Dari sekian banyak kerajaan yang ada di seri One Piece, kerajaan Germa menjadi sebuah kerajaan yang dianggap memiliki posisi dan kekuatan politik yang cukup besar. Kerajaan ini bisa dianggap hampir setara dengan kerajaan Alabasta, yang memang sudah terbukti memiliki kekuatan politik besar. Ada beberapa hal yang dianggap menjadi bukti kedahsyatan kekuatan politik Germa.

Misalnya, dalam poster buruan Sanji kita melihat bagaimana ada tulisan “Only Alive” dan bagaimana nilai buruan Sanji dianggap tidak terlalu besar dari yang lain. Spekulasi menyebutkan jika kerajaan Germa melakukan kesepakatan dengan pihak World Government terkait hal itu. Berdasarkan dari apa yang diketahui sejauh ini, kerajaan Germa begitu besar kekuatan politiknya. Lalu, apa yang membuat hal itu terjadi?

Salah Satu dari 20 Kerajaan

Salah satu kemungkinan yang muncul adalah Germa merupakan salah satu dari 20 kerajaan yang pernah bergabung dengan World Government untuk menyerang Kerajaan Kuno. Ini adalah salah satu spekulasi atau teori yang cukup lama juga beredar di kalangan fans, ketika mereka menebak siapa sebenarnya sosok Sanji. Dia merupakan sosok pangeran yang sempat diberitakan hilang.

Seperti yang kita ketahui, dalam arc Whole Cake Island terungkap bahwa Sanji berhasil melarikan diri dari rumahnya di usianya yang masih kecil berkat bantuan kakaknya, Reiju. Sanji kemudian berlayar menuju North Blue sebelum kemudian dia bertemu dengan Zeff, dan menjadi “anaknya”. Di sisi lain, sejauh ini baru sedikit kerajaan yang sudah terungkap yang pernah ikut bertempur pada 800 tahun yang lalu.

Mereka adalah kerajaan Alabasta dan juga Dressrosa yang dipimpin oleh keluarga Donquixote. Ada kemungkinan jika kerajaan Germa juga mengalami perpecahan seperti keluarga Donquixote. Leluhur Judge mungkin memutuskan untuk keluar dari Mary Geoise dan membangun kerajaan mereka sendiri. Meskipun begitu World Government tetap menganggap Germa sebagai satu kesatuan.

Kekuatan Teknologi dan Militer

Satu hal yang paling mencolok dari kerajaan germa adalah kekuatan teknologi dan militer mereka adalah nomor satu di dunia. Hal ini juga yang mungkin jadi alasan mengapa kemudian mereka memiliki kekuatan politik besar di mata World Government. Bahkan, Big Mom pun sampai rela menyusun rencana besar untuk mencuri atau mengambil alih kerajaan Germa.

Semuanya demi mencuri teknologi mereka yang sangat luar biasa. Kekuatan teknologi dan militer dari kerajaan Germa mungkin sudah terkenal sejak lama, yang mana membuat pihak World Government memberikan perhatian kepada mereka. Bukti kedahsyatan dari teknologi kerajaan Germa adalah mereka memiliki pabrik kloning paling besar di dunia One Piece. Pasukan Germa sendiri semuanya adalah kloning.

Vinsmoke Judge berhasil menciptakan Raid Suit dan juga melakukan rekayasa genetik terhadap anak-anaknya, termasuk Sanji. Jauh sebelumnya, Judge merupakan salah satu ilmuwan yang bergabung dengan kelompok MADS bersama dengan Caesar Clown, Vegapunk, dan bahkan Queen. Keberadaan mereka dianggap ilegal oleh World Government. Meskipun begitu, pihak World Government mengakui kecerdasan para ilmuwan ini.

Meskipun World Government memiliki sosok Vegapunk untuk menyuplai mereka dengan teknologi, tetapi kerajaan Germa kemungkinan pun diakui memiliki posisi yang tidak kalah penting. Dan hal ini memengaruhi mereka dalam kondisi politik di dunia One Piece.

Berbagai Alasan Lain

Selain kemungkinan dua alasan utama di atas, ada juga beberapa alasan lain yang bisa jadi alasan mengapa Germa memiliki posisi politik yang besar. Misalnya, mereka adalah salah satu kerajaan yang besar. Meskipun Germa bukanlah sebuah kerajaan yang menetap di suatu tempat, namun reputasi kerajaan ini sangat luar biasa. Bahkan, mereka memiliki julukan sendiri yaitu “Kerajaan Ilmu Pengetahuan” berkat kecanggihan teknologi yang ada.

Selanjutnya, alasan lainnya adalah mereka memiliki kesepakatan dengan pihak World Government. Seperti yang disebutkan di atas, kerajaan Germa merupakan kerajaan yang dikenal karena kekuatan militer dan juga teknologi yang luar biasa. World Government memang memiliki kekuatan militer mereka sendiri, seperti angkatan laut atau juga Cipher Pol. Namun, Germa menjadi kekuatan militer lainnya di luar kendali mereka.

Kerajaan ini mungkin dianggap sebagai pihak ketiga yang sering World Government manfaatkan untuk berbagai hal. Simpelnya, mereka adalah “tentara bayaran” bagi World Government ketika ada permasalahan di sebuah wilayah yang ada di semua Blues. Dan selain dimanfaatkan untuk menjadi “tentara bayaran” untuk pihak World Government, mereka juga memanfaatkan Germa sebagai “senjata” mereka.

World Government diketahui banyak menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Misalnya, dengan Mother Carmel untuk menyuplai anak-anak agar dilatih menjadi agen Cipher Pol. Kemudian, mereka menjalin kerja sama dengan Doflamingo dan Kaido untuk suplai senjata. Artinya, tidak ada yang mustahil jika World Government menjadikan Germa sebagai pasukan pribadi mereka untuk menghadapi berbagai hal. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana peran Germa di akhir cerita ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.