Rasanya semua orang sudah mengetahui tentang Superman. Dialah sosok yang sudah berkali-kali menyelamatkan dunia dari berbagai ancaman. Kekuatan supernya dia dapatkan dari sinar matahari. Jadi selama Superman mendapatkan sinar matahari yang cukup, dia akan sangat sulit dikalahkan. Walau kekuatannya sudah tidak diragukan lagi, tetapi ada beberapa karakter DC yang Superman akui sangat dia takuti. Siapa saja karakter yang ditakuti Superman? Simak berikut ini Geeks!

Batman

Superman dan Batman adalah dua anggota Justice League yang paling setia. Mereka berdua sudah sejak lama bekerja sama dalam mengalahkan banyak villain. Tetapi dibalik itu semua, tahukah Geeks bahwa sebenarnya keduanya sering berselisih karena perbedaan cara pandang? Dalam novel grafis garapan Frank Miller berjudul The Dark Knight Returns, diceritakan bahwa Superman percaya pada kebaikan setiap orang, sementara Batman sangat paranoid terhadap semua orang sehingga dia berencana menjatuhkan semua temannya.

Dengan rasa paranoid Batman, kecerdikan, dan sumber daya yang tidak terbatas, Superman pun selalu bertanya-tanya apakah Batman nantinya akan melewati batas, dan mulai balik melawannya. Superman mengakui bahwa dia takut dengan Batman. Dan dalam novel itulah mimpi terburuk Superman terjadi, bahwa jika dia dan Batman berakhir di sisi yang berlawanan, Batman menang dan menjadi tak terkalahkan.

Martian Manhunter

Di antara semua sekutu Superman, hanya ada satu sosok yang Superman akui sangat dia takuti dalam pertempuran terbuka. Sosok tersebut adalah Martian Manhunter. Sama seperti Batman, Martian Manhunter adalah rekan Superman di Justice League. Keduanya juga sudah sering beraksi untuk mengalahkan banyak villain kuat. Tapi, Superman mengakui bahwa Martian Manhunter adalah makhluk paling kuat di muka bumi. Lantas mengapa Superman takut dengan Martian?

Martian Manhunter mampu bergerak secepat dan sekuat Superman. Bahkan terkadang dia lebih dari Superman. Selain itu, Martian juga memiliki kekuatan psikis yang sangat dahsyat, seperti pengendalian pikiran. Dia juga mampu mengubah bentuk menjadi apapun. Ditambah lagi, Martian adalah sosok yang memiliki kecerdasan luar biasa, sehingga Batman pun sering meminta nasihat kepada Martian. Semua itulah yang membuat Martian menjadi sosok sempurna, bahkan di atas Superman. Tetapi bersyukurlah karena Martian Manhunter berada di pihak yang sama seperti Superman.

Doomsday

Dalam Superman: Man of Steel #17 yang rilis tahun 1992, Superman benar-benar melawan sosok yang tingkat kekuatannya lebih dahsyat. Sosok tersebut adalah Doomsday, makhluk hasil rekayasa genetika dari Krypton prasejarah. Doomsday sudah beberapa kali membunuh Superman dalam pertempuran. Doomsday juga pernah membunuh jutaan makhluk, termasuk Green Lantern. Superman pada akhirnya memang dapat kembali hidupĀ  setelah dibunuh Doomsday, tetapi Superman terus menerus ditakuti dengan bayang-bayang Doomsday.

Pernah di suatu kejadian, Superman sempat kehilangan akal sehat dan kepribadiannya berubah sangat drastis. Ketika itu, Superman khawatir dan ketakutan akan kedatangan kembali Doomsday yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sama seperti Joker yang selalu menjadi bayang-bayang terbesar bagi Batman, sementara Doomsday juga menjadi mimpi buruk Superman.

Darkseid

Kasusnya sama seperti Doomsday, di mana Darkseid menjadi sosok terkuat yang pernah Superman hadapi. Buat Geeks yang belum tahu, Darkseid adalah New Gods yang diciptakan oleh Jack Kirby. Dialah penguasa planet Apokolips yang sangat ingin mengendalikan semua makhluk hidup menggunakan Anti-Life Equation. Darkseid memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih besar dari Superman.

Superman mengakui bahwa dia sangat takut jika Darkseid berhasil menggunakan Anti-Life Equation untuk mengasai dunia, karena ketika itu terjadi, maka Darkseid benar-benar tidak bisa terkalahkan. Dengan semua terror yang Darkseid lakukan, wajar jika Superman takut dengan kemunculan Darkseid. Superman sendiri tidak mampu menghentikan Darkseid seorang diri, dan dia membutuhkan Justice League.

Lex Luthor

Karakter terakhir yang benar-benar ditakuti oleh Superman adalah Lex Luthor. Di era Silver Age, Superman adalah sosok jenius yang mampu membuat berbagai penemuan baru dengan sangat cepat. Dan di era modern, Superman jauh lebih pintar daripada kebanyakan musuhnya, terkecuali Lex Luthor, yang berkat kepintarannya membuat Superman takut. Lex Luthor adalah villain yang nyaris sempurna. Kekuatan utama Luthor terletak dari pikirannya yang cemerlang. Dia menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh kekayaan.

Dengan kekayaan itulah Luthor bisa membeli segalanya, termasuk untuk menguasai dunia. Kejeniusan Luthor dalam strategi dan teknologi mampu melampaui Superman. Ditambah lagi Lex Luthor berdarah dingin, yang berarti dia tidak peduli terdahap manusia lain. Walau Superman sangat mewaspadai Luthor, tetapi sebenarnya Luthor tidak memiliki kekuatan super, yang membuatnya sangat rentan.

Itulah para karakter DC yang diakui Superman sangat dia takuti. Meski Batman dan Luthor hanyalah manusia biasa, tetapi keduanya terbukti menjadi karakter yang ditakuti Superman berkat kepintaran mereka yang luar biasa.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/