Di Marvel Universe, kita sudah dikenalkan dengan ratusan karakter, yang masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekuatannya tersendiri. Contohnya Thor yang memiliki kemampuan mengendalikan Mjolnir, Namor dengan kemampuan airnya, hingga Skrull yang mampu mengubah bentuk fisiknya menjadi siapapun. Tetapi di antara para karakter yang sudah dikenalkan, ada beberapa karakter kosmik yang kekuatannya bisa mengancam universe Marvel. Siapa saja karakter tersebut? Simak berikut ini!

Phoenix Force

Phoenix Force adalah representasi dari penciptaan dan kehancuran. Dia juga salah satu makhluk tertua di alam semesta Marvel. Kekuatannya sangat dahsyat, sampai-sampai Phoenix Force mampu menghancurkan dan membentuk kembali alam semesta sesuai keinginannya. Phoenix Force memiliki sejarah panjang dengan mutan. Contohnya bagaimana Phoenix Force mempengaruhi Namor untuk membumi hanguskan Wakanda. Dalam kejadian tersebut, banyak korban jiwa melayang. Bahkan pernah diceritakan saat Jean Grey (dengan kekuatan Phoenix Force) memakan sebuah bintang dan menghancurkan beberapa planet berpenghuni. Sudah ada ribuan nyawa yang melayang akibat ulah Phoenix Force di Bumi. Tetapi bukan hanya di Bumi, melainkan di seluruh semesta.

The Living Tribunal

Selama ini, Marvel Universe diawasi oleh makhluk super kuat bernama The Living Tribunal. Dia bertugas mengawasi keseimbangan, bukan hanya di satu universe, melainkan seluruh multiverse Marvel. Karena itulah Living Tribunal tidak pandang bulu, dan berpihak pada kebaikan atau kejahatan. Dialah hakim yang benar-benar netral dalam situasi apapun. Itu berarti, miliaran orang bisa mati jika Living Tribunal membuat keputusan. Kekuatan Living Tribunal hampir tak terbatas. Dia mampu menghapus seluruh realitas dari eksistensi dan hampir mahakuasa. Parahnya lagi, Living Tribunal bisa berada di mana pun dia mau. Bisa dibilang Living Tribunal adalah karakter kedua terkuat di Marvel setelah The One Above All.

Galactus

Makhluk kosmik ancaman universe Marvel berikutnya adalah Galactus. Sebagai penyandang gelar “Pemakan Planet”, wajar jika Galactus masuk dalam list ini. Galactus sangat ditakuti, bahkan di seluruh alam semesta. Dia sudah ada sejak lama dan memakan banyak planet berpenghuni. Sudah tidak terhitung jumlah planet yang menjadi korban kekejaman Galactus. Niatnya hanya satu yaitu mendapatkan energi setelah mengkonsumsi planet. Tetapi Galactus tak sembarangan dalam mengkonsumsi planet, karena sebelum melakukan itu, dia akan memerintahkan tangan kanannya untuk memeriksa apakah planet yang akan dia konsumsi layak atau tidak. Galactus juga memiliki kekuatan Power Cosmic yang tak terbatas. Karena itulah dia sangat ditakuti, termasuk oleh para Avengers.

Thanos

Tentu nama Thanos sudah tidak asing di telinga kalian. Dia tidak ragu menghancurkan kehidupan di seluruh alam semesta menggunakan Infinity Gauntlet. Thanos melakukan semua terror hanya untuk mengesankan Death, sang love interest-nya. Bahkan Thanos rela menghancurkan kampung halamannya demi cintanya itu. Ada ribuan korban kekejaman Thanos. Walau sudah beberapa kali dihabisi, tetapi beberapa kali itujugalah Thanos kembali hidup dan membuat ulah. Walau kekuatan utama Thanos terletak pada Infinity Gauntlet, tetapi tanpa benda tersebut, dia cukup tangguh menahan kekuatan para Avengers.

The Beyonder

Saking kuatnya Beyonder, dia sempat kebingungan menggunakan kekuatannya. Beyonder dapat melakukan apapun yang dia ingin lakukan, dan hanya sedikit orang yang bisa menghentikannya. Dia telah menculik para pahlawan dan villain terkuat Marvel hanya untuk diadu dalam sebuah permainan hidup dan mati. Kejadian tersebut terjadi di Secret Wars. Selain kekuatannya, rasa keingintahuannya pun tinggi. Dia tidak peduli dengan apa efek buruk dari eksperimennya terhadap manusia, dan dia hanya ingin melihat apa yang terjadi setelah dia bereksperimen. Sulit juga memastikan apa yang akan dia lakukan selanjutnya, dan itulah bagian yang paling menakutkan. Menariknya, Beyonder pernah mengalahkan makhluk terkuat di Marvel Universe yaitu Living Tribunal.

Itulah dia Geeks beberapa makhluk kosmik Marvel yang menjadi ancaman bagi semesta Marvel. Kekuatan mereka jauh melebihi Avengers dan butuh ekstra tenaga dan pikiran untuk dapat menghentikan mereka. Di antara makhluk kosmik tersebut, mana yang kalian paling ketahui Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/