Setelah konsep besarnya diperkenalkan di film Avengers: Endgame, time travel tampaknya akan jadi elemen yang sangat penting di Multiverse Saga, khususnya Fase 5 dan 6 MCU mendatang. Tentunya untuk melakukan time travel alias penjelajah waktu ke masa lalu atau masa depan, dibutuhkan sebuah alat canggih yang dapat mewujudkan itu semua. Faktanya di MCU sendiri ternyata ada berbagai alat time travel yang telah diperkenalkan oleh Marvel, baik di cerita canonnya maupun di sejumlah tayangan pendukung lainnya. Apa saja alat canggih yang dimaksud? Simak daftar lengkapnya di bawah ini, Geeks!

Time Stone

Alat time travel pertama yang diperkenalkan di MCU adalah batu kosmik Time Stone yang pertama kali muncul di film Doctor Strange (2016). Awalnya kita semua diberitahu bahwa benda yang Strange manfaatkan untuk memanipulasi waktu di film pertamanya adalah artefak sakti Eye of Agamotto. Pada kenyataannya, film Avengers: Infinity Wars justru mengungkap bahwa Eye of Agamotto tidak lebih dari sebuah wadah untuk Time Stone. Meskipun tidak bisa membawa fisik penggunanya untuk menjelajahi timeline, tetapi Time Stone terbukti mampu membuat pikiran Strange mengetahui peristiwa yang terjadi pada masa depan. Hal ini terbukti ketika Strange menggunakannya di Titan, planet asal Thanos.

Time Di’Alla (Agent of SHIELD)

Sama seperti Time Stone, Time Di’Alla adalah sebuah artefak berbentuk bongkahan batu besar yang ternyata bisa dimanfaatkan lebih lanjut untuk melakukan time travel. Batu ini hanya muncul di serial Agents of S.H.I.E.L.D. yang premisnya banyak mengambil referensi dari MCU. Misalnya agen Phil Coulson yang sempat diperlihatkan mati di film The Avengers, di mana di serial ini dia justru diceritakan hidup kembali dan sempat menggunakan Time Di’Alla untuk pergi ke tahun 2091. Ketika Leo Fitz dan Jemma Simmons menggabungkan pecahan Time Di’Alla dengan Jump Drive di pesawat Zephyr One, para agen SHIELD bisa menggunakan pesawatnya untuk melakukan time travel ke titik mana pun dalam sejarah.

Chase’ Time Machine (Runaways)

Selanjutnya, alat time travel yang sempat muncul di kisah pendukung MCU adalah Time Machine yang diciptakan oleh Chase Stein di serial Runaways. Sama seperti Agents of S.H.I.E.L.D., Runaways juga bisa dibilang cukup banyak mengambil referensi dari MCU, sayangnya sampai hari ini MCU tidak melakukan hal yang sama pada serialnya. Anyway, meskipun Chase tidak mempunyai kekuatan super, tetapi dengan buku Abstract miliknya yang berisi semua pengetahuan di alam semesta, dia akhirnya bisa menciptakan Time Machine seukuran jam tangan. Di mana alat ini memungkinkan Chase untuk membelokan waktu, sehingga dia bisa pergi ke masa lalu maupun masa depan.

Temporal Dial (Deadpool 2)

Alat time travel berbentuk jam tangan lainnya pernah dihadirkan juga di kisah sang Merc With a Mouth, yang ke depannya akan menjadi bagian dari MCU melalui film Deadpool 3. Muncul pertama kali di film Deadpool 2, alat yang disebut Temporal Dial ini dipakai oleh Cable untuk pergi ke masa lalu demi mengubah sejarah. Awalnya Cable sempat menjelaskan bahwa Temporal Dial hanya bisa dipakai dua kali saja. Namun, masalah tersebut berhasil diatasi oleh Yukio and Negasonic Teenage Warhead, sehingga di credit scene filmnya, Deadpool bisa menggunakannya berkali-kali tanpa perlu khawatir lagi. Ada kemungkinan Temporal Dial akan dimunculkan kembali di film Deadpool 3 untuk menghubungkan filmnya dengan karakter Wolverine yang sudah dipastikan muncul.

Time Space GPS

Time Space GPS adalah alat time travel yang pertama kali diceritakan di film Avengers: Endgame, saat para superhero MCU ingin ‘meminjam’ Infinity Stones dari timeline lain. Alat canggih ini berhasil diciptakan oleh Tony Stark setelah mendapatkan petunjuk tentang Quantum Realm dari Ant-Man. Dengan alat seukuran jam tangan yang ditenagai oleh Pym Particle serta kostum khusus yang disebut Advanced Tech Suit, mereka bisa melakukan perjalanan waktu melalui Quantum Realm. Dengan cara yang sama, di ending Endgame, Steve Rogers juga diceritakan pergi ke masa lalu untuk mengembalikan Infinity Stones sekaligus tinggal bersama Peggy Carter dan menua bersamanya.

TemPad

TemPad adalah sebuah alat canggih berbentuk smartphone yang diciptakan oleh He Who Remain pada abad ke-31. Muncul pertama kali di serial MCU berjudul Loki, alat time travel yang satu ini dimiliki oleh hampir semua pegawai Time Variance Authority. Selain berfungsi sebagai database dan alat komunikasi, TemPad juga bisa memanggil Time Door yang memungkinkan penggunanya untuk pergi ke suatu titik timeline dalam sejarah MCU. Setelah multiverse MCU lahir karena kematian He Who Remains di ending Loki, ada kemungkinan TemPad juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan ke universe lain.

Gelang Ms. Marvel

Terakhir, alat time travel terbaru yang telah diperkenalkan Marvel Studios di MCU adalah gelang misterius Kamala Khan. Muncul pertama kali di serial Ms. Marvel, asal-usul dari gelang ini masih sangat misterius dan tidak ada satu pun yang mengetahui siapa pemilik aslinya. Yang jelas setelah Kamala mendapatkan gelang ini dari neneknya, dia terbukti mampu menciptakan energi kristal hanya dengan pikirannya. Menjelang ending serialnya, Ms. Marvel secara tidak sengaja mengaktifkan kekuatan baru yang memungkinkan dia untuk pergi ke masa lalu, tepatnya saat partisi India dan Pakistan pada tahun 1947.

Itulah pembahasan tentang berbagai alat time travel yang sempat diceritakan di berbagai kisah MCU. Di mana hampir semua alat ini pada umumnya memungkinkan penggunanya untuk melakukan perjalanan ke masa lalu maupun masa depan. Menariknya, karena pada dasarnya yang menyebabkan kemunculan multiverse MCU adalah cabang timeline, itu artinya alat time travel juga mungkin bisa dimanfaatkan untuk melintasi multiverse. Kita lihat saja nanti ya, Geeks, seperti apa pengembangan cerita time travel pada masa depan MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.