Siapa sebenarnya Eternity Devil dan apa tujuannya mengincar nyawa dari Denji? Chapter 113 kemarin dari seri manga Chainsaw Man memperlihatkan momen menarik di mana Denji berkencan dengan Asa Mitaka. Mereka berdua pergi ke sebuah aquarium. Sayangnya, kencan yang seharusnya menjadi momen sempurna bagi Asa harus hancur karena dia terlalu memaksakan kehendaknya terhadap Denji.

Namun, selain memperlihatkan momen kencan dari Asa dan Denji yang juga tidak kalah menarik adalah kemunculan perdana dari Famine Devil. Juga, di akhir chapternya, kita diperlihatkan tentang momen kembalinya Eternity Devil yang dianggap sudah kembali dari neraka. Siapa sebenarnya Eternity Devil dan apa yang dia inginkan dari sosok Denji?

Siapa Eternity Devil

Kemunculan perdana dari Eternity Devil bisa kita lihat lagi di chapter 14 untuk versi manganya, dan episode 5 untuk versi animenya. Sesuai namanya, Eternity Devil menjadi perwujudan dari rasa takut akan keabadian (eternity) yang mana bisa kita lihat dari tanda tanpa batas (infinity sign) yang menjadi wujud dari tubuhnya. Sama seperti iblis atau Devil lainnya, iblis keabadian ini juga sangat membenci manusia dan senang untuk melihat mereka menderita dan mengalami rasa sakit.

Eternity Devil sebenarnya memiliki tubuh yang kecil dan juga lemah. Namun, seiring berjalannya waktu, tubuhnya semakin membesar dan menjadi jauh lebih kuat. Di ceritanya sendiri Power sempat membelah tubuh dari Devil ini, yang nampak seperti sebuah kepala. Namun, kemudian, dia tumbuh jadi lebih besar dan bahkan mampu berkembang menjadi sebesar ruangan.

Berbicara mengenai kekuatan, Eternity Devil mampu untuk menciptakan sebuah lingkaran keabadian (eternity loop) yang bisa menjebak musuhnya untuk terjebak di sebuah ruang tiga dimensi untuk selamanya. Sebenarnya, ruang yang jadi tempat untuk menjebak musuh selamanya tersebut ada di dalam perut iblis tersebut. Hal ini terbukti ketika Aki dan rekannya terjebak di lantai 8 sebuah hotel.

Selain memiliki kekuatan untuk menjebak musuh selamanya, Eternity Devil juga memiliki kekuatan untuk menghentikan waktu di sebuah ruang atau tempat. Ketika Aki dan timnya berada di lantai delapan, dia menyadari bahwa waktu atau jam menunjukan pukul 8:18 dan tidak bergerak sama sekali. Terakhir, kekuatan yang dia miliki adalah manipulasi ukuran tubuh. Eternity Devil mampu berubah menjadi sangat besar dan tenaganya pun luar biasa, di mana dia mampu menghancurkan Denji.

Mengapa Incar Nyawa Denji?

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam cerita Chainsaw Man, sosok Chainsaw Devil merupakan jenis Devil yang spesial. Dia berbeda dari Devil lainnya, yang mana kemudian inilah alasan mengapa banyak iblis atau Devil lain berusaha untuk mengalahkannya dan bahkan mengonsumsi tubuhnya. Hal ini juga yang dilakukan oleh sang iblis keabadian dan jadi alasan mengapa dia mengincar nyawa Denji.

Chainsaw Devil adalah satu-satunya iblis yang mampu secara permanen menghancurkan iblis lainnya. Artinya, ketika Chainsaw Devil berhasil untuk mengonsumsi seseorang atau iblis lain, maka keberadaan atau kenangan mereka dari ingatan orang-orang akan dihapus atau menghilang. Satu-satunya cara untuk bisa kembali membangkitkan mereka yang sudah dikonsumsi Chainsaw Devil adalah mengeluarkannya dari perut Chainsaw Devil.

Iblis tersebut tahu akan hal ini, dan inilah alasan mengapa dia sangat menginginkan untuk menyingkirkan Chainsaw Devil. Eternity Devil ingin mengonsumsi Denji karena dia adalah iblis yang paling ditakuti dan paling kuat. Siapa pun iblis atau Devil yang berhasil mengonsumsi Chainsaw Devil akan mendampatkan peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat. Di sisi lain, iblis keabadian ini juga takut terhadap Chainsaw Devil. Karena itu, tidak jarang dia meminta orang lain untuk menghabisi Denji.

Apa Arti Kembalinya Eternity Devil?

Di chapter 113 kemarin, Denji menyadari kemunculan kembali Eternity Devil dari neraka. Hal ini berdasarkan berbagai petunjuk yang ada, seperti bagaimana Denji dan Asa terjebak di lantai mereka berada. Meskipun sudah berjalan selama ratusan meter, namun mereka tetap tidak mampu untuk pergi menuju ujung pintu atau ujung ruangannya. Inilah momen Denji menyadari kembalinya sang iblis keabadian.

Lalu, apa arti dari kembalinya sang iblis? Satu hal yang paling masuk akal mengapa Eternity Devil kembali adalah balas dendam. Dia mungkin ingin membalas apa yang terjadi sebelumnya. Jika memang demikian, maka artinya pertarungan antara Chainsaw Devil dan juga Eternity Devil akan kembali terjadi cepat atau lambat. Di sisi lain, lawan yang harus dihadapi oleh Chainsaw Devil pun semakin banyak.

Selain kemunculan kembali Eternity Devil, di awal bagian kedua Chainsaw Man kita melihat bagaimana War Devil muncul dalam cerita. War Devil sekarang bersemayan di tubuh Asa Mitaka. Kemudian, yang paling baru jelas adalah kemunculan Famine Devil yang merupakan kakak dari War Devil. Artinya, sudah ada tiga Devil yang siap bertarung menghadapi Chainsaw Devil.

Seperti yang disebutkan di poin atas, jika iblis keabadian tidak jarang meminta bantuan Devil atau pihak lain untuk membawakannya tubuh Denji atau Chainsaw Devil. Ada kemungkinan jika ketiga iblis tersebut menjalin kerja sama untuk mengalahkan Chainsaw Devil. Karena, mereka mungkin sadar bahwa untuk bisa mengalahkannya dibutuhkan kekuatan besar. Kita nantikan saja kelanjutan cerita pertarungan ini pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.