Siapa yang tidak mengenal Batman? Salah satu anggota Justice League ini terkenal sebagai pahlawan Gotham yang paling anti membunuh musuhnya. Yap, Batman memang berpegang teguh pada moralitasnya, sehingga dia lebih memilih jalan hukum untuk membuat jera musuhnya. Tetapi ternyata di komik, Batman sudah beberapa kali ketahuan membunuh sang korban. Lantas apa saja metode sadis yang pernah digunakan oleh Batman untuk membunuh korbannya? Simak berikut ini Geeks!

Menggunakan Air Keras

Seperti yang disebutkan di atas, kasus Batman membunuh seorang penjahat sangat langka. Tetapi buat kalian yang penasaran, Batman pertama kali membunuh penjahat di Detective Comics #27. Nah dalam komik tersebut, Bruce Wayne alias Batman harus berhadapan dengan seorang pengusaha korup bernama Alfred Stryker. Dia menghalalkan banyak cara agar bisa mendapat lebih banyak pundi-pundi uang, termasuk membunuh mitra bisnisnya. Ketika Batman bertemu langsung dengan Stryker, Batman tak segan meninjunya. Tinjuan tersebut membuat Stryker terpental dan jatuh ke dalam tempat yang berisi air keras. Stryker pun tewas dalam kejadian tersebut dan dia resmi menjadi korban pertama Batman.

Membakar

Aksi “keji” Batman kembali terjadi dalam Detective Comics #29. Komik tersebut memperkenalkan kita pada seorang villain bernama Dr. Death alias Karl Helfern. Semasa hidup, Dr. Death adalah seorang ilmuwan gila yang menciptakan senjata biologis yang dia gunakan untuk membunuh banyak orang. Upaya jahatnya baru bisa berhenti ketika dia bertemu Batman. Dan demi bisa mengalahkan Dr. Death dan pasukan setianya, Batman harus membakar laboratorium tempat Dr. Death beraksi. Ketika itulah Dr. Death tak bisa membebaskan diri dan terbakar hingga tewas. Batman pun menyaksikan kematian ilmuwan tersebut yang memilukan.

Mematahkan Leher

Detective Comics #30 juga menghadirkan kebrutalan Batman. Dalam komik tersebut, diceritakan bahwa ada seorang korban bernama Mr. Jones yang dibunuh secara tragis. Namun pembunuhnya belum diketahui. Mendengar kabar tersebut, Batman pun turun untuk mencari tahu siapa pelakunya. Lantas pencariannya tersebut mengarah kepada seorang pria bernama Mikhail, yang ternyata otak dari pembunuhan tersebut. Dengan cepat, Batman memburu pria tersebut dan memberikan hukuman yang setimpal. Tetapi alih-alih membawanya ke kantor polisi Gotham, Batman malah menendang keras belakang Mikhail yang membuat lehernya patah dan tewas. Cara yang digunakan Batman tersebut memang sederhana tapi terbukti ampuh.

Menggantung Sang Kobran

Dalam Detective Comics #27, moralitas dari Batman semakin dipertanyakan lagi. Di komik ini, Batman harus menghadapi seorang villain bernama Hugo Strange. Terungkap bahwa ternyata Hugo Strange telah menciptakan sebuah serum super yang telah dia suntikkan ke beberapa pasien sakit jiwa yang melarikan diri dari Arkham Asylum. Dan para pasien tersebut mulai berkeliaran, yang membuat Batman harus berhadapan dengan mereka yang tidak terkendali. Nah ketika Batman bertemu salah satu dari mereka, dengan menggunakan tali, Batman coba menangkapnya. Tetapi cara Batman sangat sadis, karena Batman menggantung leher sang korban menggunakan tali hingga mati.

Menabrakkan Kendaraannya

Masih dalam komik yang sama seperti di atas, Batman akhirnya berurusan dengan Hugo Strange yang sudah membuat banyak kekacauan di kota. Batman mampu melacak ilmuwan gila tersebut menggunakan Batcopternya. Nah setelah Batman menemukan Strange, dia langsung menabrakkan kendaraannya ke pria tersebut. Setelah menabrakkan kendaraannya, darah Strange tampak memenuhi spakbor kendaraan Batman, dan sejak itu Strange tidak pernah lagi diperlihatkan bergerak.

Mengubur Hidup-hidup

Saat perang dingin terjadi, DC merilis sebuah komik yang menceritakan saat Batman berhadapan dengan seorang prajurit super bernama KGBeast, yang ditugaskan ke Gotham untuk membunuh beberapa politisi terkenal. Mendengar kabar tersebut, Batman lantas mendatangi KGbeasts, dan pertemuan mereka menghasilkan pertarungan yang cukup epik, di mana mereka berdua bertarung di selokan Gotham. Di sana, Batman berhasil menjebak KGBeast di sebuah ruangan, dan meninggalkan KGBeasts mati kelaparan di dalamnya. Yap, Batman menggunakan cara ini untuk membunuh sang korban secara perlahan dan membuatnya tersiksa.

Menembak Musuh

Dalam komik Final Crisis hasil kreasi Grant Morisson, kita diperlihatkan bagaimana saat Batman berhasil mengalahkan salah seorang penjahat terkuat di DC yaitu Darkseid. Untuk kesekian kaliannya, Darkseid kembali berulah dengan mengirim para pasukannya untuk menguasai alam semesta. Untuk menghentikan rencana jahat Darkseid, Batman pun turun langsung. Tetapi dia sudah menyiapkan rencana jitu untuk menghabisi Darkseid menggunakan peluru khusus. Peluru itulah yang akhirnya menembus tubuh Darkseid dan membunuhnya dengan cepat. Peristiwa tersebut menjadi kemenangan terbesar bagi Batman.

Membiarkan Mati Sekarat

Dalam komik The Hunt for the Beasts, KGBeast kembali muncul. Namun kali ini Batman tidak lagi menghadapi KGBeasts di Gotham, melainkan di sebuah tempat bersalju di Arktik. Terungkap bahwa sebenarnya KGBeasts ditunjuk oleh Bane untuk membunuh Nightwing. Namun niat tersebut digagalkan oleh Batman. Setelah terjadi pertempuran hebat yang melibatkan Batman dan KGBeast, KGBeasts tampak terluka parah setelah menderita patah leher. Melihat hal tersebut, Batman yang bangkit kemudian pergi meninggalkan KGBeasts ditengah dinginnya salju. Batman malah meminta KGBeasts untuk mencari “Bantuannya sendiri”.

Itulah dia Geeks beberapa metode sadis yang pernah digunakan Batman untuk menghabisi nyawa sang korban. Walau Batman dikenal sebagai superhero yang tidak pernah membunuh, tetapi beberapa bukti di atas mengkonfirmasi bahwa ternyata sebaliknya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/