Meskipun sosok yang sebenarnya masih belum muncul, tetapi para penggemar percaya bahwa Kang the Conqueror akan menjadi big bad villain yang sangat berbahaya di MCU. Menariknya, karakter villain yang diperankan oleh Jonathan Majors ini sudah dipastikan akan jadi ‘hidangan pembuka’ Fase 5 MCU melalui film Ant-Man and the Wasp Quantumania. Ada banyak sekali yang bisa kita harapkan dari kemunculannya nanti, salah satunya adalah pengungkapan tujuan utama Kang di Multiverse Saga.

Ada kemungkinan walaupun karakter Kang baru akan muncul, bisa saja sebenarnya dia telah merencanakan sesuatu yang sangat besar tanpa sepengetahuan orang lain, termasuk kita sebagai penggemar setia MCU. Karena sebagai penjelajah waktu yang mengetahui masa depan, mungkin saja Kang diam-diam berniat menciptakan tim supernya sendiri untuk menghadapi para Avengers pada masa yang akan datang. Karena di komiknya sendiri dia juga pernah mendirikan tim superhero untuk mencapai tujuannya. Bagaimana cara tersebut bisa berkerja di MCU? Mari langsung saja kita bahas, Geeks.

Kang Pernah Bentuk Tim Superhero di Komik

Sebelum masuk ke pembahasan teorinya mari kita kenali terlebih dahulu tim superhero Chrono Corps yang didirikan sekaligus dipimpin oleh Kang the Conqueror. Tim Kang yang melakukan debutnya di komik Uncanny Avengers #14 (2013) ini terdiri dari para varian superhero, seperti Ahab, Venom, Iron Man 2020, Doom 2099, Elizabeth Braddock, Deathlok Abomination, Stryfe, dan Thor. Di mana mereka semua telah sepakat untuk membantu Kang menyelamatkan multiverse dari ancaman mutan kembar Twins Apocalypse, yang ingin memusnahkan universe lain demi menciptakan tempat khusus bagi para mutan.

Singkat cerita, setelah melalui berbagai macam pertempuran sengit, pada akhirnya Chrono Corps berhasil membalikan keadaan setelah mereka bisa kembali ke masa lalu sebelum Twins Apocalypse memulai misinya. Pada titik inilah akhirnya terungkap bahwa rencana asli Kang adalah memancing kemunculan Celestial Exitar the Executioner agar dia bisa mencuri kekuatan kosmiknya. Meskipun terlambat, tetapi pada akhirnya para superhero yang bersatu berhasil menghentikan Kang dan para Chrono Corps yang tidak tahu apa-apa, sekaligus memaksa mereka mundur ke universenya masing-masing.

Walaupun rencananya gagal, tetapi dari kisah ini kita bisa menyimpulkan bahwa Kang sebenarnya mempunyai kapabilitas untuk membentuk tim super yang terdiri dari para superhero Marvel. Di mana dia sengaja melakukannya demi mencapai tujuan yang sebelumnya tidak dia beritahukan kepada orang lain. Hal manipulatif seperti ini bisa saja terjadi di MCU, karena jika dia mau dengan berbekal pengetahuan yang sangat luas dan tak terbatas, dia punya potensi untuk mengendalikan para superhero seperti di kisah Chrono Corps.

Berpotensi Kendalikan Superhero di MCU

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer Ant-Man and the Wasp Quantumania, Kang yang tengah berada di Quantum Realm tampaknya tengah bersiap-siap untuk mencapai tujuannya. Di mana dalam salah satu cuplikan singkatnya dia berada di atas platform lingkaran raksasa yang desainnya mirip seperti Ten Rings Shang-Chi dan gelang Ms. Marvel. Menurut petunjuk yang telah beredar sejauh ini, diduga kuat platform Kang tersebut memang ada hubungannya dengan artefak yang dipakai oleh para superhero MCU.

Dari sinilah muncul teori bahwa sebenarnya semua artefak tersebut merupakan alat yang sengaja diciptakan dan kemudian disebar oleh Kang untuk menciptakan tim supernya sendiri. Selain Ten Rings Shang-Chi dan gelang Ms. Marvel, ada kemungkinan artefak ciptaan Kang tersebut jumlahnya lebih banyak dari yang sudah terlihat. Dia mungkin sudah menyebarnya ke seluruh multiverse, di mana ada lebih banyak lagi superhero yang akan menggunakannya. Dengan begitu, ketika waktunya tepat, Kang bisa memanggil sekaligus ‘mengendalikan’ para superhero yang tidak tahu apa-apa, untuk mencapai tujuannya.

Pertempuran Antar Superhero Jadi Tujuan Kang

Jika teori ini benar, di mana dia berhasil mengendalikan para superhero melalui alat ciptaannya, sekarang pertanyaannya apa yang jadi tujuan final Kang the Conqueror di MCU? Mengingat posisinya sebagai big bad villain di film Avengers: The Kang Dynasty mendatang, kemungkinan dia ingin tim super ciptaannya menghadapi para Avengers. Berbekal pengetahuan tentang kesalahan para villain terdahulu, dengan cara ini setidaknya Kang tidak perlu repot-repot mengumpulkan para supervillain. Karena pertempuran antar superhero justru akan membuat mereka saling menghancurkan diri sendiri.

Itulah pembahasan tentang teori Kang yang diam-diam mendirikan tim supernya sendiri. Cara brilian ini ibarat pepatah ‘melempar dua burung dengan satu batu’, karena dengan begitu dia bisa menyaksikan kehancuran para superhero di tangan kelompoknya sendiri. Daripada mengumpulkan para villain yang sering kalah, cara ini bisa dibilang jauh lebih efektif dan lebih efisien, sekaligus menggambarkan karakter Kang di MCU yang memang terkenal licik dan manipulatif. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.