Tayang perdana pada tahun 80-an, sekarang Transformers sudah menjadi ikon pop culture yang sangat populer di seluruh dunia. Baik serial animasi, film live action, game, maupun komik, pada dasarnya premis utama Transformers menceritakan tentang pertempuran antara dua kelompok Cybertronian yang disebut Autobot dan Decepticon. Sementara Autobot digadang-gadang sebagai bangsa asli planet Cybertron, Decepticon justru diciptakan oleh Transformers pembangkang bernama Megatronus. Bagaimana semua itu bisa terjadi? Berikut ini kisah origin dan penjelasan kekuatan Megatronus di Transformers!

Megatronus, Prime yang Membangkang

Dalam mitologi Transformers, Megatronus Prime alias The Fallen awalnya adalah bagian dari Thirteen Primes yang diciptakan oleh Primus the Life-Bringer. Sebagai pencipta Transformers, Primus sebenarnya sengaja menciptakan tiga belas robot pertama tersebut untuk melindungi planet Cybertron dari kembaran jahatnya, Unicron the Chaos-Bringer. Anggota Thirteen sendiri terdiri dari Prima, Megatronus, Alpha Trion, Liege Maximo, Vector, Nexus, Solus, Alchemist, Amalgamous, Onyx, Micronus, Quintus, dan Optimus Prime. Singkat cerita, Thirteen terbukti mampu mengirim Chaos-Bringer ke dalam black hole.

Mirisnya, kesuksesan Thirteen ini justru malah melahirkan sebuah masalah baru, yang sebagian besar disebabkan oleh Megatronus. Alih-alih melanjutkan tugas yang diperintahkan Primus, Megatronus malah berbalik melawan para saudaranya dan mulai mengejar tujuannya sendiri. Di mana dia berambisi untuk menguasai semua makhluk hidup. Dari sinilah cikal bakal karakter Decepticon muncul, yaitu ambisius, angkuh, egois, serakah, brutal, serta merasa lebih baik dari orang lain. Semua sifat tersebut langsung mengukuhkan Megatronus sebagai Decepticon pertama di semesta Transformers.

Upaya pengkhianatan terbesar yang dilakukan oleh Megatronus adalah dengan bertempur melawan kedua belas saudaranya di Thirteen. Saking kuat dan jahatnya Megatronus, dia sampai tega membunuh Solus Prime, sebelum Prime yang tersisa berhasil meringkusnya. Sebagai hukuman atas perbuatannya, Megatronus akhirnya diasingkan ke dimensi alternatif. Megatronus yang masih memendam amarah, lantas bersumpah akan kembali untuk menghancurkan para Prime dan semua keturunannya, termasuk planet Cybertron dan Bumi yang jadi saksi bisu dari peristiwa pengkhianatan sekaligus kekalahannya.

Salah Satu Cybertronian Terkuat

Jutaan tahun kemudian, ketika satu-satunya Prime yang tersisa adalah Optimus Prime, Megatronus memang sempat beberapa kali menepati janjinya dengan kembali menyebabkan kekacauan di alam semesta. Dalam prosesnya, tidak jarang dia digambarkan sebagai Cybertronian tangguh yang bisa melawan Optimus dan para Autobot sendirian. Semua ini bisa dia lakukan, karena Megatronus pada dasarnya adalah seorang Prime yang diberkahi kekuatan besar dari Primus. Selain hebat dalam pertarungan tangan kosong, Megatronus juga dibekali sejumlah senjata mematikan, seperti meriam dan tombak.

Sama seperti Transformers lain, Megatronus juga mempunyai bentuk alternatif, di mana dia bisa berubah bentuk menjadi tank Cybertronian. Lengannya juga bisa berubah menjadi mata bor, yang memungkinkan dia menghancurkan para Autobot dan keturunan Prime lainnya dengan mudah. Yang lebih hebatnya lagi, Megatronus juga mempunyai kekuatan telekinesis yang terbukti mampu melemparkan Optimus hanya dengan kekuatan pikiran. Selain itu, dengan pengalamannya di dimensi alternatif, Megatronus juga telah mengembangkan kekuatan untuk berpindah dimensi lain saat hampir kalah.

Panutan Megatron dan Para Decepticon

Sepak terjang Megatronus di semesta Transformers memang tidak sebanyak dan seterkenal keturunannya di Decepticon, seperti Megatron, Shockwave, Starscream, dan sebagainya. Namun, faktanya dia adalah sumber inspirasi sekaligus pahlawan bagi para Decepticon, termasuk bagi Megatron yang sempat menggunakan nama Megatronus, sebelum menyingkatnya seperti sekarang. Meskipun hubungan mereka tidak dijelaskan secara detail, satu hal yang pasti, Megatronus dan Megatron adalah personifikasi mimpi buruk bagi Autobot dan juga alam semesta.

Itulah pembahasan tentang Magatronus, pendiri sekaligus Decepticcon pertama dalam sejarah Transformers. Dengan semua yang dimilikinya, mulai dari status Prime sampai kekuatan dahsyatnya, Megatronus jarang sekali diceritakan kalah telak seperti keturunannya, Megatron. Setiap kemunculannya bisa dibilang selalu menyebabkan kekacauan serta menimbulkan korban jiwa yang sangat besar, sebelum akhirnya dia sendiri memutuskan untuk mundur dan kembali pada masa depan. Hal inilah yang membuat Megatronus menjadi sosok yang legendaris, baik bagi Decepticon maupun Autobot.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.