Meskipun sudah sejak lama diperkenalkan dalam cerita One Piece, namun sepertinya Eiichiro Oda baru akan memperlihatkan kekuatan sebenarnya seorang admiral dalam waktu dekat. Hal ini mengingat apa yang terjadi di chapter kemarin, di mana pihak angkatan laut sepertinya sudah siap berperang dengan kelompok Yonko, yaitu Topi Jerami. Dan akan ada hal menarik yang akan muncul kemudian.

Seperti yang Geeks ketahui, seorang admiral angkatan laut pertama kali diperkenalkan di arc Sabaody. Saat itu, admiral Kizaru datang karena Saint Charlos diserang oleh Luffy dan tiga kapten Worst Generation. Di sepanjang cerita One Piece, Oda memang jarang memperlihatkan kekuatan sebenarnya seorang admiral. Apa yang diperlihatkan di pertempuran Marineford bisa jadi baru sedikit dari kemampuan yang mereka miliki.

Pertama Dalam Sejarah

Angkatan laut sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Mereka sudah ada untuk menjalankan tugas utama mereka yaitu menjaga perdamaian dan menangkap berbagai kriminal dan bajak laut. Angkatan laut juga memiliki tugas untuk menjalankan semua perintah yang diberikan oleh Gorosei atau kaum naga langit, tidak peduli apa isi perintah tersebut seperti menghancurkan sebuah wilayah.

Di sepanjang sejarahnya, angkatan laut diketahui sangat jarang mengerahkan armada dalam jumlah besar. Bisa dihitung jari berapa kali mereka benar-benar mengerahkan armada dalam jumlah banyak. Momen ini biasanya terjadi ketika Buster Call diaktifkan. Contoh nyatanya adalah ketika angkatan laut menyerbu pulau Ohara dan menghancurkan pulau tersebut.

Kemudian, bisa juga kita lihat saat arc Enies Lobby di mana beruntung Luffy dan kru Topi Jerami bisa segera pergi dari sana. Meskipun belum ada konfirmasi, bisa jadi Buster Call juga pernah dilakukan ketika peristiwa God Valley 38 tahun yang lalu. Namun, momen menarik muncul di akhir chapter 1070. Dalam chapter tersebut, nampak bagaimana admiral Kizaru memerintahkan untuk mengerahkan sebanyak mungkin armada.

Hal ini mungkin baru pertama kali terjadi di sepanjang sejarah angkatan laut dan juga di sepanjang alur ceriat One Piece. Karena, seperti yang disebutkan di atas, peristiwa pengerahan armada secara masif biasanya terjadi saat Buster Call. Namun, dalam momen ini sepertinya jumlahnya jauh lebih masif dari Buster Call. Kizaru sendiri meminta sebanyak mungkin armada, yang artinya bisa jadi mereka mengerahkan hampir 80% – 90% kekuatan mereka.

Mengapa kemudian mereka mengerahkan armada dalam jumlah yang sangat luar biasa? Hal ini terjadi karena lawan yang akan mereka hadapi tidaklah sembaranga. Pertama, lawannya adalah seorang Yonko. Kedua, Luffy adalah pengguna buah iblis terkuat dan memiliki kekuatan dahsyat di dunia One Piece saat ini. Wajar jika kemudian Kizaru dan angkatan laut tidak sembarangan mengerahkan kekuatan mereka.

Kekuatan Asli Admiral

Di paragraf awal sempat disinggung jika di sepanjang seri One Piece sangat jarang Oda menghadirkan kekuatan asli dari seorang admiral. Sejak pertama kali admiral diperkenalkan, satu-satunya momen epik ketika para admiral memperlihatkan sedikit kekuatan mereka adalah ketika pertempuran puncak di Marineford. Saat itu, angkatan laut harus bertarung menghadapi seluruh armada Whitebeard.

Belum lagi, tanpa mereka duga Luffy dan para tahanan Impel Down serta kelompok Blackbeard muncul di sana. Para admiral pun memperlihatkan bagaimana kedahsyatan mereka, meskipun hanya menggunakan sedikit kemampuannya. Dan faktanya, kekuatan mereka memang sangat luar biasa. Meskipun begitu, para fans sendiri penasaran seperti apa sebenarnya kekuatan asli seorang admiral.

Dengan petunjuk chapter 1070 kemarin, banyak fans yang kemudian berspekulasi jika Oda Sensei, untuk pertama kalinya, akan memperlihatkan bagaimana kekuatan asli seorang admiral. Pertarungan melawan Rob Lucci, yang sudah membangkitkan Neko Neko no Mi miliknya, dianggap menjadi pertarungan yang tidak seimbang. Dan hal ini memang terbukti di dua chapter terakhir.

Rob Lucci benar-benar kepayahan menghadapi Gear 5 Luffy, di mana dia bahkan tidak sanggup untuk melemparkan satu pukulan pun sebelum akhirnya tidak sadarkan diri. Artinya, perlu kekuatan yang jauh lebih besar lagi untuk kemudian bisa berhadapan dengan seorang Yonko, khususnya Luffy. Dan Kizaru mungkin adalah salah satu opsinya, apalagi kita masih belum lihat sedahsyat apa level kekuatannya.

Salah satu hal yang mungkin terjadi ketika Oda Sensei memperlihatkan kekuatan asli seorang admiral, khususnya Kizaru, adalah kita akan melihat momen awakening dari jenis buah iblis Logia. Sejauh ini, Oda baru memperlihatkan awakening dari jenis Paramecia dan juga Zoan dan sub jenisnya. Namun, kita masih belum tahu seperti apa awakening dari Logia yang mana inilah momen tepat untuk memperlihatkannya.

Kekuatan Kizaru sendiri sudah sangat dahsyat meskipun baru menggunakan sedikit saja kekuatannya. Hal ini bisa kita lihat di arc Sabaody, di mana dia sendirian mampu menghancurkan seluruh Worst Generation. Mungkin, kita akan melihat bagaimana kedahsyatan dari awakening kekuatan buah iblis Pika Pika yang bisa jadi lawan seimbang bagi Luffy.

Apakah Admiral Setara Yonko?

Dengan memperlihatkan kekuatan asli Kizaru yang juga merupakan seorang admiral, ada beberapa hal yang kemudian akan dijawab oleh Oda Sensei. Pertama, seperti yang disebutkan di atas, kita akhirnya akan tahu seperti apa kekuatan asli seorang admiral. Kedua, kita juga akhirnya akan mengetahui seperti apa kekuatan seorang admiral jika kemudian dibandingkan dengan seorang Yonko.

Pertanyaan mengenai apakah admiral setara Yonko jadi salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di kalangan fans. Dalam ceritanya sendiri, sejauh ini diperlihatkan jika Yonko memang unggul dari admiral. Dalam pertempuran di Marineford, kita melihat Whitebeard yang sudah lemah sekali pun bahkan masih mampu untuk membuat Akainu kewalahan dan terluka parah yang kemudian terjatuh ke dasar laut.

Ketiga admiral merupakan senjata terkuat yang World Government miliki. Dalam berbagai kesempatan, kita sudah sering melihat seberapa dahsyat dan kuat mereka. Ketiga Admiral tersebut memiliki buah iblis yang sangat mengerikan yang membuat mereka menjadi sosok kuat, baik sebelum timeskip atau pun sesudahnya. Selain kekuatan buah iblis, para admiral ini juga tentunya memiliki kedahsyatan lainnya terutama dalam hal kekuatan Haki.

Harus kita akui bahwa para admiral memang memiliki kedahsyatan yang sangat luar biasa dalam hal kekuatan. Namun, jika membandingkan kekuatan Admiral dengan Yonko tentunya akan ada perbedaan yang cukup terlihat. Kekuatan dan kemampuan Yonko berada di atas rata-rata para bajak laut lainnya, karena mereka adalah sosok yang terkuat. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa Yonko disebut sebagai penguasa samudra.

Meskipun begitu, para admiral juga bukan sosok yang lemah. Para admiral memang adalah sosok yang paling kuat dan hebat dari angkatan laut. Mereka adalah ujung tombak dari organisasi pembasmi bajak laut tersebut. Ketiga admiral merupakan senjata terkuat yang angkatan laut dan World Government miliki. Namun, level kekuatan mereka mungkin hanya sedikit di bawah para Yonko. Oleh karena itu, kita nantikan saja ya Geeks bagaimana pertarungan epik Kizaru melawan Luffy di pulau Egghead.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.