untuk menyelamatkan Koby yang diculik. Namun, Prince Grus menolaknya karena situasinya masih belum aman. Belum lagi, mereka masih belum melakukan kontak dengan X Drake.

Meskipun begitu, diyakini jika X Drake masih dalam kondisi hidup. Dia mungkin terluka parah setelah mendapatkan serangan dari pihak CP0. Besar kemungkinan X Drake akan kembali gabung aliansi Luffy pada masa yang akan datang. Selain posisinya di pihak angkatan laut, Drake merupakan salah satu karakter yang akhirnya “terjebak” di lingkaran pengaruh sosok Luffy.

Sebelum bertemu dengan Luffy di Onigashima, Drake sempat ingat ucapan Koby tentang Luffy. Menurut Koby, Luffy adalah sosok yang kuat dan juga baik. Drake bisa percaya dan juga bergantung kepada Luffy terkait hal ini yang mana kemudian ucapan Koby terbukti. Luffy berhasil menolong Drake dan juga berhasil mengalahkan Kaido. Selain Luffy, kru Topi Jerami dan aliansi lainnya pun membuktikan jika mereka adalah pihak yang baik.

Drake mungkin akhirnya bisa melihat dan memahami apa yang dimaksud oleh Koby tentang Luffy. Dan berdasarkan dari apa yang muncul dalam ceritanya, Drake pun terkesima dan kagum dengan sikap dan kepribadian Luffy. Bahkan, setelah semua yang terjadi Drake juga diyakini percaya jika Luffy memang sangat kuat. Drake juga yakin jika Luffy bisa memberikan perubahan besar terhadap dunia. Dan ini juga alasan mengapa X Drake akan jadi sekutu Luffy.

Pembawa Kedamaian Lainnya

X Drake juga bisa jadi bakalan ngikutin jejak dari Luffy untuk jadi sosok yang membawa kedamaian dan kebebasan di dunia One Piece. Hal ini pun mungkin yang sebenarnya jadi misi besar dari SWORD. Sosok X Drake sendiri dibesarkan dan dilatih oleh Sengoku, yang mana doktrin keadilan yang dia anut berbeda dari mayoritas angkatan laut. Pada awalnya, mungkin X Drake tidak paham dengan semua konsep moral dan kebaikan dari bajak laut.

Sebagai angkatan laut, X Drake mungkin menganggap Luffy tidak ada bedanya dengan bajak laut lain. Hal itu yang jadi alasan Drake sangat skeptis terhadap pernyataan Koby tentang Luffy, sampai kemudian dia melihat dengan mata dan kepalanya sendiri tentang sikap dan perilaku Luffy. Pemimpin SWORD ini dengan cepat belajar jika Luffy memang adalah sosok yang baik, meskipun dia adalah seorang bajak laut.

Drake belajar banyak hal tentang Luffy, termasuk tujuannya yaitu membawa kebebasan di wilayah Wano. Dan itu sesuai dengan kemungkinan misi sebenarnya dari SWORD, yaitu menghadirkan kebebasan dan kedamaian dari pihak World Government. Drake mungkin akan menjadikan semua yang terjadi di Wano sebagai pengalaman besar dan berharga untuk melanjutkan misi utama mereka di SWORD.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.