Jika dibandingkan dengan karakter DC lain, mungkin bisa dibilang Bruce Wayne alias Batman adalah superhero yang mempunyai basis penggemar terbesar di seluruh dunia. Di mana para penggemarnya mencintai semua aspek yang ada pada dirinya, termasuk statusnya sebagai manusia biasa. Meskipun mempunyai keterbatasan, tetapi karena kekayaannya yang tidak terbatas serta otaknya yang sangat kreatif, Batman selalu berhasil menciptakan berbagai armor canggih. Menariknya, beberapa di antaranya bahkan terkenal mempunyai ukuran yang masif layaknya raksasa, seperti 5 armor Batman berikut ini!

Batman Mech

Mech suit milik Batman ini pertama kali diperkenalkan oleh DC melalui komik DC Mech yang baru rilis pada bulan Juli lalu. Sesuai dengan namanya, Mech suit sendiri adalah armor Batman yang mempunyai ukuran raksasa layaknya mecha di berbagai media lain. Kemunculan armor ini bermula saat pasukan Parademon raksasa berhasil membunuh para anggota Justice League karena ukurannya yang sangat masif. Sejak saat itulah para superhero yang tersisa termasuk Batman, memilih untuk menciptakan sekaligus mengenakan Mech suit yang mempunyai kekuatan super seperti para pilotnya.

Final Batsuit

Armor Batman terakhir yang terkenal mempunyai ukuran raksasa adalah Final Batsuit yang pertama kali diceritakan di komik Justice League Vol. 4 #24 (2019). Armor yang kekuatan dan wujudnya tidak masuk akal ini dibuat oleh Batman menggunakan Element X, elemen paling langka dan paling kuat di multiverse DC. Dengan armor yang membuatnya seperti dewa ini, konon Batman bisa ‘menulis ulang’ multiverse sesuai dengan keinginannya. Selain itu, armor ini juga terbukti mampu mengendalikan gravitasi, merasakan bahaya lebih awal, memanipulasi materi sampai ke tingkat molekul, mengendalikan pikiran orang lain, dan juga menciptakan portal ke dimensi atau universe lain.

Castle Bat

Muncul pertama kali di komik Dark Nights: Death Metal #5 (2020), Castle Bat adalah armor raksasa yang diciptakan oleh varian Batman jahat dari Dark Multiverse. Semuanya bermula setelah kematian para Bat-Family membuat Batman memutuskan untuk mengadakan perjanjian dengan iblis demi mendapatkan kekuatan. Setelah mengorbankan anaknya, Damian Wayne, Batman akhirnya bisa ‘bergabung’ dengan Kota Gotham untuk membentuk armor raksasa yang dilengkapi dengan berbagai persenjataan canggih. Dengan kata lain armor Castle Bat ini bisa disebut juga sebagai ‘markas berjalan’ yang sangat mematikan.

Batcavatron

Tidak jauh berbeda dengan Castle Bat, Batcavatron adalah armor raksasa lainnya yang sengaja diciptakan oleh Batman untuk mengalahkan musuhnya. Pertama kali diceritakan di komik Old Lady Harley (2019), kemunculan armor ini bermula saat Batman merasa tidak mampu mengalahkan Joker yang diceritakan telah berhasil menguasai Gotham, Bludhaven, dan kota-kota lain di sekitarnya. Untuk mengatasi hal tersebut dia lantas mengorbankan dirinya untuk bergabung dengan Batcave yang bisa berubah menjadi robot sebesar gunung. Yang lebih hebatnya lagi, armor ini dilengkapi dengan sejumlah senjata berat, seperti rudal dan juga laser yang dapat menghacurkan tubuh manusia dengan mudah.

Justice Buster

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Batman adalah superhero genius yang penuh dengan perhitungan. Di mana dia memiliki banyak rencana cadangan untuk menghadapi para musuhnya, termasuk untuk para sahabatnya di Justice League jika seandainya mereka menjadi jahat. Salah satu rencana cadangan yang Batman ciptakan untuk mengalahkan Justice League adalah armor raksasa Justice Buster. Armor yang ukurannya setinggi gedung dua tingkat ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih nan kuat. Mulai dari sensor yang bisa mendeteksi sekaligus memprediksi pergerakan Flash, sampai pemancar yang bisa mengluarkan efek Red Sun untuk melemahkan Superman.

Itulah 5 armor raksasa milik Batman yang pernah diperkenalkan oleh DC Comics kepada para penggemar. Dari ukurannya saja sudah cukup jelas bahwa armor ini mempunyai tempat khusus di antara koleksi Batman. Karena untuk yang terkecilnya saja, yaitu Justice Buster, mempunyai ukuran yang lebih tinggi dari rumah pada umumnya. Sedangkan yang terbesar, yaitu Castle Bat, membuat para musuh yang ingin mengalahkannya tampak seperti serangga. Yang lebih hebatnya lagi, selain besar, semua armor ini juga dibekali dengan berbagai fitur canggih yang membuatnya lebih kuat dari armor Batman lainnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.