Di awal film Avatar: The Way of Water, kita sudah disuguhkan dengan misteri besar. Misteri tersebut berkutat pada karakter Kiri yang diperankan Sigourney Weaver. Kiri adalah seorang Na’Vi yang juga anak ilmuwan Grace. Mungkin sebagian penggemar bertanya-tanya, bagaimana mungkin Grace memiliki seorang anak, mengingat Grace tewas di film pertama?

Saat kematiannya, Grace memang tidak meninggalkan seorang anak. Grace hanya meninggalkan avatar Na’Vi-nya, yang disimpan oleh Jake Sully, dan teman-teman ilmuwannya. Entah dari mana, avatar Grace kemudian melahirkan Kiri, yang pada akhirnya diadopsi oleh Jake dan Neytiri. Nah berikut adalah penjelasan tentang bagaimana Grace memiliki seorang anak di The Way of Water, dan siapa ayah Kiri. Seperti apa? Yuk simak!

Anak Norm Spellman?

Film ini sebenarnya tidak mengungkap detail tentang ayah Kiri secara langsung. Satu-satunya orang yang sangat potensial menjadi ayah Kiri adalah Doctor Norm Spellman, yang juga memiliki avatar Na’Vi. Spellman sebenarnya memiliki hubungan yang lebih dari sekedar rekan kerja dengan Grace. Namun memang hubungan tersebut tidak diperlihatkan secara langsung di depan layar (off screen). Nah menariknya, Kiri sempat mencoba bertanya kepada ibunya (yang kesadarannya masih ada di jaringan saraf Pandora), tentang siapa ayahnya. Tetapi belum sempat pertanyaannya terjawab, Kiri mengalami kejang-kejang, sebelum mendapat jawabannya.

Diberkahi Kekuatan Misterius

Jika benar Kiri adalah anak Spellman, ada yang janggal dengan hal tersebut. Entah bagaimana, Kiri bisa merasakan kekuatan Eywa, dewi dari Na’Vi yang juga sering dikenal sebagai Bunda Agung. Sepertinya, ada hubungan antara Kiri dengan Eywa. Pasalnya, Kiri memiliki berbagai kekuatan aneh layaknya dewi, seperti kekuatan bawah sadar untuk memanggil burung-burung suci, atau saat Kiri tertidur di atas rumput, napasnya nampak menggerakkan rumput-rumput disekitarnya.

Padahal, tidak ada orang lain dalam The Way of Water yang mampu melakukan tersebut, termasuk para Na’Vi. Itulah yang jadi penyebab Kiri berbeda dari anggota keluarganya yang lain. Ayah Kiri kemungkinan bukan manusia biasa atau Na’Vi, melainkan dari sesuatu yang jauh lebih kuat dari itu.

Kaitan dengan Eywa

Hubungan Grace dengan Eywa (di film pertama), kelahiran ajaib Kiri, dan kemampuannya yang berbeda menunjukkan bahwa Eywa kemungkinan berperan penting dalam kelahiran Kiri. Dan bisa saja Eywa adalah “ayah” Kiri. Kemungkinan besar, kemampuan Kiri dihasilkan dari Eywa yang menciptakan Kiri saat Grace sekarat di Pohon Jiwa, saat ending film pertama. Jika ada campur tangan Eywa dalam kelahiran Kiri, maka Kiri bisa dianggap sebagai kaki tangan Eywa di Pandora.

Seperti yang bisa kita lihat di The Way of Water, Kiri mampu beradaptasi dengan setiap lingkungan Pandora dengan cepat. Kiri bahkan bisa beradaptasi di dalam laut, seolah-olah dia sudah menjadi Metkayina sejak lama. Padahal klan aslinya berasal dari daratan yang biasa menghirup udara. Nah ending The Way of Water pun seolah mempertegas bahwa Kiri adalah kaki tangan Eywa. Kiri tampak berhasil menyelamatkan keluarganya dengan membawa ikan bercahaya untuk menerangi kegelapan di dalam laut.

Mungkin asal-usul Kiri akan dijelaskan secara gamblang dalam film Avatar 3. Dan kemungkinan film tersebut akan benar-benar berfokus pada Kiri dan hubungannya dengan Eywa. Itulah dia Geeks penjelasan tentang ayah Kiri dalam film The Way of Water. Memang belum ada penjelasan resmi tentang siapa ayah Kiri. Tetapi lewat beberapa bukti yang dihadirkan, bisa jadi Kiri terlahir dari campur tangan Eywa. Kita tunggu aja ya Geeks kelanjutan ceritanya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/