Nilai bounty kelompok Topi Jerami akhirnya meningkat pasca pertempuran epik yang terjadi di pulau Onigashima dalam arc Wano. Seperti yang sudah banyak diprediksi oleh para fans One Piece sebelumnya bahwa pertempuran besar di Onigashima dipastikan akan merebut banyak perhatian semua pihak. Hal tersebut wajar mengingat bagaimana masifnya level pertarungan, dan juga banyaknya orang-orang yang terlibat dalam pertempuran tersebut.

Dengan momen pertempuran di Onigashima menjadi pusat perhatian banyak pihak, artinya mau tidak mau mereka yang terlibat di dalamnya akan semakin populer dan menjadi incaran angkatan laut dan World Government. Dan efek berantai selanjutnya yang muncul dari hal tersebut adalah bagaimana nilai buruan mereka meningkat dengan cukup drastis. Berikut adalah nilai bounty terbaru dari kru Topi Jerami.

Monkey D. Luffy – 3.000.000.000 Belly

Dari semua kru Topi Jerami, jelas yang paling besar peningkatan nilai bountynya adalah Luffy. Nilai buruan Luffy sebelumnya adalah 1.5 milliar Belly, nilai yang fantastis dan merupakan nilai buruan tertinggi jika melihat rekan-rekan Supernova yang lain. Prediksi jika Luffy akan mengalahkan Kaido pada akhirnya terbukti seperti yang kita lihat di chaptrer 1050 kemarin.

Dengan satu lagi bajak laut kuat berhasil Luffy taklukan tentunya membuat dia semakin berbahaya dan menjadi incaran angkatan laut. Apalagi, Luffy berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di dunia dan bajak laut paling “mahal” dengan nilai buruan mencapai lebih dari 4 Milliar Belly. Dalam chapter 1057, terungkap bahwa nilai buruan Luffy sekarang berada di angka 3 milliar Belly.

Jinbe – 1.300.000.000 Belly

Jinbe adalah kru Topi Jerami yang memiliki mimpi untuk mengakhiri permusuhan antara manusia ikan dan manusia, selain mengikuti Luffy dan membantunya mewujudkan mimpi sebagai seorang raja bajak laut. Dia merupakan tambahan kru Topi Jerami paling baru yang bergabung di babak ketiga arc Wano, tepatnya ketika aliansi Luffy hendak pergi menuju Onigashima.

Dalam pertempuran di Onigashima, Jinbe dipelrihatkan berhadapan dengan sosok Who’s Who. Dia adalah mantan anggota dari CP-9 dan juga bagian dari kelompok Flying Six. Yang menarik dari pertarungan mereka adalah terungkapnya fakta tentang sosok Nika. Nilai buruan Jinbe saat ini berhasil melampaui 1 milliar Belly, yang mana sebenarnya angka ini terlalu besar. Pasalnya, Jinbe hanya menghadapi Flying Six yang notabene levelnya berada di bawah All-Stars.

Roronoa Zoro – 1.111.000.000 Belly

Zoro merupakan tangan kanan dari Luffy dengan kekuatannya yang dahsyat. Dia juga merupakan sebagai salah satu ahli pedang terkuat dalam ceritanya. Zoro memiliki mimpi untuk menjadi ahli pedang terkuat di dunia. Perlahan tapi pasti, Zoro berusaha untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Nilai buruan Zoro sendiri akan meningkat cukup tinggi pasca arc Wano ini.

Pasalnya, Zoro mampu berhadapan langsung dengan Kaido dan juga Big Mom. Bahkan, Zoro pun mampu untuk mengalahkan tangan kanan dari Kaido yaitu King yang merupakan bagian dari ras Lunarian. Kemenangan tersebut membuat pihak World Government akhirnya meningkatkan nilai bountynya dengan cukup drastis yaitu sekarang berada di angka 1,1 miliar Belly.

Sanji – 1.042.000.000 Belly

Sebagai bagian dari trio monster kru Topi Jerami, Sanji juga mengalami peningkatan drastis dari nilai bounty miliknya. Di sepanjang pertempuran Onigashima banyak momen epik yang terjadi terutama terhadap sosok Sanji. Misalnya, bagaimana Sanji berhasil membangkitkan kekuatan dahsyat dalam dirinya berkat mengaktifkan Raid Suit. Dan efek dari hal tersebut adalah dia mampu bertarung melawan Queen.

Pertarungan antara Sanji melawan Queen menjadi salah satu pertarungan yang cukup mendapatkan perhatian dari para fans. Queen sendiri merupakan sosok terkuat nomor dua di kelompok bajak laut Beast. Namun, yang menarik adalah meskipun Sanji berhasil mengalahkan Queen, yang notabene adalah sosok ketiga terkuat di kelompok Beast, hal ini ternyata belum cukup untuk meningkatkan nilai buruan Sanji. Justru Jinbe sekarang miliki nilai bounty yang jauhg lebih besar dari Sanji.

Nico Robin – 930.000.000 Belly

Berbicara mengenai Nico Robin, sebenarnya ada hal menarik dari sosoknya. Bukan mengenai kekuatan atau karakternya, melainkan nilai buruan yang dia miliki. Nilai buruan Robin sendiri sebelumnya hanya 130 juta Belly. Sebuah angka yang cukup kecil sebenarnya jika melihat siapa sebenarnya sosok Robin. Namun, pasca apa yang terjadi di Wano di mana Robin berhasil mengalahkan Black Maria membuat nilai bounty Robin meroket.

Dalam ceritanya, diperlihatkan bagaimana Nico Robin menjadi lawan bagi Black Maria setelah dia menggantikan posisi dari Sanji yang tidak bisa bertarung melawannya. Pertarungan melawan Black Maria menjadi momen pembuktian kekuatannya yang sudah meningkat drastis. Dan berdasarkan informasi yang muncul di ceritanya, nilai buruan Nico Robin kini sudah hampir menyentuh 1 miliar Belly.

Usopp – 500.000.000 Belly

Penembak jitu dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan kru bajak laut yang memiliki nilai bounty yang cukup besar terlepas dari perannya yang tidak terlalu signifikan. Dan hal ini juga dipelrihatkan oleh Oda di sepanjang arc Wano. Selama di Onigashima, Usopp memang tidak terlalu banyak bertarung seperti halnya Nami. Dia hanya berlari-lari dari satu lantai ke lantai yang lain bersama Otama untuk memberikan Kibi Dango.

752037941645083134

Meskipun begitu, Usopp kemudian berhasil menyelamatkan nyawa Kikunojo dan juga Kinemon yang terluka parah akibat pertarungan sebelumnya. Nilai bounty Usopp pasca pertempuran di Onigashima ini ternyata mencapai 500 juta Belly, sebuah angka yang fantastis namun terlalu besar untuk sosok Usopp. Pasalnya, ada kru Topi Jerami lain yang lebih memiliki kontribusi seperti Nami atau Brook.

Franky – 394.000.000 Belly

Franky adalah salah satu kru Topi Jerami terkuat setelah Luffy, Zoro, Sanji, dan Jinbe. Dalam pertempuran di Onigashima ini dia cukup banyak membantu aliansi Luffy untuk bisa menang. Sebelumnya, Franky mampu membuat Big Mom marah setelah dia menggilas wajahnya. Dan puncak petualangan dari Franky di pertempuran Onigashima adalah ketika dia bertarung melawan Sasaki.

9388817911631795625

Salah satu anggota Flying Six ini pun cukup memberikan kerepotan bagi Franky, sebelum kemudian Sasaki berhasil dikalahkan. Sebagian fans merasa bahwa pertarungan Franky ini kurang begitu epik, seperti di arc Dressrosa. Namun, terlepas dari hal itu, kontribusi Franky selama pertempuran ini sangatlah besar. Sayangnya, peningkatan nilai buruan Franky kurang begitu dahsyat di mana angkanya hanya menyentuh 390 juta Belly.

Brook – 383.000.000 Belly

Brook adalah salah satu sosok karakter yang cukup berpengaruh di arc Whole Cake Island, di mana big Mom sendiri sangat menyukai sosok Brook. Dia juga mampu menandingi kekuatan Big Mom meskipun hanya sebentar. Selama pertempuran di Onigashima, memang Brook nampak tidak terlalu banyak bertarung selain membantu yang lain membuka jalan untuk Luffy menuju atap.

brook-one-piece-wano-arc-291abc3e6d558d970d9e07878fe30623

Selebihnya, Brook menjadi sosok yang menemani dan membantu Robin untuk bisa kabur dari kejaran CP0. Meskipun begitu, kontribusi dari Brook cukup membantu kru Topi Jerami memenangkan pertempuran. Dan jika tidak ada Brook, mungkin Robin sudah tertangkap oleh CP0. Nilai bounty terbaru dari Brook sendiri berada di angka 383, angka yang relatif kecil untuk peran Brook di pertempuran tersebut.

Nami – 366.000.000

Saat mengetahui nilai bounty terbarunya, Nami ampak terkejut dengan angkat yang dia lihat yaitu 366 juta Belly. Dia tidak menyangka bahwa nilai bounty miliknya akan meningkat cukup drastis. Kemampuan Nami bertambah setelah dia memiliki salah satu Homies milik Big Mom, yaitu Zeus. Hal ini bisa kita lihat dalam pertempuran melawan Ulti, di mana berkat kerja sama Zeus dan Nami, mereka mampu menaklukan salah satu Flying Six tersebut.

Seperti halnya Usopp, Nami memang tidak terlalu banyak bertarung. Namun, dia cukup luar biasa saat bersama dengan Otama apalagi ketika dia marah saat Ulti menyerang Otama. Nami diperlihatkan menyrang Ulti dalam momen tersebut, meskipun serangannya tidak terlalu berarti. Nami baru benar-benar mampu melumpuhkan Ulti ketika dia sudah mendapatkan Zeus.

Chopper – 1000 Belly

Mungkin, dari semua kru Topi Jerami sosok Chopper adalah karakter yang paling tragis dan ironis terutama yang berkaitan dengan nilai buruan. Sejauh ini, nilai buruan Chopper selalu menjadi yang paling kecil. Dan pasca pertempuran Onigashima pun peningkatan nilai bounty Chopper pun tidak terlalu besar yaitu hanya 500 Belly. Nilai bounty Chopper saat ini ada di angka 1000 Belly, setelah sebelumnya hanya 500 Belly.

1183341168

Yang membuat ironis dari hal ini adalah bagaimana kemampuan medis Chopper pun membuat Queen terkejut. Nilai terbarunya hanya 1000 Belly, yang mana hal ini seolah memperlihatkan bahwa World Government begitu memandang sebelah mata Chopper. Padahal, Chopper adalah sosok yang menyelamatkan banyak orang saat virus Ice Demon menyerang. Dan dia juga terbukti sanggup untuk menandingi Queen, meskipun pada akhirnya dia tetap kalah.

Perang besar di Onigashima dalam arc Wano Country merupakan perang terbesar yang pernah muncul dalam cerita One Piece, melebihi epiknya perang dahsyat di Marineford. Setidaknya itulah yang Oda Sensei pernah katakan mengenai arc tersebut. Dengan skala pertempuran yang sangat besar, rasanya memang masuk akal jika kemudian nilai bounty dari para kru Topi Jerami akan meningkat drastis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.