Pada pertengahan tahun depan, untuk pertama kalinya robot hewan yang disebut Maximal akan hadir dalam bentuk live action di film Transformers: Rise of the BeastDi kisah asli Beast Wars, Maximal merupakan sebutan untuk kelompok robot keturunan Autobot yang hidup pada masa depan yang sangat jauh, di mana Autobot sendiri sudah tidak lagi eksis. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya ada segelintir Autobot yang masih bertahan sampai era Beast War dan akhirnya menjadi bagian dari Maximal dengan perubahan hewannya masing-masing. Siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Ultra Magnus

Di era Transformers Generation 1, Ultra Magnus dikenal sebagai robot bijaksana yang pernah menjadi pemimpin sementara Autobot saat Optimus Prime diceritakan menghilang. Bukan hanya posisinya saja yang sama, perubahannya Magnus juga mirip seperti Prime, di mana dia bisa berubah menjadi truk freightliner. Siapa sangka ternyata dari sekian banyak Autobot yang diceritakan telah punah di era Beast Wars, ternyata Magnus masih bertahan sebagai robot Maximal bernama ‘Ultra Mammoth’. Selain bisa berubah menjadi mammoth berbulu, dia juga terkenal sebagai Maximal yang ahli dalam menggunakan senjata berat.

Grimlock

Autobot selanjutnya yang pada akhirnya menjadi Maximal adalah Grimlock. Di serial animasi Transformers Generation 1, Grimlock sendiri sebenarnya adalah pemimpin sub-grup Autobot yang disebut Dinobot. Di mana sejak awal dia sudah bisa berubah menjadi robot tyranosaurus rex. Saat kembali muncul di komik Beast Wars, perubahan lamanya sebenarnya sempat dipertahankan. Namun karena Megatron dari Predacon juga bisa berubah menjadi t-rex, akhirnya Grimlock memilih bentuk lain sebagai velociraptor. Sejak saat itulah ketika Grimlock beraksi dalam bentuk robot bersama sub-grub Maximal yang disebut Attack Trooper, dia selalu terlihat menggunakan ekornya sebagai pedang.

Prowl

Saat masih menjadi Autobot, Prowl terkenal sebagai ahli strategi yang selalu terlihat di samping Optimus Prime dalam setiap pertempuran melawan Decepticon. Meskipun robot yang bisa berubah menjadi mobil polisi ini terkenal jarang bicara, tetapi kemampuan tempurnya justru lebih ‘nyaring’ dari suaranya. Ketika muncul di kisah pasca Great War, Prowl digambarkan sebagai Autobot yang menjadi Maximal Elder karena pengalamannya. Perubahan hewannya adalah singa, yang bisa menjadi kepala dari robot combiner Magnaboss bersama Maximal Elder lainnya, yaitu Ironhide dan Silverbolt.

Ironhide

Sama seperti Prowl, Ironhide adalah Autobot lain yang diceritakan masih bertahan sampai era Beast Wars sebagai Maximal Elder. Jauh sebelum Great War terjadi, sebenarnya Ironhide adalah salah satu bawahan setia Optimus Prime yang terkenal bisa berubah menjadi mobil sedan Nissan berwarna merah. Saat menjadi Maximal Elder dia juga masih mempunyai warna dasar merah, tetapi kali ini bentuk perubahannya adalah gajah. Di mana dia juga bisa berubah menjadi tubuh robot combiner Magnaboss saat bergabung dengan Silverbolt dan Prowl.

Silverbolt

Terakhir, anggota Autobot yang pada akhirnya menjadi Maximal Elder adalah Silverbolt. Di era Transformers Generation 1, Silverbolt adalah bagian dari Aerialbot, sub-grup Autobot yang terdiri dari para robot yang bisa terbang. Dia sendiri terkenal sebagai Autobot yang mempunyai bentuk perubahan pesawat tempur Concorde SST. Ketika muncul bersama Maximal Elder lain di Beast Wars, Silverbolt mempunyai bentuk perubahan yang tidak kalah keren dari sebelumnya, yaitu serigala bersayap elang. Ketika bergabung dengan Ironhide dan Prowl, Silverbolt akan menjadi bagian dada dan juga senjata Magnaboss.

Itulah 5 mantan pejuang Autobot yang masih bertahan sampai era Beast Wars dan akhirnya menjadi Maximal, bersama robot hewan lain seperti Optimus Primal, Cheetor, Airazor, Rhinox, dan masih banyak lagi. Bain bentuk lamanya maupun versi barunya, mereka selalu menjadi robot baik yang berjuang melawan Megatron dan kelompok Predacon-nya. Sepertinya akan sangat menarik jika di film Transformers: Rise of the Beasts pada tanggal 9 Juni 2023 nanti, ada anak buah Optimus Prime yang menjadi bagian dari Maximal. Kita nantikan saja kejutan dan keseruannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.