Film superhero menjadi salah satu genre dengan anggaran terbesar. Demi menampilkan visual dan cerita yang menarik, pihak studio biasanya tak ragu menggelontorkan dana yang masif. Dan salah satu studio besar yang rela mengeluarkan dana yang masif adalah Warner Bros, yang saat ini masih memegang hak atas berbagai karakter DC Comics. Sepanjang sejarah, sudah banyak film DC yang pernah dibuat. Nah di antara berbagai film DC yang pernah dibuat, mana yang menjadi film DC paling mahal? Berikut adalah 10 DC dengan budget pembuatan terbesar. Apa saja filmnya? Simak berikut ini!

Suicide Squad

Bagaimana jadinya jika sekelompok kriminal bengis ditunjuk menjadi pahlawan super dan diberikan misi menyelamatkan dunia? Itulah yang terjadi dalam film Suicide Squad yang digarap oleh sutradara David Ayer. Diceritakan bahwa para penjahat terkenal seperti Deadshot, El Diablo, Harley Quinn dan yang lainnya ditunjuk oleh seorang wanita di pemerintahan bernama Amanda Waller untuk menyelamatkan Amerika Serikat. Disitulah para penjahat dipaksa bekerja sama. Karena jiga tidak, nyawa mereka yang justru menjadi ancaman. Film ini membintangi nama-nama beken Hollywood seperti Will Smith, Jay Hernandez, Margot Robbie, Jai Courtney, Adewale Akinnuoye-Agbaje dan Adam Beach. Nah untuk menyelesaikan filmnya, Warner Bros harus mengelontorkan dana sebesar $175 juta. Walaupun mendapat pendapatan sebesar $746 juta, sayangnya film ini mendapat banyak kritik negatif.

Batman: The Dark Knight

The Dark Knight menjadi sekuel dari film Batman Begins yang rilis tahun 2008. Christopher Nolan pun kembali ditunjuk menyutradarai filmnya, dengan Christian Bale yang kembali memerankan sang karakter utama, Batman alias Bruce Wayne. Berbeda dengan film sebelumnya, kali ini Batman harus menghadapi musuh baru yaitu Joker. Joker muncul untuk merusak pengaruh Batman dan membuat Gotham menjadi rusuh. Disitulah tugas Batman menghentikan villain psikopat tersebut, dan mencegah hal yang lebih besar terjadi. Selain Bale, filmnya juga membintangi nama besar lainnya seperti Heath Ledger, Gary Oldman, Aaron Eckhart, dan Morgan Freeman. Pembuatan film ini memakan biaya sebesar $180 juta, dengan pendapatan bersih $1 miliar.

The Suicide Squad

The Suicide Squad adalah reboot dari film Suicide Squad (2016). Dalam film ini, James Gunn yang bertugas menyutradarainya. Sama seperti film pertama, The Suicide Squad juga menceritakan sekelompok penjahat yang ditugaskan menyelamatkan Amerika. Yang membedakan dari film pertama adalah sebagian karakter dan pemeran baru yang dihadirkan. Contohnya adalah Idris Elba sebagai Blood Sport, John Cena sebagai Peacemaker, dan Sylvester Stallone sebagai King Shark. Sayangnya, pendapatan yang diterima masih berada di bawah budget produksinya. The Suicide Squad hanya meraup keuntungan $167 juta sementara biaya produksinya memakan $185 juta. Walau begitu, film ini mendapat respon yang sangat positif dan dianggap sebagai salah satu film DC terbaik.

Aquaman

Film DC berikut yang paling mahal adalah Aquaman. Aquaman sukses menjadi film DC paling laris sepanjang masa. Bagaimana tidak? Film ini meraup keuntungan sebesar $1.1 miliar, jauh meninggalkan film-film DC lainnya seperti Joker (2019) dan The Dark Knight Rises (2012). Padahal Warner Bros hanya menggelontorkan dana sebesar $200 juta, untuk pembuatannya. Film yang rilis tahun 2018 ini menceritakan asal-usul Arthur Curry alias Aquaman yang diberkahi kemampuan mengendalikan air dan hewan laut. Namun dengan kekuatan dahsyatnya, ada tanggung jawab besar dipundaknya untuk menyelamatkan dunia dari perang antara penduduk lautan dan daratan. Film yang disutradarai James Wan ini menghadirkan Jason Momoa sebagai pemeran utama, di mana ia memerankan Aquaman.

Wonder Woman 1984

Wonder Woman 1984 menjadi sekuel dari film Wonder Woman (2017) yang kembali menampilkan Gal Gadot sebagai Diana Prince. Film tersebut akan mengambil latar waktu tahun 80-an, di mana Diana harus menghadapi dua musuh baru sekaligus yaitu Maxwell Lord dan Cheetah. Selain membintangi Gal Gadot, film garapan Patty Jenkins ini juga menghadirkan beberapa nama lain seperti Chris Pine sebagai Steve Trevor, Kristen Wiig sebagai Cheetah, dan Pedro Pascal sebagai Maxwell Lord. Filmnya mendapat respons yang positif. Namun sayang, filmnya hanya mendapat pendapatan $166 juta. Yap, film ini dirilis di masa pandemi sehingga tidak banyak yang menyaksikannya. Padahal Warner Bros menggelontorkan dana sebesar $200 juta untuk menggarapnya.

Superman Returns

Di tahun 2006, Superman mendapat kesempatan tampil dalam film solonya berjudul Superman Returns. Disutradarai Bryan Singer, Superman Returns menghadirkan Brandon Routh sebagai sang pemeran utama, Superman. Selain Routh, filmnya juga menghadirkan Kevin Spacey, Kate Bosworth, dan James Marsden. Film berdurasi 154 menit ini diproduksi oleh Warner Bros dengan biaya sebesar $204 juta, dengan pendapatan filmnya yang hanya $391 juta. Diceritakan bahwa Superman harus menghadapi Lex Luthor dan musuh-musuhnya yang lain. Namun semuanya tidak pernah mudah karena Superman juga harus membuktikan bahwa dirinya masih dibutuhkan di Bumi. Sayangnya, sekuel Superman Returns tidak pernah dibuat, sehingga berakhir dengan cerita yang cukup menggantung.

Man of Steel

Film DC berikutnya yang paling mahal adalah Superman. Sama seperti Superman Returns, film Man of Steel masih menceritakan petualangan Superman. Hanya saja, banyak perubahan yang dilakuakn, mulai dari cerita hingga para pemain. Yang harus dicatat, Man of Steel berada di semesta DCU, yang berarti bukan lanjutan dari Superman Returns. Dalam film tersebut, Henry Cavill ditunjuk sebagai pemeran Superman. Terlepas dari sambutan beragam yang didapat dari kritikus, Man of Steel berhasil mendapat pendapatan sebesar $667 juta, dan menjadikannya sebagai film Superman berpendapatan tertinggi sepanjang masa. Padahal biaya produksinya hanya $225 juta. Sayangnya, ini menjadi film solo terakhir Henry Cavill sebagai Superman, karena saat ini pemeran Superman diganti aktor lain.

The Dark Knight Rises

The Dark Knight Rises menceritakan 8 tahun setelah apa yang terjadi di The Dark Knight. Ketika itu Gotham mulai terlihat damai. Namun ditengah masa istirahatnya sebagai pahlawan super, Batman harus beraksi kembali untuk menghadapi dua ancaman baru yaitu Bane dan Catwoman. Itulah yang akhirnya membuat Batman harus keluar dari persembunyiannya. Ada 3 aktor baru yang dilibatkan dalam film ini yaitu Joseph Gordon-Levitt, Tom Hardy, dan Anne Hathaway. Untuk menyelesaikan The Dark Knight Rises, Warner Bros harus mengeluarkan biaya sebesar $230 juta. Namun biaya yang mereka keluarkan sepadan dengan hasil masif yang didapat. The Dark Knight Rises berhasil mendapatkan pendapatan $1 miliar, dan berhasil memenangkan berbagai penghargaan bergengsi.

Batman v Superman: Dawn of Justice

Batman v Superman: Dawn of Justice adalah film kedua DCU yang dibuat untuk menyaingi film Captain America: Civil War. Sesuai dengan judul, Dawn of Justice memperlihatkan bagaimana Batman dan Superman saling bertarung. Batman menganggap Superman sebagai ancaman bagi umat manusia, karena kekuatannya tidak terkendali. Dan sejak itulah Batman berupaya menghentikan Superman dengan segala cara. Meskipun Dawn of Justice cukup berhasil di box office dengan mendapatkan $872 juta, namun kabarnya Warner Bros masih kecewa dengan pendapatan tersebut, mengingat pesaingnya, Captain America: Civil War meraih $1.1 miliar. Apalagi mengingat film ini menjadi film DC termahal kedua, karena menghabiskan budget $250 juta.

Justice League

Tidak heran jika film Justice League menjadi film termahal. Film ini menghabiskan anggaran $300 juta. Wajar jika dibutuhkan anggaran yang masif untuk membuatnya, mengingat banyak pemeran bintang yang terlibat. Juga banyak efek khusus yang diperlukan dan tambahan biaya yang dibutuhkan setelah Zack Snyder hengkang dan digantikan dengan Joss Whedon. Pergantian sutradara itulah yang membuat produksi filmnya menjadi sangat kacau. Dan setelah filmnya rilis ke publik, Justice League dianggap sebagai film superhero terburuk dan akhirnya hanya mendapatkan pendapatan sebesar $657 juta. Kegagalan inilah yang diduga memicu Warner Bros untuk mengubah total DCU dan meninggalkan rencana Zack Snyder.

Itulah dia Geeks beberapa film DC yang memiliki biaya produksi terbesar, dan menjadikannya sebagai film DC paling mahal yang sudah dirilis. Apakah ada film-film baru DC yang akan lebih mahal dari daftar ini? Well kita tunggu aja ya Geeks.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/