Dengan berakhirnya Fase 4 MCU, sekarang perhatian semua penggemar tertuju pada film pertama Fase 5 mendatang, yaitu Ant-Man and the Wasp Quantumania. Alasan mengapa film solo ketiga Ant-Man ini sangat diantisipasi adalah karena big bad sekelas Kang the Conqueror sudah dipastikan akan terlibat juga di dalam kisahnya. Selain Kang, sebenarnya ada satu villain lagi yang membuat banyak penggemar makin tidak sabar. Dia adalah MODOK, yang belakangan ini sering terlihat di bocoran Quantumania.

Yang lebih membuat orang penasaran dengan sosok MODOK di MCU ini adalah karena penampilannya yang sangat berbeda dengan versi komik. Di mana berbagai bocoran Quantumania telah mengungkap bahwa MODOK akan hadir dengan tubuh yang sepenuhnya mekanik, tidak seperti di komik yang sebagiannya masih terlihat seperti ‘manusia’. Dari sinilah muncul teori bahwa MODOK sebenarnya adalah villain yang sudah pernah diperkenalkan sebelumnya, tetapi yang sekarang tersisa hanyalah kesadarannya saja. Dan sosok villain yang dimaksud adalah Darren Cross alias Yellowjacket.

Yellow Jacket Berpotensi Eksis di Quantum Realm

Untuk mengingat kembali siapa Yellowjacket, kita harus mundur agak jauh ke Fase 2 MCU, di mana dia melakukan debutnya di film Ant-Man pertama. Rilis perdana pada tahun 2015, film solo pertama Ant-Man becerita tentang perubahan karakter Scott Lang, dari yang awalnya dikenal sebagai pencuri, sampai akhirnya menjadi salah satu superhero terbaik MCU. Dalam petualangannya, Scott diceritakan mendapatkan kostum Ant-Man yang sebelumnya dimiliki oleh Hank Pym. Pada titik inilah kehidupannya mulai berubah, khususnya saat dia bertemu dengan Darren Cross yang ingin membunuhnya.

Alasan mengapa Darren sangat ingin membunuhnya adalah karena Scott telah menggagalkan semua rencananya saat akan menjual kostum Yellowjacket kepada HYDRA dan Ten Rings. Dengan penuh dendam, Darren lantas memutuskan untuk mengenakan kostumnya sendiri dan mencoba membunuh Scott beserta keluarganya. Singkat cerita mereka berdua bertarung sebagai Ant-Man vs Yellowjacket. Di mana pertarungan yang banyak melibatkan elemen Pym Particle tersebut berakhir dengan kekalahan Yellowjacket yang akhirnya menyusut sampai ke tingkat sub-atomik.

Kita semua mungkin awalnya percaya bahwa Yellowjacket benar-benar mati setelah film Ant-Man tersebut. Namun, setelah rumor MODOK di Quantumania tersebar, tidak sedikit yang berpikir mungkin saja dia sebenarnya adalah Yellowjacket yang masih hidup dalam keadaan terjebak di Quantum Realm untuk waktu yang lama. Karena seperti yang kita tahu, saat seseorang menyusut sampai ke tingkat sub-atomik, orang tersebut bisa mengakses Quantum Realm yang ukurannya lebih kecil dari partikel debu. Jika benar, ada kemungkinan MODOK dan Yellowjacket adalah orang yang sama, yaitu Darren Cross.

Kang Ubah Yellow Jacket Jadi MODOK

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana Darren bisa menjadi MODOK? Bisa saja saat masuk ke Quantum Realm dalam keadaan terluka parah, Darren bertemu dengan Kang the Conqueror yang telah lama menguasai universe mini tersebut. Kang yang melihat potensi Darren lantas memutuskan untuk menyelamatkannya. Namun, karena tubuhnya sudah tidak bisa lagi diselamatkan, Kang akhirnya hanya memindahkan kesadaran Darren ke sebuah tubuh mekanik. Pada titik inilah Darren bisa terlahir kembali sebagai villain baru bernama MODOK.

Sebagai karakter yang terkenal licik, tentu saja Kang melakukan itu semua bukan tanpa imbalan. Di sisi lain Kang sebenarnya berharap MODOK bisa memberinya banyak informasi tentang dunia luar, termasuk bagaimana dia masuk ke Quantum Realm dengan Pym Particle. Selain itu, mengingat di kehidupan sebelumnya MODOK adalah seorang ilmuwan bergelar master, mungkin Kang ingin memanfaatkan kecerdasannya. Misalnya menyuruh MODOK untuk memperkuat pasukannya sekaligus menciptakan berbagai macam persenjataan canggih, seperti yang terlihat di trailer Quantumania.

Peran Besar MODOK di Quantumania

Jika semua teori ini benar, sangat mungkin bagi MODOK untuk muncul sebagai villain yang mempunyai peran besar di Quantumania. Di filmnya nanti dia bisa saja muncul sebagai panglima perang Kang yang masih dendam kepada Ant-Man. Sehingga ketika Ant-Man kembali ke Quantum Realm, MODOK akan langsung berusaha membalaskan dendam sebelumnya, entah sebagai villain kedua setelah Kang atau malah villain utamanya.

Kang yang diperlihatkan di trailer Quantumania bisa saja dimaksudkan untuk menyembunyikan sosok MODOK. Sedangkan tujuan utamanya di film pertama Fase 5 MCU ini hanyalah Pym Particle, karena mungkin dia juga sebenarnya terjebak di Quantum Realm. Itulah mengapa Kang menyelamatkan Darren alias MODOK, karena sejak awal dia sangat menginginkan Pym Particle. Sekarang dengan adanya Ant-Man, Kang tidak terlalu peduli lagi dari siapa dia bisa mendapatkannya. Sehingga nantinya ketika Ant-Man dan MODOK kembali bertarung, Kang akan cenderung membiarkan mereka.

Itulah pembahasan tentang teori peran MODOK di film Ant-Man Quantumania. Tentunya selain yang sudah disebutkan di atas, ada lebih banyak lagi karakter yang akan memeriahkan filmnya, seperti Wasp, Hank Pym, Janet van Dyne, dan anak Scott yang bernama Cassie Lang. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya, saat film Ant-Man and the Wasp Quantumania tayang pada tanggal 17 Februari 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.