Eiichiro Oda beri petunjuk yang bisa jadi bukti jika sosok Shanks adalah keturunan atau bagian dari kaum naga langit. Seperti yang Geeks ketahui, sudah sejak lama para fans penasaran dengan sosok salah satu Yonko dalam cerita One Piece yaitu Shanks si Rambut Merah. Shanks merupakan salah satu karakter yang misterius, di mana masih belum banyak informasi yang muncul.

Padahal, Shanks merupakan salah satu karakter yang muncul di awal serinya bersamaan dengan perkenalan karakter Luffy. Sejauh ini, Shanks baru muncul beberapa kali dalam cerita One Piece. Shanks hanya muncul dalam beberapa panel saja di sebuah situasi genting atau epik. Misalnya, saat momen pertama kali dia menyelamatkan Luffy. Atau ketika Shanks datang di Marineford dan menghentikan peperangan tersebut. Yang paling baru adalah bagaimana dia menghentikan admiral Aramaki di Wano.

Shanks Keturunan Naga Langit?

Oda Sensei sendiri sangat jarang mengupas atau menyinggung masa lalu Shanks. Dia lebih senang menghadirkan informasi tentang kekuatannya, seperti kekuatan Haki Shanks yang dahsyat yang bisa kita lihat saat dia membuat Aramaki kabur dari Wano. Meskipun begitu, terdapat hal menarik dari sosoknya di mana banyak pihak nampak begitu menghormati atau mendengarkan apa yang Shanks katakan.

Hal ini pun membuat banyak fans penasaran tentang siapa sebenarnya sosok Shanks. Rasanya, reputasinya sebagai Yonko tidak akan cukup atau tidak akan mampu untuk bisa mendapatkan rasa hormat sebesar itu. Hal ini bisa kita lihat bagaimana World Government dan angkatan laut justru menganggap para Yonko lainnya sebagai sebuah ancaman yang harus dimusnahkan.

Spekulasi yang paling santer di kalangan fans menyebutkan bahwa Shanks kemungkinan merupakan keturunan kaum naga langit. Dan spekulasi ini pun muncul bukan tanpa dasar. Jika melihat bagaimana orang-orang memperlakukannya, spekulasi itu bukan sesuatu yang mustahil. Di sisi lain, Geeks tentunya melihat bagaimana sikap Gorosei saat arc Reverie terjadi. Para Gorosei sendiri adalah salah satu penguasa tertinggi di World Government.

Berbagai Bukti

Selain sikap dari Gorosei yang menerima Shanks di Mary Geoise dengan baik, Eiichiro Oda akhirnya menghadirkan berbagai informasi lainnya mengenai sosok Shanks dalam booklet “One Piece 4 Billion”. Booklet ini memang sengaja Oda hadirkan sebagai bagian dari promosi film One Piece Film: Red yang rilis Agustus kemarin. Booklet ini sendiri berisi informasi penting mengenai Shanks dan juga Uta.

Dan yang menarik adalah Oda kembali menghadirkan potongan informasi mengenai masa lalu Shanks. Salah satu informasi yang menarik dan penting tentang masa lalu Shanks adalah menurut Gorosei, dia berasal dari sebuah keluarga bernama “Fearland”  atau “Figarland”. Sayangnya, bookletnya sendiri tidak memberikan informasi detail mengenai keluarga Shanks tersebut.

Kita tidak tahu dari mana asalnya atau siapa mereka sebenarnya, dan mengapa kemudian Gorosei bisa tahu tentang keluarga tersebut. Namun, bagaimana kemudian Gorosei mengetahui asal-usul Shanks dan keluarga Fearland/Figarland artinya keluarga tersebut bisa jadi bukanlah keluarga biasa. Yang juga jadi petunjuk adalah pakaian yang digunakan oleh Shanks saat masih bayi.

Dalam bookletnya dijelaskan bahwa saat usia satu tahun Shanks diketahui sempat diculik dan menghilang, sampai kemudian Rayleigh dan Roger yang menemukannya. Mereka menemukannya di dalam sebuah peti harta karun yang dicuri saat kabur 38 tahun lalu di God Valley. Saat itu, Roger dan krunya berhasil berhasil melarikan diri dari pulau tersebut. Mereka juga berhasil membawa berbagai harta karun.

Kemudian, mereka mendengar suara aneh dari dalam salah satu peti yang ternyata adalah bayi Shanks. Dalam gambar tersebut, nampak pakaian yang dikenakan oleh Shanks dianggap cukup mewah. Wajah dan penampilan Shanks yang masih bayi tersebut nampak begitu lucu dan bersih. Hal ini dianggap jadi petunjuk jika dia memang bukan berasal dari kalangan sembarangan. Belum lagi, bayi Shanks disimpan di dalam sebuah peti bersama harta karun lainnya.

Salah Satu Naga Langit Baik

Sosok kaum naga langit adalah mereka yang berada di tatanan tertinggi yang ada di dunia One Piece. Para Celestial Dragon atau kaum naga langit sering kali menganggap diri mereka sangat berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Mereka menganggap diri mereka sebagai “dewa” karena, merupakan keturunan dari “pencipta” dunia tersebut. Karena itulah, kaum naga langit sering kali bertindak arogan dan egois.

Kaum naga langit bahkan enggan untuk tinggal dan menghirup udara yang sama dengan para masyarakat biasa. Tidak ada yang berani membantah atau bertindak apa pun kepada kaum naga langit. Meskipun mayoritas naga langit memang jahat dan arogan, namun ternyata ada beberapa karakter yang diketahui sangat baik meskipun mereka bagian dari kaum elit tersebut.

Misalnya, beberapa orang dari keluarga Donquixote seperti Mjosgard, Homing, dan Rosinante. Homing adalah ayah dari Doflamingo dan Rosinante, yang memutuskan untuk keluar dari Mary Geoise dan menjalani kehidupan biasa. Mjosgard adalah keluarga Donquixote yang akhirnya berubah jadi lebih baik setelah diselamatkan oleh ratu para duyung, yaitu Otohime.

Meskipun belum ada konfirmasi, Shanks juga mungkin bisa jadi bagian dari dari kelompok ini. Shanks bisa jadi bukti jika dia adalah keturunan naga langit yang baik, seperti beberapa karakter di atas. Dan kebaikan Shanks bisa kita lihat seperti ketika menyelamatkan Koby di Marineford atau saat menyelamatkan Momonosuke dan yang lain di Wano. Asal-usul tentang Shanks masih sangat dinantikan oleh para fans dan seiring dengan ceritanya yang akan selesai, mungkin kita akhirnya akan mengetahui rahasia masa lalu Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.