Dari dahulu hingga sekarang, Marvel terkenal sebagai komik superhero Amerika yang telah memboyong para dewa dan dewi dari berbagai mitologi di dunia nyata. Termasuk dewa Aesir dari legenda Nordik, dewa Teteoh dari legenda Aztek, dewa Heliopolis dari legenda Mesir Kuno, dan tentu saja dewa Olympus dari legenda Yunani serta Romawi. Menariknya, tahukah kalian bahwa dari semua dewa yang ada di Marvel Universe, terdapat satu dewi yang diduga kuat berasal dari legenda Indonesia, yaitu Davi Naka. Siapa sebenarnya Davi Naka dan seperti apa hubungannya dengan Indonesia? Mari langsung saja kita bahas.

Davi Naka, Dewi Pelindung Naga

Di Marvel Comics, Davi Naka dijuluki sebagai Mother Goddess of Madripoor, yang artinya ibu dari para dewi yang sangat disembah di Madripoor. Sebagai pengingat, Madripoor sendiri adalah kota fiktif yang berlokasi di sebelah selatan Singapura, tepatnya di antara gugusan pulau Indonesia. Dewi berkulit hijau dan bersisik naga ini muncul pertama kali di komik Sword Master #5 (2019) yang ditulis oleh Greg Pak dan Fonda Lee, serta digambar oleh ilustrator asal Bandung bernama Ario Anindito. Itulah mengapa sosok dewi di Marvel Universe ini tampak mengenakan kebaya dan pernak-pernik tradisional khas Indonesia.

Kemunculan perdana dewi Indonesia di Marvel Universe ini terjadi saat anak Dewa Ares dari Olympus yang bernama Ismenios, berusaha mencuri harta karun Atlantis yang berada di laut dalam. Perbuatan Ismenios ini tentunya langsung memancing kemarahan sang raja Atlantis Namor. Sebelum Namor sempat membunuhnya, Davi Naka datang menyelamatkan Ismenios dan berjanji kepada Namor untuk mengurung anak dewa Olympus tersebut di kuil sucinya yang berada di Madripoor. Sadar dengan posisinya, Namor tidak punya pilihan lain selain menuruti saran sang dewi yang terkenal sebagai pelindung naga laut.

Saat kabar tentang keberadaan anaknya sampai ke telinga Ares, dia langsung merekrut Shang-Chi dan Sword Master untuk menyelamatkan Ismenios. Pada titik inilah Dewa Perang Olympus dan dua karakter kuat Marvel tersebut harus berhadapan dengan Davi Naka. Di mana Davi Naka sendiri ternyata bisa mengungguli Ares dengan kombinasi kekuatan dan kecepatannya. Sebelum semuanya bertambah buruk, sang dewi menjelaskan bahwa semuanya dia lakukan demi melindungi Ismenios. Dia merelakan Ares dan Ismenios pergi, asalkan mereka siap bertanggung jawab kepada Namor dan para Atlantean.

Sekuat Dewa Perang Olympus

Meskipun kemunculannya singkat, cukup jelas bahwa dewi Indonesia di Marvel Universe ini tidak kalah hebat dari dewa dan dewi lain. Faktanya secara kekuatan dan kecepatan, dia mampu menggungguli Ares yang terkenal sebagai Dewa Perang di Olympus. Yang lebih menariknya lagi, Ares juga sempat menjelaskan bahwa sebenarnya Davi Naka telah eksis sejak ayahnya Zeus masih ‘menggantikan popok’-nya. Itu artinya bisa kita simpulkan bahwa usia sang dewi kurang lebih sama tuanya dengan Zeus dan dewa senior lainnya di Marvel Universe.

Selain memiliki kekuatan dan kecepatan super layaknya para dewa Marvel lain, Davi Naka juga bisa menembakan ledakan energi dari tangannya yang terbukti bisa melukai tubuh seorang dewa. Ketika dia berhadapan dengan Ares, Shang-Chi, dan Sword Master, Davi Naka juga terlihat bisa mengeluarkan pasukan golem batu yang sangat kuat dan juga setia kepadanya. Saat keluar dari air, biasanya Davi Naka tidak akan berjalan seperti manusia, melainkan terbang dengan menggunakan sayap besar yang keluar dari punggungnya. Berdasarkan semua ini bisa kita simpulkan bahwa Davi Naka sangatlah sakti mandraguna.

Terinspirasi dari Ratu Laut Selatan?

Dengan berbagai petunjuk mengenai dirinya, termasuk penampilan dan pencipta karakternya, sebenarnya hal tesebut sudah cukup untuk menjelaskan bahwa Davi Naka merupakan dewi asal Indonesia yang eksis di Marvel Universe. Menariknya, seakan hal tersebut masih belum cukup untuk dijadikan bukti, komik Sword Master pernah kembali menegaskan bahwa nama Davi Naka sebenarnya terinspirasi dari agama Hindu Bali yang menyebut dewi dengan sebutan devi. Dan Davi Naka sendiri sebenarnya menyerap kata dari bahasa Indonesia, yaitu Dewi dan Naga.

Yang lebih menariknya lagi, jika merujuk pada Dewi Naga di Indonesia, sebenarnya ada satu sosok yang terkenal di kalangan orang Indonesia sebagai Ratu Laut Selatan yang konon sering terlihat mengenakan kebaya berwarna hijau. Di mana Dewi Naga ini digambarkan mempunyai 3 orang anak, yaitu Nyi Blorong, Nyi Rara Panas, dan Nyi Ningrum. Kemungkinan besar saat Ario menggambar Davi Naka, dia terinspirasi dari Ratu Pantai Selatan yang legendanya cukup terkenal di kalangan penduduk tanah Jawa dan Bali, yang tidak lain adalah Dewi Naga.

Itulah pembahasan tentang sosok Davi Naka alias Dewi Naga Indonesia yang eksis di Marvel Universe. Melihat sejarah dan juga sepak terjang dari Davi Naka ini, sepertinya Marvel memang ingin berusaha menghadirkan dewa dewi di semestanya dengan berimbang. Sehingga akhirnya kemunculan Davi Naka sendiri tidak kalah hebat dari dewa dan dewi mitologi lain, karena di Indonesia sendiri memang sosok Dewi Naga sangat dihormati oleh segelintir orang yang masih percaya dengan legendanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.