Power Rangers adalah waralaba superhero live action Amerika yang semua elemennya mengadaptasi tokusastu Jepang Super Sentai. Selama lebih dari dua dekade, waralaba yang diproduksi oleh Saban Entertainment ini telah menjadi salah satu ikon pop culture populer di seluruh dunia. Di mana hampir setiap tahunnya selalu ada judul Power Rangers baru yang memperkenalkan lebih banyak lagi Ranger favorit penggemar. Namun, tahukah kalian bahwa dari sekian banyak Power Rangers, ada 5 Ranger rahasia yang diciptakan khusus oleh Saban dan sama sekali tidak mengadaptasi materi asli Super Sentai. Penasaran? Simak daftarnya di bawah ini. It’s Morphing Time!

Titanium Lightspeed Ranger

Tidak seperti kebanyakan kisah Power Rangers yang mengadaptasi Super Sentai, Ranger rahasia yang satu ini justru hanya muncul di serial Power Rangers Lightspeed Rescue (2000). Karakter bernama asli Ryan Mitchell ini hadir sebagai Ranger keenam berwarna titanium, padahal di versi Jepangnya yang berjudul Kyuukyuu Sentai GoGoFive hanya ada lima Ranger dengan warna tradisional. Ranger yang awalnya muncul sebagai villain ini akhirnya bergabung dengan tim Lighspeed Rescue. Di mana dia mempunyai Zord sendiri yang disebut Max Solarzord, yang juga tidak ada veris Kyuukyuu Sentai GoGoFive.

Bat Spirit Ranger

Power Rangers rahasia selanjutnya yang muncul secara eksklusif di serial Jungle Fury Rangers (2008) adalah Bat Spirit Ranger. Sesuai dengan namanya, Ranger ini awalnya hanya berbentuk Zord Bat Animal Spirit. Namun ketika mentor Fury Rangers bernama Master Swoop atau Fury Ranger Biru memanggilnya, Bat Animal Spirit tersebut bisa berubah menjadi Bat Spirit Ranger yang dapat dimanfaatkan untuk membantu misi. Meskipun serialnya mengadaptasi Juken Sentai Gekiranger dari Jepang, tetapi sosok Bat Spirit ini hanya bisa kita lihat di Jungle Fury Rangers saja.

Elephant Spirit Ranger

Satu paket dengan Bat dan Shark Spirit, Elephant Spirit Ranger juga bisa dibilang sebagai Power Rangers rahasia yang hanya muncul di serial Jungle Fury Rangers. Sama seperti para saudaranya, pada dasarnya Elephant Ranger juga adalah Zord Animal Spirit. Bedanya, dia hanya bisa dipanggil Master Phant atau Fury Ranger Kuning. Jika tidak dibutuhkan dalam pertarungan langsung, Elephant Ranger biasanya hanya memperlihatkan diri dalam bentuk Zord gajah berwarna hijau, yang bisa berubah menjadi senjata gada raksasa bagi Jungle Pride Megazord atau Jungle Master Megazord milik para Fury Rangers.

Shark Spirit Ranger

Sama seperti Bat dan Elephant, Bat Ranger pada dasarnya adalah Zord Animal Spirit yang berbentuk hiu berwarna biru muda. Sebagai Ranger rahasia yang hanya muncul di Jungle Fury Rangers, dia juga bisa berubah menjadi Shark Ranger yang akan membantu para Fury Rangers ketika dibutuhkan. Di mana dia mendapatkan senjata warisan dari Fury Ranger Merah yang berbentuk pedang hiu. Saat dalam bentuk Zord hiu, Shark Spirit bisa berubah menjadi pedang ganda bagi Jungle Pride atau Jungle Master Megazord. Sama seperti para saudaranya, Shark Ranger juga tidak pernah muncul di versi Jepangnya, Juken Sentai Gekiranger.

Dino Charge Graphite Ranger

Siapa sangka ternyata karakter sekeren Graphite Ranger di serial Power Rangers Dino Charge (2015) ternyata tidak pernah muncul di versi Jepangnya yang berjudul Zyuden Sentai Kyoryuger. Perlu kita catat juga bahwa Ranger rahasia berwarna graphite ini bukanlah Dino Charge Abu-Abu yang muncul di versi Kyoryuger. Graphite Ranger adalah karakter baru yang hanya muncul di versi Amerika. Di mana karakter bernama asli Prince Philip III ini baru menjadi Dino Ranger kedelapan setelah dipilih langsung oleh Energem. Sama seperti Ranger lain, Graphite Ranger juga memiliki Zord-nya sendiri, yang berbentuk pachyosaurus dan bisa menjadi Megazord ketika bergabung dengan Zord lain.

Itulah 5 Ranger Rahasia yang hanya muncul di waralaba Power Rangers Amerika. Sayangnya Kelima Ranger ini tidak mempunyai penampilan sebanyak Ranger lain yang mengadaptasi Super Sentai. Mungkin alasannya karena mereka tidak mempunyai materi sebanyak Ranger lain. Walaupun begitu, dengan kemunculan mereka di serial Power Rangers, mainan dari kelima Ranger rahasia ini bisa dibilang cukup laris dan populer dikalangan penggemar. Sepertinya sejak awal memang kemunculan mereka dimaksudkan untuk mendongkrak penjualan mainan Power Ranger yang juga diproduksi oleh Saban.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.