Berbicara tentang Joker, dia sudah banyak menebar terror di DC Universe. Wajar saja jika akhirnya dia diburu oleh Batman untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Gila, sadis, sulit ditebak, mungkin itulah 3 kata yang menggambarkan sosoknya. Ternyata DC Universe pernah menghadirkan beberapa versi Joker berbeda. Menariknya beberapa versi Joker tersebut ada yang sangat brutal. Lantas Joker versi mana saja yang paling brutal? Simak berikut ini Geeks!

Injustice

Apa jadinya jika Superman berubah menjadi jahat? Tentu saja kehancuran masif akan terjadi, baik di Bumi maupun di seluruh alam semesta. Dalam komik Injustice, kita diceritakan tentang Superman yang menjadi jahat. Yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang membuat sosok terkuat sejagad ini menjadi jahat? Jawabannya adalah Joker. Yap, Joker membuat Superman percaya bahwa Lois Lane adalah Doomsday, sehingga Superman pun membawa Lois Lane ke luar angkasa dan membunuhnya. Dan ketika Lois Lane meninggal, tragisnya, dia tengah mengandung anak Superman. Memang “hanya” itu kejahatan Joker. Tetapi dampak kejahatannya, Superman menjadi tak terkendali dan membuat keonaran di Bumi, sehingga banyak korban jiwa berjatuhan. Jadi, Joker secara tak langsung telah membuat kehancuran dunia.

Emperor Joker

Dalam Emperor Joker, Joker mendapat kekuatan yang tak dibayangkan sebelumnya. Dalam komik tersebut, Joker bertemu dengan Mister Mxyzptlk dan mencuri kekuatan pengubah realitasnya. Joker hampir mendapat semua kekuatan yang dimiliki Mister Mxyzptlk, dan setelah itulah dia menjelma menjadi villain yang sangat kuat dan brutal. Dengan kekuatannya tersebut, Joker bukan hanya mengincar Batman melainkan juga Superman. Lantas, Joker pun membunuh Batman. Tapi menariknya, Joker membunuh Batman setiap hari, selama berulang-ulang. Berkat kekuatannya, Joker mampu mengubah realitas. Selain itu, Joker juga memutuskan untuk memakan seluruh negara China, dan membunuh seluruh penduduknya.

A Death in the Family

Sebagai seorang sosiopat, Joker tak pernah menyesali kejahatan yang pernah dia lakukan. Begitu juga dengan yang Joker lakukan terhadap Jason Todd alias Robin kedua. Joker versi komik A Death in the Family diceritakan memukuli Robin hingga mati. Kematiannya sangat mengerikan, yang membuat Batman sangat marah. Ketika Batman datang dan melihat Robin tewas, itu menjadi momen terburuk dalam hidupnya. Joker memang biasanya hanya membuat lumpuh sang korban, atau sekedar menyiksanya hingga sang korban mati lemas. Teriakan korban justru membuat Joker “bahagia”. Tetapi Joker versi ini berbeda, di mana ia memilih langsung menghabisi korban tanpa ampun.

The Killing Joke

Mungkin Joker satu ini yang mengubah drastis kehidupan Komisaris Gordon. Gordon yang tadinya baik hati, berubah drastis menjadi sangat pendendam. Bagaimana tidak? Joker diceritakan menembak dan melumpuhkan putri Gordon, Barbara. Kejadian itulah yang membuat Barbara mengakhiri kariernya sebagai Batgirl dalam memerangi kejahatan di kota Gotham. Selain itu, Joker juga pernah melemparkan seorang bayi yang baru lahir ke istri Gordon, Sarah, dan kemudian menembaknya hingga mati ketika Sarah mencoba menangkap bayi tersebut untuk menyelamatkannya. Dia juga membunuh hampir seluruh petugas GCPD dalam sebuah ruangan, dan meninggalkan Gordon sebagai orang terakhir yang selamat. Gordon sangat menyesali peristiwa tersebut, karena dahulu dia memiliki kesempatan membunuh Joker, namun dia menolak membunuhnya.

Batman: Cacophony

Dalam Batman: Cacophony, kita diperlihatkan dengan Joker yang jauh lebih brutal lagi. Dalam komiknya, Joker diceritakan terlibat dalam perang untuk memperebutkan wilayah melawan Maxie Zeus. Sadar bahwa peperangan tersebut akan menimbulkan kerusakan masif, Batman pun turun langsung menghentikannya. Namun belum sempat Batman menghentikan perang tersebut, Joker malah berulah. Tetapi ulahnya sangat kejam. Dia meledakkan sebuah sekolah yang berisi banyak anak-anak. Dia sengaja meledakan tempat tersebut karena keponakan Zeus merupakan salah satu murid yang bersekolah di sana. Ledakan tersebut membunuh banyak anak tak bersalah.

Itulah dia Geeks beberapa versi brutal dari Joker. Joker mungkin melakukan semua hal tersebut hanya untuk kesenangannya sendiri, dan dia sama sekali tidak memikirkan karakter lain. Menurut Geeks, mana versi Joker paling brutal?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/