Setelah 13 tahun berlalu dari film pendahulunya, Avatar The Way of Water akhirnya bisa tayang di bioskop dengan semua keindahan dan kejutannya. Di mana di film kali ini ternyata yang jadi bintang utamanya tidak hanya Jake (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana) saja, tetapi juga para anak-anaknya. Termasuk Kiri, anak angkat Jake dan Neytiri yang diperankan oleh aktor veteran Avatar, Sigourney Weaver. Menariknya, berdasarkan apa yang terlihat di film The Way of Water, di mana Kiri digambarkan mempunyai keistimewaan, tampaknya dia memang dipersiapkan untuk memainkan peran penting di Avatar 3 mendatang. Bagaimana bisa? Simak pembahasannya di bawah ini, Geeks.

Kekuatan Super Kiri di Avatar 2

Meskipun di film The Way of Water Jake dan Neytiri masih memainkan peran terbesar sebagai penghubung antara suku Omaticaya dan Metkayina, tetapi cukup banyak adegan yang menampilkan keistimewaan Kiri dibandingkan Na’vi lainnya. Sejak awal, kita sudah diperlihatkan pada kemampuan spesial Kiri yang ternyata bisa menjalin hubungan langsung dengan Eywa, entitas surgawi alias dewa yang selama ini telah menuntun para Na’vi di Pandora. Hal inilah yang secara tidak langsung mendukung teori bahwa Kiri akan jadi ‘juru selamat’ di film Avatar 3 nanti.

Pada dasarnya, semua Na’vi dan kehidupan di Pandora memang mempunyai koneksi khusus dengan Eywa, tetapi faktanya apa yang telah dialami oleh Kiri jauh lebih intim dari itu. Saat Kiri mencoba terhubung dengan Eywa melalui Vitraya Ramunong alias Tree of Souls, mungkin hanya dia satu-satunya yang bisa melihat kehidupan leluhurnya. Di mana pada titik tersebut dia bahkan mengalami kejang setelah melihat mendiang ibu kandungnya yang ternyata seorang manusia, yaitu Grace Augustine. Pada percakapannya dengan Jake, Kiri juga mengaku bahwa dia memang merasakan keagungan Eywa.

Keistimewaan Kiri ini kemudian lebih dipertegas lagi saat menjelang ending The Way of Water. Di mana dia diperlihatkan mampu memanggil makhluk laut untuk membantunya dalam menyelamatkan keluarga angkatnya, khususnya Neytiri dan Tuk yang terjebak di dalam kapal tenggelam. Dari adegan tersebut sudah bisa kita simpulkan bahwa hubungan Kiri dengan Eywa bukan hanya sekadar khayalannya saja. Hubungannya dengan Eywa dan Pandora yang sangat intim ini makin memperkuat teori bahwa Kiri akan jadi juru selamat di film Avatar 3 nanti.

Jadi Juru Selamat Utusan Eywa

Jika benar Kiri adalah juru selamat utusan Eywa, sekarang yang jadi pertanyaan adalah apa yang menjadi tugas besarnya di Pandora. Sesuai dengan julukannya, sebagai juru selamat, Kiri mungkin saja diberikan tugas besar untuk menyelamatkan Pandora. Bukan hanya dari manusia yang digambarkan sebagai penjajah, tetapi juga dari ancaman internal bangsa Na’vi sendiri yang berpotensi menimbulkan salah kaprah terhadap Eywa. Dengan koneksi langsungnya terhadap Eywa, Kiri mungkin mengetahui apa yang sebenarnya sangat diinginkan oleh entitas tertinggi di Pandora tersebut.

Tanpa kita sadari, bisa saja sebenarnya Eywa hanya ingin semua pertempuran di Pandora berhenti, dia justru ingin Na’vi dan Pandora hidup damai dan saling menghormati agar tidak ada lagi kematian di kedua belah pihak. Namun, karena sebelumnya tidak ada yang bisa mengerti harapan Eywa, akhirnya pertempuran demi pertempuran terus terjadi di Pandora. Itulah mengapa kemunculan Kiri secara tidak langsung telah menjadi jawaban atas apa yang selama ini diharapkan oleh semua pihak, termasuk bagi Na’vi, manusia, dan bahkan bagi Eywa sendiri.

Berperan Besar di Avatar 3?

Berdasarkan apa yang sudah terlihat di film The Way of Water, cukup jelas bahwa peran Kiri di Avatar 3 nanti berpotensi lebih besar dari sebelumnya. Di mana dia akan memainkan peran sebagai juru selamat yang tentunya bertugas sebagai penyelamat bagi Pandora secara keseluruhan. Berdasarkan laporan terbaru dari BBC, telah terungkap bahwa sutradara James Cameron untuk sementara ini menyebut Avatar 3 dengan sebutan Avatar: The Seed Bearer. Kemungkinan judul tersebut memang merujuk pada Kiri sebagai juru selamat Pandora yang disebut ‘Seed Bearer’ alias pembawa benih ‘harapan’ Eywa.

Itulah pembahasan tentang teori dan potensi Kiri sebagai juru selamat di film Avatar 3 mendatang. Jika benar peran Kiri akan sebesar ini nantinya, bukan tidak mungkin film Avatar ketiga nanti akan langsung memulainya dari sudut pandang Kiri, bukan lagi Jake dan Neytiri. Hal tersebut dimaksudkan agar para penontonnya dapat merasakan apa yang Kiri alami sebagai Seed Bearer, ketika terhubung langsung dengan sumber kehidupan di Pandora. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Film Avatar 3 sendiri rencananya akan tayang pada tanggal 20 Desember 2024.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.