Pada tahun 1984, James Cameron menciptakan sebuah franchise ikonik bernama Terminator yang menceritakan upaya manusia untuk menghentikan Skynet, yang telah memusnahkan dunia menggunakan robot-robot mengerikannya. Walau memiliki plot yang sederhana, tetapi franchise Terminator terbukti sukses besar.

Cameron pun tak ragu untuk melebarkan franchise Terminator dengan membuat beberapa sekuel. Tetapi ternyata ada penyesalan dalam diri Cameron setelah membuat franchise tersebut.

Saat melakukan sesi wawancara dengan Esquire, James Cameron mengungkap rasa penyesalannya membuat franchise Terminator. Cameron mengakui bahwa dia membuat Terminator dari kesukaannya terhadap senjata. Tetapi dari situlah dia menyadari bahwa senjata justru menjadi alat yang bisa membahayakan semua orang.

“Saya melihat kembali beberapa film yang telah saya buat, dan saya tidak tahu apakah saya ingin membuat film itu sekarang. Saya tidak tahu apakah saya (sekarang) ingin memuja senjata, seperti yang saya lakukan di beberapa film terminator 30 tahun lalu, di dunia kita saat ini. Apa yang terjadi dengan senjata-senjata di masyarakat kita sekarang membuat perut saya mual.” Ungkap Cameron.

Seperti yang kita ketahui di beberapa film Terminator, karakter tituler yang diperankan Arnold Schwarzenegger sangat mengagumi persenjataan dan dia menghabiskan waktunya untuk membersihkan senjata-senjata tersebut. Dia juga menggunakan senjata untuk berbagai tujuan, baik untuk membunuh Sarah Connor atau melindungi putranya, John.

Lewat apa yang diungkap James Cameron, di merasa bahwa film Terminator mengajarkan bahwa senjata adalah segalanya. Dan di masa sekarang, senjata justru sering disalah gunakan. Kita bisa melihat berbagai peristiwa penembakan massal yang terjadi di Amerika Serikat setiap tahun.

Itulah yang menjadi kegelisahan James Cameron. Di film terbaru James Cameron berjudul Avatar: The Way of Water, Cameron juga masih menghadirkan banyak senjata, khususnya bagi para manusia, saat menaklukan planet Pandora. Rasanya penggunaan senjata dalam film aksi menjadi sesuatu yang wajar. Senjata dan film aksi menjadi satu paket yang tidak bisa dipisahkan.

Baru-baru ini, James Cameron pun telah berencana untuk melakukan reboot pada Terminator. Dia lebih memilih untuk lebih berfokus pada AI dari Skynet, daripada formula lama yang menampilkan robot jahat melawan manusia, yang berarti akan mengurangi banyak adegan tembak-menembak. Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/