Selama empat belas tahun terakhir, Marvel Studios telah merilis lebih dari 20 film MCU. Sebagian besar film-film tersebut berhasil berkat cerita dan pemilihan casting yang baik. Bukan rahasia lagi bahwa akting cemerlang juga menjadi peranan penting dalam sebuah film, baik akting dari sang pemeran utama, maupun bagi yang sedekar cameo. Nah berbicara tentang cameo, ada beberapa cameo kejutan yang muncul di MCU. Berikut adalah beberapa cameo kejutan yang pernah diperlihatkan. Apa saja?

Yvette Nicole Brown & Ken Jeong

Anthony dan Joe Russo adalah sutradara berbakat yang sudah menyutradarai 4 film MCU yaitu Captain America: The Winter Soldier, Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War, dan Avengers: Endgame. Tetapi jauh sebelum bergabung ke MCU, keduanya sudah sering menggarap series komedi seperti Community, Arested Development, dan Happy Endings. Nah menariknya, Russo Brothers pernah membawa 2 pemeran dari series komedi garapan mereka untuk tampil di MCU. Kedua pemeran tersebut adalah Nicole Yvette Brown dan Ken Jeong. Keduanya tampil sebagai cameo singkat di Avengers: Endgame. Ken Jeong menjadi cameo petugas keamanan, sementara Yvette tampil singkat dalam sebuah lift, di mana karakternya bertemu Tony Stark dan Steve Rogers.

Jaimie Alexander

Geeks masih ingat dengan karakter yang diperankan Jaimie Alexander bernama Lady Sif? Yap, karena jadwal syuting yang padat, Alexander tak bisa memerankan Lady Sif dalam film Thor: Ragnarok. Tetapi absennya Lady Sif di Thor: Ragnarok sepertinya menjadi berkah, karena Lady Sif tak harus berhadapan dengan Hela. Nah karakter Lady Sif kemudian melakukan cameo singkat dalam series Loki. Dia kembali untuk sebuah adegan lucu, yaitu saat Loki bertemu dengannya. Lady Sif tampak marah dan mengira bahwa Loki yang memotong rambutnya. Setelah itu, Lady Sif tak ragu memukul Loki.

Alfre Woodard

Dalam Captain America: Civil War, ada cameo singkat yang memperlihatkan aktris pemenang Emmy-Awward, Alfre Woodard. Dia memerankan seorang karakter bernama Miriam Sharpe, seorang ibu yang berduka atas kematian putranya saat peristiwa Avengers: Age of Ultron. Ketika itu, Sharpe bertemu dengan Tony Stark, dan menyalahkannya atas kematian sang anak. Walaupun penampilannya sangat singkat, tetapi penampilannya memberikan kesan mendalam. Menariknya itu bukan penampilan pertama Alfre Woodard di proyek Marvel. Karena sebelumnya dia adalah antagonis utama di musim kedua Luke Cage bernama Mariah Dillard.

J.K. Simmons

J.K. Simmons adalah aktor yang terikat erat dengan film Spider-Man. Bagaimana tidak? Dia sudah membintangi film Spider-Man sejak tahun 2002. Ketika itu, J.K. Simmons memerankan J. Jonah Jameson, pemimpin redaksi Daily Bugle. Simmons juga kembali memerankan karakter tersebut di dua sekuel Spider-Man. Nah menariknya, kita bisa melihat kembalinya Simmons dalam Spider-Man: Far From Home. Dalam credit scene Spider-Man: Far From Home, Simmons kembali tampil sebagai J. Jonah Jameson yang tengah membawa berita bahwa Spider-Man adalah sosok yang membunuh Mysterio. Dia juga mengungkap identitas asli Spider-Man yaitu Peter Parker. Setelah penampilan mengejutkannya tersebut, mudah-mudahan dia akan kembali di masa depan MCU.

Matt Damon, Sam Neill, Luke Hemsworth

Ada adegan di Thor: Ragnarok yang memperlihatkan saat para Asgardian membuat sebuah tontonan drama. Sebenarnya tontonan tersebut adalah tipu muslihat Loki untuk memuji dirinya sendiri, sambil menyamar sebagai Odin. Tetapi menariknya dalam adegan tersebut, kita bisa melihat cameo Matt Damon, Sam Neill, dan Luke Hemsworth. Ketiganya menjadi pemeran Loki, Odin, dan Thor. Nah menariknya, ketiga aktor tersebut kembali besama Melissa McCarthy, di mana McCarthy menjadi pemeran Hela, dan mereka tampil dalam film Thor: Love and Thunder.

Stan Lee

Geeks tentunya sudah tahu bahwa Stan Lee sering tampil sebagai cameo, di sepanjang film-film MCU. Buat Geeks yang belum tahu, Stan Lee adalah kreator dari komik-komik Marvel dan kreator karakter beken seperti Iron Man, Daredevil, dan Hulk. Tetapi nih Geeks, di antara penampilannya sebagai cameo, penampilan Stan Lee di Guardians of the Galaxy Vol. 2 sepertinya menjadi yang paling momumental. Ketika itu, Stan Lee memerankan seorang astronot yang tengah bersama dengan The Watcher. Nah menariknya, karena Stan Lee terlalu banyak berbicara, The Watcher pun tak tahan dan meninggalkannya sendiri.

Charlie Cox

Mungkin inilah cameo paling heboh, yang kemunculannya membuat banyak penggemar terkejut. Dalam film Spider-Man: No Way Home, kita diperlihatkan cameo kejutan dari Charlie Cox. Cox kembali memerankan Daredevil alias Matt Murdock. Kemunculannya seolah mengkonfirmasi bahwa series Daredevil dan Spider-Man: No Way Home saling terhubung. Dalam adegan singkat, Matt Murdock mencoba membantu Peter Parker untuk menyelesaikan masalahnya. Karakternya juga sempat beraksi dengan menangkap bongkahan batu bata yang dilempar dari luar rumah. Peter Parker yang melihat kejadian tersebut tampak terkejut dengan yang dia lakukan.

Itulah beberapa cameo kejutan yang pernah tampil di MCU. Walaupun para cameo tersebut tidak memberikan dampak apapun terhadap jalannya cerita, tetapi sangat menarik untuk melihat kemunculan mereka. Kita tunggu aja ya Geeks cameo apalagi yang akan dihadirkan di MCU nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/