Setelah lama dinanti, serial live action Alice in Borderland Season 2 akhirnya tayang juga di Netflix. Season kedua ini telah menjawab hampir semua pertanyaan besar yang selama ini menjadi misteri. Termasuk apa yang sebenarnya terjadi kepada Arisu dan para pemain lainnya di dunia Borderland. Walaupun begitu, di ending season kali ini kita juga kembali diberikan pertanyaan yang lebih serius terkait dalang di balik semua permainan dan dunia Borderland. Pertanyaan ini muncul ketika sebuah kartu Joker terlihat di akhir season 2. Mengingat setiap kartu mempunyai pemilik, siapa sebenarnya Joker di Alice In Borderland?

Kemunculan Kartu Joker di Ending Season 2

Setelah berhasil mendapatkan semua kartu angka di season perdana, kali ini Arisu dan para pemain lain yang masih bertahan mau tidak mau harus mengikuti permainan yang jauh lebih sulit di Alice in Borderland Season 2. Di mana mereka harus melawan para pemilik kartu wajah yang mengklaim diri mereka sebagai warga asli Borderland. Singkat cerita, setelah semua pemilik kartu wajah dikalahkan, dengan Arisu dan Usagi yang mengalahkan Queen of Hearts di permainan terakhir, para pemain yang masih hidup diberikan pilihan untuk jadi warga asli Borderland atau kembali ke dunia nyata.

Tentu saja bagi Arisu, Usagi, Chishiya, dan sebagian besar pemain yang sejak awal ingin kembali, akhirnya mereka memilih untuk menolak menjadi warga Borderland. Pada titik inilah akhirnya terungkap bahwa semuanya bermula dari sebuah meteor yang jatuh di Tokyo. Di mana para korban yang berada di ambang kematian dikirim ke Borderland untuk menentukan takdir mereka selanjutnya. Siapa pun yang mati di Borderland maka akan mati juga di dunia nyata, sedangkan yang berhasil memilih kembali diberikan kesempatan untuk hidup dalam keadaan lupa dengan semua yang terjadi di Borderland.

Tidak lama setelah pertemuan emosional antara Arisu dan Usagi di dunia nyata, kita akhirnya diperlihatkan pada kartu Joker yang tidak terbang meskipun tertiup angin kencang. Dari sinilah muncul sebuah pertanyaan baru terkait pemilik dari kartu misterius tersebut, yang diduga sebagai pencipta Borderland sekaligus dalang yang menjalankan semuanya dari balik layar. Meskipun tidak dijelaskan di serialnya, tetapi di manga asli Alice in Borderland karya Haro Aso, sosok yang diasumsikan bernama Joker tersebut sempat diceritakan bertemu dengan Arisu sebelum dia kembali ke dunia nyata.

Joker di Manga Alice in Borderlands

Di ending komik Alice in Borderland, sebelum para pemain kembali ke dunia nyata, sosok Joker sempat dengan sengaja menampakan dirinya untuk memberikan penawaran kepada Arisu dan Usagi. Arisu yang selama ini penasaran dengan dalang Borderland, akhirnya tidak bisa menahan diri untuk bertanya kepada Joker apakah dia penguasa Borderland. Alih-alih menjawabnya, sosok yang digambarkan seperti bayangan ini malah balik bertanya kepada Arisu apakah dia terlihat seperti dewa atau iblis? Sesaat kemudian Arisu yang tidak bisa berkata-kata mulai melihat Sanzu River dalam bayangannya.

Dalam kepercayaan Budha Jepang, Sanzu River sendiri adalah alam baka di antara Bumi dan akhirat. Dari sinilah akhirnya Arisu sadar bahwa Joker adalah entitas misterius yang bertugas mengantarkan arwah manusia ke akhirat. Setelah mengetahui hal tersebut, Arisu dan para pemain lain yang masih bertahan tentu saja lebih memilih untuk mendapatkan kesempatan kedua dengan hidup kembali di dunia nyata. Walaupun begitu, sampai manganya berakhir tidak ada yang bisa menjamin apakah mereka telah lolos dari Joker, karena jika nanti mati kembali, bisa saja mereka bertemu lagi dengannya di Borderland.

Petualangan Arisu Belum Berakhir?

Meskipun petunjuknya sudah cukup jelas, tetapi perlu kita catat bahwa sosok Joker di serial Alice in Borderland masih belum diungkap seperti di komiknya. Artinya bukan tidak mungkin serialnya memang sengaja menyisakan pertanyaan tersebut untuk lebih dieksplorasi lagi di season selanjutnya. Misalnya dengan para pemeran baru yang akan diceritakan terjebak di Borderland seperti para pemain sebelumnya. Jika benar seperti itu, artinya meskipun kisah Arisu berakhir, tetapi hal tersebut secara tidak langsung telah membuka jalan untuk kisah baru dengan para pemain selanjutnya.

Itulah pembahasan tentang entitas misterius Joker di Alice in Borderland, yang digambarkan seperti pengantar arwah di alam baka. Dengan kata lain, fungsi Borderland sendiri bisa kita simpulkan sebagai alam baka atau dunia perantara yang memberikan kesempatan kepada para manusia untuk menentukan takdirnya, apakah mereka akan melanjutkan perjalanannya ke akhirat atau justru hidup kembali di dunia nyata.

Saat ini Netflix sendiri memang masih belum mengumumkan apakah serialnya telah berakhir atau belum. Namun karena popularitas Alice in Borderland di seluruh dunia dan juga misteri Joker yang masih belum terungkap, bukan tidak mungkin Netflix dan para sineasnya akan melanjutkan serialnya dengan season ketiga pada masa yang akan datang. Kita lihat saja nanti seperti apa perkembangan kabarnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.