Dalam cerita di franchise Star Wars, Jar’Kai merupakan salah satu metode penggunaan untuk menggunakan lightsaber. Pertarungan lightsaber merupakan salah satu hal yang sering terjadi dalam cerita Star Wars. Bahkan, lightsaber itu sendiri menjadi salah satu daya tarik dan elemen yang menarik dari franchise ini. Banyak pertarungan lightsaber yang bahkan jadi ikonik.

Misalnya, pertarungan antara Darth Vader dan Luke Skywalker atau pertarungan antara Darth Maul vs Qui-Gon Jin. Dalam cerita Star Wars sendiri sebenarnya ada banyak teknik penggunaan lightsaber. Namun, terdapat beberapa metode yang tidak bisa digunakan oleh semua orang. Salah satunya adalah Jar’Kai. Lalu, apa sebenarnya Jar’Kai dan mengapa tidak semua orang bisa menggunakan metode ini?

Apa Itu Jar’Kai

Jar’Kai merupakan sebuah metode pertarungan lightsaber di mana seseorang akan menggunakan dua lightsaber sekaligus. Teknik ini sudah digunakan dan dikembangkan oleh banyak pengguna Force di franchise Star Wars. Sejauh ini, masih belum jelas mengenai asal-usul Jar’Kai. Meskipun begitu, dengan cerita Star Wars yang terus berkembang mungkin akhirnya kita akan tahu tentang hal ini.

Nama teknik ini sendiri pertama kali disebut sebagai “Jar’Kai” di sebuah mobile game berjudul Star Wars: Galactic Defense. Namun, banyak fans yang berspekulasi jika nama Jar’Kai sendiri didaptasi dari sebuah kota bernama “Jar’Kai” yang berada di planet Atrisia. Planet ini dimunculkan kembali dalam sebuah cerita buku canon yaitu Star Wars Propaganda: A History of Persuasive Art in the Galaxy yang rilis pada 2016 lalu.

Meskipun Ja’Kai bukan salah satu dari formasi bertarung lightsaber yang ada, metode ini bisa digunakan sebagai alternatif atau menjadi penyambung untuk berbagai formasi bertarung itu. Diketahui jika Jar’Kai merupakan sebuah teknik bertarung tinggat tinggi, di mana butuh waktu yang sangat lama untuk menguasainya. Hanya mereka yang fokus pada pertarungan lightsaber yang biasanya mau mempelajari teknik tingkat tinggi ini.

Meskipun banyak yang sudah mempelajari teknik Jar’Kai, tidak banyak yang benar-benar berhasil menguasainya. Biasanya, mereka yang memang menguasai teknik ini adalah orang-orang yang memang ahli dalam pertarungan lightsaber di dunia Star Wars. Dan ini juga yang membuat mereka menjadi lawan yang tangguh bagi musuhnya. Ada beberapa karakter yang diketahui pernah menggunakan atau ahli dalam penggunaan teknik Jar’Kai. Misalnya, Asajj Ventress atau Ahsoka Tano. Anakin Skywalker juga pernah menggunakan teknik ini ketika bertarung menghadapi Count Dooku.

Cara Mempelajari Jar’Kai

Meskipun tidak ada aturan pasti, biasanya mereka yang menggunakan teknik Jar’Kai akan memadukan lightsaber yang mereka miliki. Misalnya, ada yang memadukan jenis lightsaber panjang dan juga pendek atau Shoto. Ada juga yang menggunakan satu jenis lightsaber yang sama. Juga, untuk menggunakan teknik dua lightsaber ini penggunanya tidak harus menggunakan lightsaber miliknya.

Mereka bisa menggunakan lightsaber milik orang lain yang dipadukan dengan lightsaber mereka sendiri. Contohnya adalah ketika Anakin menggunakan lightsaber miliknya dan milik sang mentor, Obi Wan Kenobi. Untuk mempelajari teknik Jar’Kai yang ada di dunia Star Wars ini, terdapat tiga cara. Pertama, memilih lightsaber. Kebanyakan Jedi lebih memilih untuk memadukan dua jenis lightsaber yang akan mereka gunakan.

Di tangan aktif, mereka akan menggunakan lightsaber berjenis biasa. Sedangkan, di tangan lainnya akan menggunakan jenis Shoto. Hal ini dilakukan agar manuver atau pergerakan mereka menjadi lebih mudah. Bisa juga, selain Shoto, jenis yang digunakan adalah Guard Shoto, yaitu lightsaber pendek yang memiliki pegangan di sampingnya. Mirip seperti tongkat polisi.

Kedua, memilih teknik genggaman atau grip. Untuk menggunakan teknik Jar’Kai seorang Jedi atau Sith bisa menggenggam lightsaber dengan cara biasa atau dengan cara dibalik (reverse grip). Bisa juga dengan menggabungkan keduanya. Ketiga, mempelajari form dasar. Biasanya, sebelum mempelajari teknik Jar’Kai seorang Jedi atau Sith akan mempelajari dahulu berbagai teknik bertarung dengan lightsaber. Inilah alasan mengapa butuh waktu lama untuk menguasainya dan tidak semua orang mampu untuk menguasai Jar’Kai.

Apa Alasan Teknik Ja’Kai Digunakan?

Dalam pertarungan atau duel lightsaber dibutuhkan penguasaan teknik dan juga kemampuan agar mereka bisa unggul dari lawannya. Namun, terkadang perlu juga hal yang tidak diduga musuh atau unsur kejutan yang memperbesar peluang menang. Teknik Jar’Kai adalah salah satu hal yang muncul untuk memperbesar peluang unggul tersebut.

Selain itu, teknik Jarkai biasanya digunakan oleh para Jedi atau Sith sebagai wujud dari kemampuan mereka. Dengan menggunakan teknik ini, artinya seorang Jedi atau Sith sudah sangat ahli dalam kemampuan bertarung atau duel lightsaber. Karena, hanya mereka yang memiliki kemampuan yang dahsyat yang mampu menguasainya. Misalnya, Ahsoka Tano atau Anakin yang memang terbukti ahli dalam duel lightsaber.

Teknik Jar’Kai sendiri kemungkinan masih akan terus dikembangkan dengan cerita canon yang masih berjalan dan berkembang. Apalagi, dengan rencana seri Ahsoka yang akan tayang pada 2023 mendatang mungkin kita akan melihat lebih banyak melihat tentang teknik Jar’Kai. seperti apa kelebihan dan kekurangannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.