dahsyatan kekuatan Haki dari Monkey D. Garp mungkin jadi cara untuk bisa kalahkan sosok Blackbeard sekaligus menjadi momen untuk menyelamatkan Koby yang diculik oleh sang bajak laut. Monkey D. Garp adalah pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy.

Monkey D. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece. Meskipun tidak terlalu banyak informasi tentang masa lalu Garp yang terungkap, namun dia tetap menjadi salah satu karakter favorit para fans. Salah satu yang luar biasa dari sosok Garp adalah dia diketahui memiliki kemampuan Haki yang sangat dahsyat. Lalu, seberapa hebat kekuatan Haki dari Garp?

Pemilik Armament Haki Terkuat

Dalam cerita One Piece saat ini, Geeks mungkin mengenal sosok Shanks sebagai karakter yang diketahui memiliki kekuatan Haki paling dahsyat. Kekuatan Haki Shanks bahkan diakui oleh banyak orang. Meskipun begitu, sebelum Shanks menjadi seperti sekarang Garp adalah salah satu pengguna kekuatan Haki paling hebat di seri One Piece, terutama Armament Haki.

Kedahsyatan Armament Haki dari Garp terbukti di beberapa peristiwa dalam sejarah One Piece. Misalnya, pada 38 tahun yang lalu, Garp pernah menghadapi kelompok bajak laut Rocks dalam sebuah insiden bersejarah yaitu insiden God Valley. Rocks sendiri adalah bajak laut yang diketahui paling kejam dan mengerikan di seluruh dunia. Garp berhasil mengalahkannya, meskipun memang ada bantuan dari Roger.

Selain berhasil mengalahkan Rocks, bukti kedahsyatan Haki Garp lainnya adalah dia juga sudah sering bertarung dengan Gol D. Roger. Sejauh ini, tidak diketahui apakah ada yang pernah menang atau kalah dalam pertarungan mereka. Namun, bagaimana Roger percaya terhadap Garp seperti halnya terhadap Whitebeard, memberikan petunjuk jika level kekuatan keduanya setara. Sehingga wajar Garp menjadi angkatan laut terkuat.

Bukti kekuatan Haki Garp lainnya adalah dia mampu mengalahkan Don Chinjao yang memiliki nilai buruan sebesar 500.000.000 Belly hanya dengan satu pukulan saja. Don Chinjao terkenal karena kemampuan Armament Haki miliknya, yang mana dia mampu menghancurkan sebuah pulau hanya dengan menggunakan kepalanya. Sebelum menghadapi Chinjao, Garp sempat menghancurkan ratusan gunung untuk berlatih.

Dan bukti yang paling baru adalah bagaimana dia bisa saja habisi Akainu dalam pertempuran di Marineford. Bagaimana Sengoku menahan Garp agar tidak bergerak, selain juga mencegah agar situasi semakin tidak kacau, Sengoku tahu jika Garp mampu untuk mengalahkan dan menghabisi Akainu saat itu. Semua bukti-bukti di atas menggambarkan betapa mengerikannya kekuatan Haki dari Garp.

Akan Bangkitkan Conqueror Haki?

Sampai sejauh ini, Eiichiro Oda memang masih belum memberikan petunjuk mengenai apakah Garp memiliki kemampuan Haki lain selain Armament Haki. Di sepanjang serinya, Oda lebih sering menghadirkan Garp dengan kemampuan Armament Haki. Namun, kita masih belum tahu apakah Garp juga memiliki kemampuan Observation Haki atau Conqueror Haki.

Meskipun begitu, bisa jadi sebenarnya Garp memiliki Conqueror Haki dalam dirinya namun belum bisa ditampilkan. Hal ini melihat kualitas Garp sebagai sosok yang karismatik, sehingga rasanya cukup masuk akal jika kemudian Garp memiliki kemampuan Haki tersebut. Bisa jadi, Oda baru akan memperlihatkan kemampuan Conqueror Haki milik Garp dalam pertarungannya melawan Blackbeard.

Dalam chapter 1071, terungkap bagaimana Garp kemudian pergi ke pangkalan angkatan laut G-14 untuk menjemput Helmeppo sekaligus meminta armada kepada wakil admiral Doll. Garp hendak pergi ke pulau Beehive untuk menyelamatkan Blackbeard. Pertarungan antara Garp menghadapi Blackbeard jadi salah satu pertarungan yang dinantikan oleh para fans.

Di sisi lain, ini juga bisa jadi momen bagi Oda Sensei untuk memperlihatkan seperti apa kekuatan sebenarnya dari Garp. Dan dalam momen ini juga Oda bisa memberikan penjelasan jika dia sebenarnya memiliki kemampuan Haki lainnya selain Armament, yang mana ini akan semakin mengukuhkan reputasi Garp sebagai karakter dahsyat dengan kemampuan Haki.

Mampukah Garp Kalahkan Blackbeard?

Meskipun belum ada jawaban pastinya, namun peluang Garp untuk bisa kalahkan Blackbeard cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang mendukung hal ini, misalnya yang pertama adalah jelas Garp merupakan pengguna Haki yang hebat. Kekuatan Haki dari Garp jelas tidak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa kita lihat dari berbagai bukti-bukti yang ada di sepanjang serinya.

Kemudian, kita juga tahu jika Blackbeard memiliki kelamahan dengan kemampuan Haki. Artinya, Garp memiliki peluang untuk bisa mengalahkan Blackbeard dan menyelamatkan Koby. Meskipun begitu, Garp juga perlu mewaspadai level kekuatan Blackbeard yang jelas tidak main-main. Seperti yang kita ketahui, Blackbeard sangat kuat dengan dua kekuatan buah iblis yang dia miliki.

Bahkan, Trafalgar Law pun mengalami kesulitan untuk menghadapi Blackbeard seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya. Karena itulah, jika Garp pun terlalu menganggap remeh Blackbeard bukan tidak mungkin jika situasi justru akan berbalik. Silvers Rayleigh pun mengakui jika Blackbeard adalah sosok yang kuat, sehingga Garp perlu mengerahkan semua kekuatannya untuk bisa mengalahkan Blackbeard. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kedahsyatan kekuatan kekuatan sebenarnya dari Garp dalam pertarungan melawan Blackbeard.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.