Menurut sebuah informasi terbaru, saat ini film Eternals 2 tengah direncanakan untuk segera diproduksi oleh Marvel Studios. Saat tiba waktunya nanti para Eternal Bumi yang kita lihat di film Eternals pertama kemungkinan besar akan kembali, begitu juga dengan Eternal Titan yang muncul di credit scene, yaitu Starfox (Harry Styles). Jika mengacu pada komiknya, sebenarnya ada lebih banyak lagi kelompok inti Eternals yang belum muncul di MCU. Sambil menunggu perkembangan kabar terkait filmnya, tidak ada salahnya kita kenali terlebih dahulu 4 kelompok Eternals yang telah diperkenalkan di komiknya.

Olympians

Olympians adalah kelompok Eternals pertama yang bisa dibilang paling sering muncul di kisah Marvel. Meskipun namanya mirip, tetapi mereka bukanlah kelompok yang sama dengan Zeus dan para dewa Olympus lainnya. Faktanya Kemunculan mereka bermula dari Eternal Kronos dan semua keturunannya yang diperintahkan untuk menduduki Bumi oleh Celestial, tepatnya di sebuah tempat yang disebut Titanos.

Ketika Kronos mati dan Titanos hancur, anaknya yang bernama Zuras mengambil alih kepemimpinan dan mendirikan markas baru di pegunungan Yunani yang disebut Olympia. Itulah mengapa para Eternal yang bersama Zuras akhirnya disebut Olympians. Secara kekuatan, para Olympians dikenal mempunyai kekuatan kosmik dan juga keabadian, sehingga pada akhirnya banyak di antara mereka yang eksis di Bumi selama ribuan tahun. Seperti Eternal Gilgamesh, Makkari, Phastos, Sersi, Sprite, dan Thena, yang sempat muncul juga di film Eternals.

Polar Eternals

Sama seperti Olympians, pada dasarnya Polar Eternals merupakan keturunan dari Kronos yang eksis di Marvel Universe. Hal ini secara tidak langsung telah menjelaskan mengapa Polar Eternals mempunyai cukup banyak kesamaan dengan Olympians, kecuali karakternya yang terkenal lebih ekstrem dan cenderung arogan. Ketika Titanos hancur, Virako bersama kelompok Eternalnya lebih memilih untuk mendirikan markas baru di Polaria, Siberia.

Polar Eternals dikenal sebagai kelompok Eternal yang sama sekali tidak heroik. Hal tersebut terbukti dari kebiasaan mereka yang selalu berusaha menyusup ke dalam pemerintahan Rusia. Setelah Virako mati, kepemimpinan kelompoknya dilanjutkan oleh Valkin. Adapun anggota Polar Eternals yang terkenal di antaranya adalah Ajak, Druig, dan anak Virako yang bernama Ikaris. Meskipun terpisah, Polar Eternals dan Olympians terbilang cukup sering diceritakan bekerja sama ketika menjalankan perintah Celestial.

Titans

Sesuai dengan namanya, Titans adalah kelompok Eternals di Marvel Universe yang pada akhirnya memutuskan untuk tinggal di luar angkasa, tepatnya di bulan terbesar dari planet Saturnus yang disebut Titan. Semuanya bermula dari kecemburuan Eternal A’Lars kepada saudaranya Zuras yang sangat disayangi oleh ayahnya Kronos. Sejak saat itulah dia dan kelompoknya memutuskan untuk pergi ke luar angkasa dan akhirnya tinggal di Titan.

Dari penikahannya dengan Sui-san, A-Lars mempunyai dua orang anak kandung yang karakternya sangat berbanding terbalik. Yang pertama adalah Eros alias Starfox, Titans yang akhirnya bergabung dengan tim superhero terbaik Bumi, Avengers. Kemudian anak yang kedua adalah Thanos, sang Mad Titan yang sangat berambisi untuk memusnahkan setengah kehidupan di alam semesta. Meskipun Starfox dan Thanos sama-sama eksis di MCU, tetapi masih belum diketahui apakah mereka juga bersaudara seperti di komiknya.

Uranian

Kelompok Eternals terakhir yang eksis di Marvel Universe adalah Uranian. Di mana kelompok mereka sebagian besar memutuskan untuk tinggal di planet Uranus setelah perang saudara antara leluhurnya Uranos dan Kronos. Salah satu anggota Uranian yang paling terkenal adalah Crusader. Karakter bernama asli Thelius ini menjadi superhero di dunianya setelah mengenakan Quantum Bands. Dengan gelang kosmik ini dia terbukti mampu mewujudkan kekuatan yang ada di pikirannya menjadi nyata. Ketika Crusader mati, gelang ini pernah jatuh ke tangan Marvel Boy, sampai akhirnya kepada Quasar, yang sekarang terkenal sebagai superhero kosmik yang sangat kuat.

Itulah 4 kelompok inti Eternals yang masing-masing eksis di Marvel Universe dengan caranya masing-masing. Meskipun pada akhirnya empat kelompok ini terpisah, tetapi pada dasarnya mereka sama-sama keturunan Eternal Kronos dan Uranos yang karakternya sangat berlawanan. Sehingga para Eternal ini mempunyai campuran DNA dan karakter yang saling melengkapi satu sama lain, baik jahat maupun baik. Dengan sejarah yang cukup kaya ini, sepertinya akan sangat menarik jika suatu hari nanti ada lebih banyak lagi Eternal baru yang diperkenalkan film Eternals 2 nanti. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.