Mungkin bagi sebagain orang, tayangan misteri pembunuhan atau kasus berat lainnya selalu menyenangkan untuk diikuti. Apalagi jika karakter utama yang memecahkan misterinya adalah detektif yang mempunyai kemampuan deduksi lebih baik dari manusia pada umumnya. Dari sekian banyak detektif yang diperkenalkan melalui buku, serial, dan film Hollywood, setidaknya ada 6 karakter ikonik yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi kehebatannya. Alasannya, tentu saja karena mereka telah memecahkan banyak kasus sulit, sekaligus sering muncul di tayangan Hollywood dengan sejumlah inkarnasinya.

Sherlock Holmes

Dari sekian banyak detektif fiktif, ada satu karakter ikonik yang paling sering muncul di berbagai tayangan Hollywood dengan diperankan oleh sejumlah aktor ternama. Siapa lagi kalau bukan Sherlock Holmes, detektif ikonik yang diperkenalkan oleh novelis Sir Arthur Conan Doyle pada abad ke-19. Meskipun karakter klasik ini telah diciptakan lebih dari 100 tahun lalu, tetapi sampai hari ini mungkin namanya masih tercatat sebagai detektif fiktif paling terkenal sepanjang masa. Ada sejumlah bintang Hollywood yang telah memerankan karakternya. Mulai dari Benedict Cumberbatch di serial Sherlock, kemudian Robert Downey Jr. di film Sherlock Holmes, sampai Henry Cavill di film andalan Netflix Enola Holmes.

Hercule Poirot

Detektif ikonik berikutnya yang juga cukup populer di Hollywood adalah Hercule Poirot. Meskipun berada pada posisi kedua, tetapi Poirot juga tidak kalah eksentrik dari Holmes. Di mana para penggemar dapat dengan mudah mengenali detektif ciptaan novelis Agatha Christie ini dari kumisnya yang besar dan melengkung. Ada banyak sekiali serial dan film Hollywood yang telah menceritakan prestasi Hercule dalam memecahkan berbagai kasus sulit. Inkarnasi terbarunya bisa kita lihat di waralaba film karya sutradara Kenneth Branagh, seperti Murder on the Orient Express dan Death on the Nile. Di mana Branagh berperan langsung dalam filmnya sebagai detektif Hercule Poirot.

Nancy Drew

Nancy Drew mungkin tidak mempunyai pengalaman sebanyak Sherlock atau Poirot, tetapi dari segi popularitas di Hollywood, faktanya dia cukup dikenal sebagai detektif ikonik di kalangan anak muda. Alasannya tidak lain karena dia digambarkan sebagai detektif amatir yang usianya masih relatif muda, di mana kasus-kasus yang dia hadapi umumnya terasa lebih ringan. Walaupun begitu, dalam beberapa kisahnya, cara berpikir Nancy yang masih polos membuatnya bisa menyelesaikan berbagai misteri yang tidak bisa dipecahkan oleh profesional. Di film terbarunya yang berjudul Nancy Drew and the Hidden Staircase, karakter ikoniknya diperankan oleh bintang It Sophia Lillis

Batman

Rasanya kurang lengkap jika tidak memasukan karakter Bruce Wayne alias Batman sebagai detektif ikonik di Hollywood. Superhero dari DC Universe ini memang terkenal mempunyai kemampuan deduksi yang ‘canggih’ saat memecahkan misteri di Kota Gotham. Dengan kecerdasan dan teknologi canggih yang dimilikinya, hampir tidak ada kasus sulit yang tidak bisa dipecahkan oleh Batman. Hal ini pada akhirnya membuat Batman dijuluki sebagai ‘Detektif Terbaik di Dunia’. Film The Batman yang dibintangi oleh Robert Pattinson, adalah salah satu tayangan terbaik DC yang berhasil mengeksplorasi kemampuan Batman sebagai detektif.

Jessica Jones

Dari DC, sekarang kita beralih ke Marvel, karena ternyata di salah satu serial Hollywood-nya telah menghadirkan sosok ikonik yang cukup terkenal sebagai detektif andal. Dia adalah Jessica Jones, superheroin Marvel yang telah eksis di Marvel Universe selama lebih dari 20 tahun. Selain bisa terbang dan mempunyai kekuatan super, istri Luke Cage sekaligus anggota Avengers ini juga ternyata cukup terkenal sebagai investigator cerdas. Di mana kemampuan deduksinya selalu membuat setiap kasus yang dihadapi Jessica bisa selesai sebelum menimbulkan lebih banyak masalah. Aksinya Jessica bisa kita lihat di berbagai serial live action Marvel-Netflix, dengan Krysten Ritter sebagai bintangnya.

Benoit Blanc

Dari semua detektif ikonik yang ada di daftar ini, mungkin Benoit Blanc dari aktor Daniel Craig adalah yang paling baru diperkenalkan di Hollywood. Karakter yang diperankan oleh bintang James Bond ini merupakan protagonis utama di waralaba film Knives Out. Meskipun digambarkan sebagai detektif swasta yang cukup flamboyan, sopan, dan agak eksentrik, tetapi sejatinya Blanc mempunyai pemikiran yang sangat cerdas. Di mana dia tidak akan berhenti berpikir sampai kasus yang dihadapinya benar-benar terpecahkan. Pada tanggal 23 Desember besok, Benoit Blanc akan kembali beraksi dengan film terbarunya di Netflix yang berjudul Onion Glass.

Itulah 6 detektif ikonik yang sepak terjangnya di Hollywood sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Karena faktanya, setiap film atau serial yang mereka bintangi, umumnya akan selalu sukses dan mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari para penggemar misteri. Apalagi sekarang mereka sudah sangat terkenal sebagai ikon pop culture yang setiap aksinya selalu diantisipasi oleh banyak orang. Dari semua detektif hebat ini siapa yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.