Dari sekian banyak superhero Amerika, mungkin Spider-Man adalah salah satu karakter Marvel yang paling beruntung karena sering muncul dalam bentuk live action dengan berbagai inkarnasi. Seperti Spider-Man versi Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan yang terbaru Tom Holland di Marvel Cinematic Universe. Mereka adalah bukti bahwa film Spider-Man umumnya selalu berhasil menuai kesuksesan sekaligus disukai oleh para penggemar. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya ada sejumlah proyek film Spider-Man lain yang dikembangkan, tetapi akhirnya dibatalkan. Seperti yang akan kita bahas kali ini!

Spider-Man Versi Horor

Proyek film Spider-Man pertama yang dibatalkan datang dari perusahaan film Cannon yang menyewa hak dagang Peter Parker dari Marvel pada tahun 1985. Mereka bahkan sudah menggaet sutradara Tobe Hooper dan penulis naskah Leslie Stevens untuk menggarap filmnya. Di mana ceritanya sendiri akan berfokus pada kisah horor Peter Parker yang menjadi manusia laba-laba dengan dua pasang lengan tambahan di tubuhnya. Mega bintang Tom Cruise bahkan sempat diincar oleh Cannon untuk memerankan karakternya. Sayangnya karena pada saat itu Cannon mengalami krisis finansial, akhirnya film Spider-Man versi horor ini dibatalkan.

James Cameron’ Spider-Man

Pada tahun 1990, Carolco Pictures sempat melakukan hal yang sama dengan Cannon Films, yaitu menyewa hak dagang Peter Parker dan mencoba membuat proyek film solo dengan karakternya. Di mana James Cameron mendapatkan kesempatan untuk menjadi menggarap sekaligus menulis filmnya. Naskah Cameron ini tadinya akan menghadirkan varian supervillain Electro sebagai seorang kapitalis korup dan Sandman yang terkena radiasi nuklir saat tengah berada di pantai. Pertarungan final mereka dengan Spider-Man bahkan telah direncakan akan terjadi di WTC.

Untuk pemerannya sendiri, tadinya Leonardo DiCaprio sempat dipertimbangkan untuk berperan sebagai Peter Parker, Maggie Smith sebagai Bibi May, Robyn Lively sebagai Mary Jane Watson, R. Lee Ermey sebagai J. Jonah Jameson, Michael Biehn sebagai Sandman, dan Lance Henrikson sebagai Electro. Lagi-lagi karena masalah finansial yang dialami oleh Carolco, film Spider-Man yang cukup ambisius ini terpaksa dibatalkan.

Spider-Man 4

Meskipun film trilogi Spider-Man dari sutradara Sam Raimi sangat sukses, ternyata hal tersebut tidak menjamin nasib dari proyek film keempatnya. Faktanya film Spider-Man 4 justru dibatalkan setelah Raimi mengembangkan naskahnya selama kurang lebih 2 tahun, dari 2008-2010. Tadinya Raimi akan menghadirkan banyak supervillain, seperti Lizard dari Dylan Baker, Mysterio dari Bruce Campbell, Vulture dari John Malkovich, dan bahkan Black Cat dari Anne Hathaway. Sayangnya karena Raimi tidak kunjung puas dengan naskahnya, Sony yang sudah tidak sabar terpaksa membatalkan proyeknya pada awal tahun 2010.

The Amazing Spider-Man 3 & 4

Pembatalan proyek Spider-Man 4 sendiri secara tidak langsung telah melahirkan waralaba The Amazing Spider-Man baru yang dibintangi oleh Andrew Garfield. Di mana pada tahun 2013 sebenarnya Sony telah menjadwalkan The Amazing Spider-Man 3 untuk tayang pada 10 Juni 2016. Di mana filmnya sendiri akan menceritakan Peter yang menggunakan darahnya untuk menolong orang lain.

Sedangkan The Amazing Spider-Man 4 yang tadinya akan menghadirkan Carnage sebagai villain sempat mereka jadwalkan juga untuk rilis pada 4 Mei 2018. Sayangnya, mungkin karena film The Amazing Spider-Man 2 tidak berhasil memenuhi ekspektasi Sony, pada tahun 2015 studio akhirnya menandatangani kontrak kerja sama baru dengan Marvel Studios untuk menghadirkan Spider-Man Tom Holland di MCU.

Berbagai Spin-off The Amazing Spider-Man 

Film Spider-Man terakhir yang dibatalkan adalah film spin-off The Amazing Spider-Man yang akan berfokus pada karakter Venom. Pada saat itu Sony sebenarnya telah menggaet sutradara Alex Kurtzman untuk menggarap film yang akan bercerita tentang Venom vs Carnage. Sayangnya setelah Sony memutuskan untuk bekerja sama dengan Marvel Studios, proyek film ini akhirnya dibatalkan, bersamaan dengan proyek spin-off lainnya. Termasuk dua film Sinister Six, Spider-Gwen, Spider-Man 2099, Black Cat, dan proyek  film menarik yang dikabarkan akan menceritakan Spider-Man vs The Amazing Spider-Man.

Itulah berbagai proyek film Spider-Man yang sempat dikembangkan, tetapi akhirnya terpaksa dibatalkan. Terlepas dari apa pun alasannya, sebenarnya bisa dibilang semua film ini sempat diantisipasi oleh para penggemar setia Spider-Man. Melihat keberagaman premis dan plot yang direncanakan, sepertinya akan sangat menarik jika sebagian proyek ini berhasil menemukan jalannya untuk tayang di bioskop. Sayangnya untuk sekarang semua itu hanya sekadar angan-angan yang mungkin akan sangat sulit untuk diwujudkan. Dari semua proyek gagal ini mana yang paling menarik perhatian kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.