Memasuki penghujung tahun 2022, Marvel Studios baru saja menyelesaikan Fase 4 MCU dengan film epik Black Panther Wakanda Forever dan tayangan menyenangkan GOTG Holiday Special. Tentunya sebagai waralaba film superhero yang sangat besar dan disukai oleh banyak orang, Marvel sendiri masih mempunyai deretan film dan serial menarik lainnya yang akan menjadi bagian awal Fase 5 MCU pada tahun 2023 mendatang. Setidaknya ada 3 film besar dan 7 serial yang sudah terkonfirmasi akan tayang pada tahun depan. Apa saja? Simak langsung daftar lengkapnya di bawah ini, Geeks!

Ant-Man and the Wasp: Quantumania (17 Februari 2023)

Dari sekian banyak serial dan film MCU yang akan tayang pada tahun 2023, Ant-Man and the Wasp Quantumania merupakan film besar yang akan menandai awal Fase 5 MCU sekaligus memperkenalkan sosok big bad villain Kang the Conqueror (Jonathan Majors) untuk pertama kalinya. Selain Majors, filmnya yang disutradarai oleh Peyton Reed ini akan dimeriahkan juga oleh Paul Rudd sebagai Scott Lang/Ant-Man, Evangeline Lilly sebagai Hope/Wasp, bersama Michael Douglas, Michelle Pfeiffer, Kathryn Newton, dan Bill Murray. Menariknya, sutradara Peyton Reed baru saja berjanji bahwa film yang berlatar di Quantum Realm ini akan mempunyai tingkat dan skala yang mirip dengan film Avengers.

Guardians of the Galaxy Vol. 3 (5 Mei 2023)

Film besar selanjutnya yang dipastikan akan tayang pada tahun 2023, bersamaan dengan serial dan film MCU lainnya, adalah Guardians of the Galaxy Vol. 3. Film MCU terakhir dari sutradara James Gunn ini akan kembali berfokus pada Peter Quill (Chris Pratt) dan kawan-kawan yang melakukan misi berbahaya untuk melindungi para anggota Guardians dari villain super cerdas High Evolutionary (Chukwudi Iwuji). Selain itu, mereka juga tampaknya akan bertemu dengan sosok kosmik Adam Warlock (Will Poulter) yang ditakdirkan untuk mengalahkan para Guardians. Dengan semua ancaman tersebut, Gunn berjanji bahwa GOTG 3 akan menjadi tayangan MCU yang sangat emosional.

The Marvels (28 Juli 2023)

The Marvels akan menjadi film terakhir pada tahun 2023 yang akan menghiasi deretan tayangan dan serial pada awal Fase 5 MCU dengan dunia kosmik Marvel yang sangat megah. Filmnya dari sutradara Nia DaCosta ini dipastikan akan menghadirkan tiga superheroin MCU sekaligus, termasuk Captain Marvel (Brie Larson), Ms. Marvel (Iman Velani), dan Monica Rambeau (Teyonah Parris) yang dikabarkan akan menjadi Photon. Berdasarkan sinopsis yang baru-baru ini terungkap, ketiga wanita tangguh Marvel tersebut nantinya akan berhubungan dengan kelompok revolusioner Kree. Film The Marvels nantinya akan dimeriahkan juga oleh Park Seo-Joon dan Zawe Ashton.

What If…? Season 2 (Awal 2023)

Dari film MCU, sekarang kita beralih ke tayangan serial yang akan tayang di saluran streaming Disney+ pada tahun 2023 nanti. Dimulai dari serial What If…? Season 2 yang sudah dipastikan akan mempunyai sembilan episode. Sama seperti season perdananya, serial yang ditulis oleh A. C. Bradley dan disutradarai oleh Bryan Andrews ini akan bercerita tentang kejadian multiverse yang melibatkan banyak karakter varian. Sejauh ini serialnya sendiri telah mengungkap plot episode perdana season 2 yang akan berfokus pada pertarungan Captain Carter melawan villain Hydra Stomper, yang diduga adalah kekasihnya yaitu Steve Rogers.

Secret Invasion (Awal 2023)

Serial MCU tahun 2023 selanjutnya yang digadang-gadang akan mempunyai standar film Hollywood adalah Secret Invasion. Alasan mengapa banyak penggemar yang merasa bahwa serial yang ditulis oleh Kyle Bradstreet ini akan mempunyai standar film adalah karena jajaran bintang yang terlibat di dalamnya. Seperti Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Kingsley Ben-Adir, Emilia Clarke, Martin Freeman, Don Cheadle, dan masih banyak bintang Hollywood lainnya. Berdasarkan judulnya, terungkap bahwa Secret Invasion terinspirasi dari kisah komik berjudul sama yang akan menceritakan invasi alien Skrull, yang terkenal bisa berubah bentuk.

Loki Season 2 (Pertengahan 2023)

Loki Season 2 adalah serial MCU selanjutnya yang sudah sangat diantisipasi kehadirannya oleh para penggemar. Alasannya, karena sekuel yang akan berjumlah enam episode ini akan kembali melanjutkan kisah sang God of Mischief (Tom Hiddleston) yang terakhir kali berusaha mengungkap sosok varian Kang bernama He Who Remains kepada para pegawai TVA, termasuk sahabatnya Mobius M. Mobius (Owen Wilson). Serial yang digadang-gadang mempunyai banyak koneksi terhadap film MCU ini diramalkan akan menjadi tayangan paling hits pada tahun 2023. Karena nantinya Loki dipastikan akan kembali melakukan penjelajahan waktu, bahkan mungkin perjalanan epik di multiverse Marvel.

Ironheart (Akhir 2023)

Setelah sebelumnya debut di film MCU Black Panther: Wakanda Forever, karakter Riri Williams dari Dominique Thorne dipastikan akan kembali dengan serial solonya yang berjudul Ironheart pada tahun 2023 nanti. Di serial yang ditulis oleh Chinaka Hodge ini Riri akan diceritakan kembali mengerjakan armor baru untuk menghadapi seorang penyihir tangguh Marvel yang dikenal sebagai The Hood (Anthony Ramos). Dengan plot tersebut tampaknya serial Ironheart ingin berfokus pada pertempuran sihir vs mesin. Di mana hal tersebut jarang sekali diangkat di media Marvel sebelumnya, baik itu komik maupun MCU.

Echo (Akhir 2023)

Meskipun produksinya sempat mengalami sejumlah kesulitan, tetapi sampai detik ini Marvel Studios masih menjadwalkan serial Echo untuk tayang pada tahun 2023 nanti. Serial yang berfokus pada karakter tunarungu MCU bernama Echo (Alaqua Cox) ini sempat dirumorkan akan menghadirkan para villain dan hero street level Marvel, seperti Kingpin (Vincent D’Onofrio) dan Daredevil (Charlie Cox). Hal tersebut sebenarnya cukup masuk akal, mengingat sebelumnya di serial Hawkeye, karakter Echo digambarkan sebagai anak Kingpin yang berkhianat. Jadi bukan tidak mungkin nantinya Kingpin akan memburu Echo yang mendapatkan bantuan dari sang Man Without Fear, Daredevil.

Agatha: Coven of Chaos (Akhir 2023)

Siapa yang menyangka villain seperti Agatha Harkness (Kathryn Hanh), bisa mendapatkan kesempatan untuk kembali di MCU dengan serialnya sendiri. Faktanya melalui serial solo yang diberi judul Agatha: Coven of Chaos, penyihir black magic ini dipastikan akan kembali mengancam MCU dengan agenda yang masih belum terungkap. Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa serial solo Agatha yang dijadwalkan tayang tahun 2023 ini akan menjadi gerbang untuk membawa kembali Scarlet Witch yang nasibnya ambigu di ending film Doctor Strange 2. Sayangnya, sampai saat ini Marvel Studios sendiri masih belum mengungkapkan sinopsis resmi dari serial Agatha: Coven of Chaos.

Wonder Man (2023-2024)

Wonder Man adalah serial MCU yang baru saja Marvel umumkan kepada penggemar beberapa waktu lalu. Walaupun begitu, pada bulan Oktober lalu aktor Yahya Abdul Mateen II sudah dikonfirmasi akan menjadi bintang utamanya. Di Marvel Comics sendiri Simmons Willaim alias Wonder Man merupakan mantan villain yang menjadi anggota Avengers terkuat karena kemampuannya dalam memanipulasi partikel ion di tubuhnya. Dengan produksi yang akan segera dimulai pada awal tahun depan, serial Wonder Man sempat diberitakan akan tayang pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024.

Itulah deretan film dan serial MCU yang sudah mendapatkan jadwal untuk tayang perdana pada tahun 2023 nanti. Melihat jumlah film MCU yang akan tayang pada tahun 2023, sebenarnya tidak terlalu mengejutkan jika Marvel Studios menyajikan tiga film dalam satu tahun, seperti tahun 2022 ini. Yang membuat penasaran justru deretan tayangan serial MCU yang mencapai 7 tayangan, dengan jumlah ini artinya tahun 2023 akan menjadi tahun paling sibuk sekaligus meriah bagi saluran streaming Disney+. Dari semua tayangan ini, mana yang paling kalian antisipasi, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.