Pada Agustus 2020, mantan presiden DC Studios, Walter Hamada, pernah berbicara tentang pengembangan Elseworlds yang menurutnya akan lebih diperluas. Namun setelah Hamada tak lagi memimpin DC Studios, lantas yang menjadi pertanyaan adalah apa yang terjadi dengan Elseworlds. Apakah semesta tersebut akan kembali dilanjut, atau tidak?

Apalagi mengingat James Gunn yang secara besar-besaran mengubah rencana sebelumnya yang dimiliki DC Studios. Nah baru-baru ini, James Gunn membagikan informasi penting tentang status film Elseworlds. Gunn mengkonfirmasi bahwa film tersebut masih dalam tahap pengembangan. “Itu (film Elsewords) secara aktif dikembangkan.” Sayangnya, dia tidak mengungkap detail tentang filmnya, yang membuat penggemar semakin bertanya-tanya.

Buat Geeks yang belum tahu apa itu Elseworlds, Elseworlds adalah cerita diluar kontinuitas utama dari DC Comics. Selain itu, Elseworlds juga merupakan judul crossover Arrowverse yang dimulai pada tahun 2018, yang juga menjadi jembatan bagi cerita Crisis on Infinite Earths. Nama Elseworlds sendiri mulai tergantikan dengan DC Black Label, yang diluncurkan pada tahun 2018.

Nah menariknya, film The Batman (2022) dan Joker (2019) bisa dibilang bagian dari Elseworlds, karena kedua film tersebut berdiri sendiri diluar DCU. Tetapi DC Studios tidak pernah menyebutkan bahwa kedua film tadi adalah bagian Elseworlds. The Batman nantinya memiliki alam semestanya sendiri, apalagi dengan dibuatnya beberapa spin off The Batman. Selain itu, Joker juga masih terus berkembang dengan dibuatnya film sekuelnya berjudul Joker: Folie a Deux.

Jadi sederhananya, Elseworlds adalah universe “berbeda” yang dibuat agar tak menggangu universe utama, yaitu DCU. Dalam Elseworlds, sang kreator bisa membuat sebebas mungkin cerita atau karakter yang dihadirkan. Kemungkinan besar, Kingdom Come menjadi proyek terbaru dari Elseworlds yang bakal dikerjakan oleh James Gunn. Pasalnya Gunn sudah mengoda beberapa kali tentang proyek tersebut.

Nah pada tahun 2023, James Gunn sudah mengkonfirmasi bahwa dia akan mengumumkan lebih banyak lagi proyek terbaru dari film dan series DC. Kemungkinan Elseworlds menjadi bagian yang juga akan diumumkan oleh Gunn. Kita tunggu aja ya Geeks kabar selanjutnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/