Mungkin tidak banyak dari Geeks yang tahu jika Power Rangers memiliki warna-warna yang dianggap langka yang digunakan oleh para Rangers dalam serinya. Warna-warna langka dari para Rangers ini memang baru muncul di era modern, di mana pihak rumah produksi memberikan nuansa yang baru bagi para fans. Hal ini tentunya menjadi keunikan tersendiri bagi franchisenya.

Seperti yang Geeks ketahui, Power Rangers adalah kelompok pahlawan yang bertugas untuk melindungi bumi dari berbagai ancaman alien jahat. Mereka berjumlah lima orang dan biasanya mereka diwakili oleh lima warna; merah, hijau, biru, kuning, dan merah muda (pink). Sering juga kita melihat warna lain yang sering muncul, yaitu Ranger Putih atau Hitam. Namun, terdapat juga beberapa warna baru yang para Rangers miliki yang dianggap langka atau jarang terjadi.

Gold Ranger – Power Rangers Zeo

Power Rangers Zeo adalah sekuel dari Mighty Morphin Power Rangers setelah seri tersebut mendulang kesuksesan besar di Amerika. Sebagian besar anggota Mighty Morphin kembali di seri Zeo, dengan menggunakan kostum dan warna yang baru. Contohnya adalah Tommy Oliver yang tidak lagi menggunakan kostum Ranger Putih dan menggunakan Ranger Merah di seri Zeo ini.

Yang menarik adalah serinya kemudian memperkenalkan anggota keenam dari Rangers, yaitu Trey of Triforia. Dia adalah karakter pertama di franchise Power Rangers yang menggunakan kostum berwarna emas. Jason Scott, sosok pengguna Ranger Merah di seri Mighty Morphin, kemudian jadi sosok kedua yang menggunakan kostum Ranger Emas di seri Zeo. Tetapi, uniknya adalah meskipun namanya adalah Ranger Emas, warna kostumnya sendiri didominasi oleh hitam.

Silver/Perak Ranger – Power Ranger in Space

Seri Power Rangers in Space bisa dianggap sebagai puncak kesuksesan dari franchise Power Rangers. Serinya memperlihatkan bagaimana para Rangers bertarung menghadapi kekuatan alien seperti sosok monster Dark Specter dan juga penerusnya, Andromeda. Fokus cerita di serinya juga sudah mulai bergeser, di mana tidak lagi menghadirkan cerita tentang remaja.

Power Rangers in Space menghadirkan tone cerita yang lebih dewasa dengan masalah yang muncul juga jauh lebih kompleks. Serinya juga memperkenalkan sosok Ranger baru yang memiliki warna unik yaitu Zhane. Dia adalah Ranger pertama yang menggunakan warna perak atau Ranger Silver. Level kekuatan Zhane sangat dahsyat, bahkan ketika seluruh Space Rangers bersatu.

Titanium Ranger – Power Rangers Lightspeed Rescue

Ryan Mitchell merupakan salah satu karakter yang menarik dan juga tragis di sepanjang seri Power Rangers. Hal ini karena cerita masa lalunya yang menyedihkan. Ketika dia masih kecil, Ryan dan keluarganya harus mengalami sebuah kecelakaan mobil. Untuk menyelamatkan nyawa Ryan, Captain Mitchell, ayah dari Ryan, kemudian membuat kesepakatan dengan sang villain, Diabolico.

Ryan kemudian tumbuh dengan membenci ayahnya dan Power Rangers. Dia bahkan mencuri Titanium Morpher milik ayahnya dan menjadi Titanium Lightspeed Ranger yang pertama. Ryan kemudian menjadi sosok antagonis diserinya, sampai kemudian dia berubah menjadi sosok yang baik seperti halnya Tommy Oliver. Dia bahkan kemudian jadi anggota keenam dari Lightspeed Ranger. Seperti halnya Ranger Emas, Ranger Titanium sendiri merupakan sebuah kombinasi desain dengan warna silver atau perak yang mendominasi.

Crimson dan Navy Ranger – Power Rangers Ninja Storm

Setelah orang tua angkat mereka meninggal, Hunter dan Blake Bradley kemudian belajar dan berlatih di Thunder Ninja Academy. Lothor, antagonis utama di seri Power Rangers Ninja Storm, kemudian meyakinkan kedua saudara tersebut jika para Wind Rangers yang bertanggung jawab atas kematian kedua orang tuanya. Mereka berdua pun kemudian berubah menjadi Crimson (merah tua) dan Navy (biru tua) Thunder Rangers.

Kedua Rangers ini terbukti jauh lebih dahsyat dan lebih kuat dari ketiga Wind Rangers. Namun, beruntung, keduanya kemudian mulai menyadari kebohongan Lothor dan memutuskan untuk bergabung dengan para Wind Rangers. Sebenarnya, Crimson dan Navy Rangers ini merupakan “variasi” dari Ranger merah dan biru dengan warna yang cenderung lebih gelap. Hunter dan Blake jadi satu-satunya dan karaketr terakhir yang menggunakan warna ini.

Orange Ranger – Power Ranger S.P.D.

Sebenarnya, ada perdebatan apakah karakter Ranger ini memang benar-benar bagian dari Power Ranger. Pasalnya, sebagian fans ada yang menganggap jika Boom adalah Orange Ranger. Sedangkan, sebagian lainnya tidak menganggap jika dia adalah bagiandari Power Ranger. Boom merupakan karakter pertama di franchise ini yang mengenakan kostum berwarna jingga/orange.

Orange Ranger jadi satu-satunya warna Ranger yang sangat jarang, karena biasanya warna ini hanya digunakan di satu episode atau cerita saja. Selain itu, warna ini juga hanya digunakan di satu orang saja yaitu Emi, The Orange Solar Ranger. Dalam versi lain, sebenarnya ada beberapa karakter yang sempat menggunakan kostum warna ini. Misalnya, Skull dan juga Boom serta Kat. Tyler Rinker, seorang anak yang memiliki mimpi menjadi seorang Power Ranger, berhasil mewujudkan mimpinya setelah pihak BOOM! Studios bekerja sama dengan badan amal, Make-A-Wish.

Purple Ranger – Power Ranger Dino Charge

Power Ranger Dino Charge jadi salah satu seri Power Ranger yang mulai memasuki era modern, dengan berbagai hal baru coba disuguhkan dalam serinya. Menghadirkan warna baru para Ranger jadi salah satunya. Albert Smith merupakan Ranger pertama yang menggunakan kostum berwarna ungu. Sebenarnya, Wolf Ranger dari seri Power Rangers Jungle Fury pernah juga mengenakan kostum berwarna ungu.

Selain itu, ada juga sosok karakter lainnya yang pernah menggunakan warna abu-abu yang mungkin tidak banyak orang sadari yaitu Bulk. Karakter ini adalah salah satu antagonis yang berasal dari era Mighty Morphin. Dia kemudian menjadi sosok Purple Ranger dalam versi komik. Meskipun begitu, Purple Ranger yang resmi pertama adalah Albert Smith. Albert kemudian mewariskan kostum tersebut kepada Kendall Morgan.

Graphite Ranger – Dino Charge

Warna kostum Ranger baru lainnya yang diperkenalkan di seri Power Rangers Dino Charge adalah Graphite. Lagi-lagi, sebenarnya ini merupakan variasi dari warna abu-abu dengan warna yang cenderung lebih muda atau cerah. Karakter yang menggunakan kostum warna ini adalah Pangeran Phillip. Dia adalah sosok pangeran kaya dari sebuah negara bernama Zandar. Pertemuannya dengan para Dino Charge membuatnya terinspirasi untu jadi bagian dari mereka.

Sayangnya, sikapnya yang sombong membuat Energem, sumber kekuatan para Dino Charge, tidak bisa menyatu dengan Phillip. Namun, dengan kerja keras dan determinasi yang dia perlihatkan pada akhirnya dia membuktikan jika dia bisa jadi sosok yang baik. Dan pada akhirnya, Phillip berhasil menghilangkan sikap negatifnya tersebut dan menjadi bagian dari Dino Charge.

Aqua Ranger – Power Rangers Dino Charge

James Navarro jadi karakter pertama di franchise Power Rangers yang menjadi Aqua Ranger. Warnanya yang lebih terang dan mencolok membuatnya sangat berbeda dari Blue Ranger. Setelah menjelajahi sebuah gua dengan seorang temannya, Rusty, James harus mengalami nasib buruk di mana dia terjebak di dalamnya. Hal ini terjadi akibat gua tersebut tiba-tiba kolaps.

James berhasil menyelamatkan nyawa rekannya dengan mendorongnya jauh dari reruntuhan. Tanpa dia sadari aksi tersebut justru mengaktifkan kekuatan Energem yang ada di sekitarnya. Energem tersebut kemudian menganggap jika James adalah sosok yang pantas untuk jadi seorang Ranger. Setelah menyatu, James kemudian menjadi Aqua Ranger dan jadi bagian dari Dino Charge.

Dengan banyaknya cerita, episode, cast, dan seri yang muncul selama lebih dari 30 tahun, jelas para fans banyak yang lebih ingat dengan para Rangers yang memiliki “warna dasar”. Tetapi, dalam perkembangannya, terdapat juga beberapa warna baru yang muncul yang digunakan oleh para Ranger. Yang menariknya adalah warna-warna Ranger ini bisa dibilang jarang, karena tidak banyak yang menggunakannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.