Sejak diperkenalkan dalam pertarungan melawan Kaido, Gear 5 milik Luffy sudah menghadirkan berbagai jurus atau teknik yang sangat dahsyat yang dia gunakan untuk menghadapi musuh. Bahkan, Eiichiro Oda juga tidak berhenti hanya sampai disitu. Dia pun terus memperkenalkan berbagai jurus atau teknik baru untuk Gear 5 seperti yang kita lihat di chapter terbaru kemarin.

Seperti yang kita ketahui, Gear 5 Luffy menjadi andalan dan juga kekuatan terbesar bagi Luffy saat ini di seri One Piece. Dia berhasil membangkitkan kekuatan ini saat menghadapi Kaido di pertempuran Onigashima. Setelah beberapa kali gagal mengalahkan makhluk paling kuat di dunia itu, akhirnya Luffy berhasil setelah menggunakan Gear 5. Dan sejauh ini, sudah ada beberapa jurus atau teknik yang Oda perkenalkan dari Gear 5. Apa saja?

Gomu Gomu No Baloon

Gomu Gomu no Baloon merupakan kemampuan dari Gear 5 Luffy yang pertama kali diperlihatkan. Sebenarnya, teknik dari Gear 5 ini sangat sederhana. Sesuai namanya, Luffy akan berubah wujud menjadi balon dengan memperbesar ukuran tubuhnya. Teknik ini dilakukan oleh Luffy saat dia dimakan oleh Kaido, dan menjadi cara untuk bisa keluar dari tubuh sang mantan Yonko.

Sebenarnya, teknik ini mirip dengan teknik Gear 3 di mana Luffy akan memperbesar salah satu bagian tubuhnya. Hanya saja yang membedakan adalah Gomu Gomu no Baloon membuat Luffy membesar di seluruh bagian tubuhnya. Hal ini sempat membuat Yamato dan Momonosuke terkejut karena Luffy memiliki teknik yang tidak biasa. Kaido pun sempat kesal karena Luffy ternyata memiliki tingkat elastisitas yang luar biasa.

Gomu Gomu No Escape Rocket

Teknik ini menjadi teknik selanjutnya yang diperlihatkan Luffy dari kemampuan Gear 5 miliknya. Setelah berhasil menggunakan Gomu Gomu no Rocket, Luffy pun berusaha untuk keluar dari tubuh Kaido. Setelah menemukan celah, Luffy kemudian menggunakan teknik Gomu Gomu No Escape Rocket untuk akhirnya meluncur keluar dari perut Kaido. Namun, teknik ini juga sebenarnya tidak terlalu spesial.

Pada dasarnya, Luffy hanya melontarkan tubuhnya dari dalam perut Kaido dengan sekuat tenaga seperti sebuah roket. Meskipun begitu, apa yang dilakukan Luffy ini tetap membuat Kaido terkejut. Karena, dia tidak menyangka bahwa Luffy akan mampu melakukan hal semacam itu. Dan juga, yang luar biasanya adalah tubuh Luffy tetap dalam kondisi yang besar.

Gomu Gomu No Gigant

Gomu Gomu no Gigant menjadi teknik Gear 5 yang Luffy perlihatkan setelah Gomu Gomu No Escape Rocket dan jadi teknik yang ikonik. Untuk menggunakan jurus ini, Luffy sebelumnya akan melompat ke udara dan kemudian merubah wujudnya menjadi seukuran raksasa. Bahkan, ukuran tubuh raksasa Luffy ini melebihi ukuran naga Kaido yang mana kembali membuat Kaido, Yamato, dan Momonosuke terkejut dengan teknik Luffy ini.

Bahkan, Yamato seolah tidak percaya bahwa ada teknik buah iblis semacam itu. Sebenarnya, seperti dibahas dalam artikel sebelumnya, teknik ini sempat diprediksi oleh para fans. Para fans pernah berspekulasi bahwa Gear 5 Luffy kemungkinan akan mampu membuatnya bisa berubah menjadi sangat besar. Luffy diperkirakan akan mampu berubah menjadi sosok raksasa, seperti halnya Sanjuan Wolf dan hal tersebut akhirnya terbukti.

Gomu Gomu No Jump Rope

Dengan ukuran tubuhnya yang sangat besar akibat dari teknik Gomu Gomu No Gigant, Luffy bisa melakukan apa pun yang dia inginkan kepada Kaido. Dan hal yang dia lakukan terhadap Kaido salah satunya adalah membuat Kaido seolah menjadi tali dalam permainan lompat tali (jump rope). Ini adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun sejauh ini selain Luffy, yang membuktikan seberapa gila dan dahsyatnya Gear 5 dan juga buah iblis Nika.

Teknik Tanpa Nama

Teknik ini diperlihatkan di bagian akhir chapter 1045 kemarin, di mana Luffy membuat pukulannya berputar seperti halnya baling-baling helikopter. Teknik ini pun berhasil mengenai wajah dri Kaido dan membuatnya tersungkur. Sebelumnya, memang Kaido sempat menghajar Luffy dengan teknik Three World Ragnarok yang membuat Luffy tidak berdaya. Namun setelah itu, Luffy kembali bangkit dan melanjutkan tekniknya tersebut. Luffy sendiri masih belum memberikan nama untuk tekniknya itu.

Gomu Gomu No Thunder

Gomu Gomu No Thunder mungkin adalah salah satu teknik yang paling epik yang diperlihatkan sejauh ini dari Gear milik Luffy. Teknik ini diperlihatkan dalam panel terakhir di chapter 1046 kemarin. Nampak dalam panel tersebut Luffy melompat ke udara, dan dari dalam awan dia kemudian kembali muncul sambil memegang petir di tangannya yang di arahkan kepada kaido. Sempat menjadi teka-teki, akhirnya diketahui dalam chapter 1047 bahwa teknik tersebut bernama Gomu Gomu No Thunder.

Gomu Gomu No Mole Pistol

Ini menjadi salah satu teknik baru di Gear 5 yang muncul di arc pulau Egghead. Sebenarnya, secara sekilas teknik ini mirip dengan teknik tanpa nama. Yang membedakan adalah Luffy tidak melakukan gerakan berputar terlebih dahulu. Melainkan dia akan menghajar tanah dan langsung mengenai targetnya. Hal ini karena tanah atau tempat berpijaknya berubah menjadi elastis.

Seperti yang kita ketahui, salah satu kedahsyatan dari Gear 5 Luffy adalah dia mampu merubah apa pun yang ada di sekitarnya menjadi karet atau elastis. Dan di chapter 1069 kita kembali melihat pembuktian dari kedahsyatan Gear 5 tersebut, di mana Luffy merubah lantai atau permukaan di Egghead menjadi karet. Karena hal inilah dia pun mampu menggunakan atau menciptakan teknik Gomu Gomu no Mole Pistol.

Gomu Gomu No Dawn Whip

Gomu Gomu No Dawn Whip juga jadi jurus baru Gear 5 yang muncul di arc pulau Egghead. Teknik ini Luffy tunjukan saat pertarungan melawan Rob Lucci. Teknik ini juga lagi-lagi mirip seperti teknik tanpa nama. Yang membedakan adalah bukan hanya tangannya yang berputar, namun seluruh tubuhnya juga akan berpitar seperti halnya gasing. Bahkan, saking kencangnya putaran tersebut tubuh Luffy tidak bisa berhenti dan sampai tembus ke bawah tanah.

Gomu Gomu No Dawn Rocket

Ini menjadi teknik terakhir dan baru yang banyak dibicarakan oleh para fans. Tekniknya muncul di chapter 1070 kemarin, di tengah-tengah pertarungan melawan Rob Lucci. Ini juga jadi bukti lain bagaimana awakening buah iblis Luffy mampu merubah sekitarnya menjadi karet atau elastis. Untuk menggunakannya, Luffy akan memanfaatkan sekitarnya di mana dalam hal ini dia memanfaatkan jalur vacuum rocket Vegapunk.

Dia menggunaknnya seolah-olah itu adalah tali ketapel yang kemudian melontarkannya ke arah target. Setelah tubuh Luffy terhempas, dia akan langsung melancarkan serangan pukulannya. Dan terbukti, pukulan yang Luffy hadirkan tersebut sangatlah dahsyat yang mana membuat Rob Lucci pada akhirnya sampai tidak sadarkan diri. Lucci bahkan mengakui jika kekuatan Luffy ini sangat luar biasa.

Gear 5 sepertinya menjadi puncak dari kekuatan Monkey D. Luffy dan juga buah iblis Nika miliknya. Setidaknya, untuk saat ini. Hal tersebut bisa dilihat dari berbagai teknik luar biasa yang dipraktikan oleh Luffy dalam pertarungan menghadapi Kaido dan juga beberapa chapter terakhir. Menarik tentunya untuk melihat apakah akan ada teknik baru lainnya yang diperlihatkan oleh Luffy pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.