Sebagai musuh bebuyutan Batman, penampilan Joker memang selalu dinantikan penggemar. Karakternya yang sulit diprediksi dan motif kejahatan yang misterius menjadikan Joker sebagai primadona. Sudah ada beberapa aktor beruntung yang pernah terpilih memerankan karakter tersebut. Terhitung, ada lebih dari 5 aktor Hollywood yang pernah memerankan Joker seperti Joaquin Phoenix, Jack Nicholson, Jared Leto dan beberapa aktor lainnya. Tetapi tahukah kalian bahwa sebelum mereka, ada beberapa aktor yang hampir memerankan Joker? Siapa saja aktor tersebut? Simak berikut ini!

Paul Bettany

Ketika film The Dark Knight dibuat, Christopher Nolan mempertimbangkan banyak aktor terbaik Hollywood untuk memerankan Joker. Sudah ada beberapa kandidat yang Nolan pilih. Nah menariknya, salah satu kandidat tersebut adalah Paul Bettany, bukan Heath Ledger. Namun, aktor yang semakin beken setelah memerankan Vision tersebut tak jadi memerankan Joker. Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat Paul Bettany tak jadi memerankannya. Besar kemungkinan, ketika itu Bettany tengah disibukkan dengan produksi film lain. Di tahun 2008-nan, Paul Bettany memang tengah membintangi beberapa film, salah satunya adalah film Iron Man yang menghadirkan Bettany sebagai JARVIS.

Robbin Williams

Robbin Williams adalah salah satu aktor berbakat Hollywood. Dia sudah membintangi banyak film besar, mulai dari Night at the Museum, Happy Feet, hingga A.I. Artificial Intelligence. Tetapi siapa sangka jika sebenarnya Robbin Williams pernah dipertimbangkan untuk memerankan Joker. Yap, Tim Burton pernah mempertimbangkan untuk menggunakan jasa Robbin Williams sebagai pemeran Joker. Namun kemudian Tim Burton lebih memilih Jack Nicholson sebagai pemeran Joker di film Batman (1989). Uniknya nih Geeks, Williams juga sempat beberapa kali melakukan audisi untuk peran Joker di beberapa film lainnya, tetapi Williams selalu gagal mendapat peran tersebut.

David Bowie

Sebagai seorang penyanyi terkenal, siapa sangka David Bowie pernah menjadi kandidat pemeran Joker. Ketika film Batman (1989) mulai memasuki tahap pengembangan, penulis naskahnya, Sam Hamm, sangat ingin agar David Bowie dipilih sebagai pemeran Joker. Hamm menilai bahwa David Bowie sangat cocok memerankan karakter tersebut, terutama bentuk wajahnya yang mirip Joker di komik. Namun sayangnya, Tim Burton tak mengabulkan keinginan Sam Hamm, sehingga Bowie gagal terpilih. Bowie memang artist multi talenta. Selain suaranya merdu, dia juga pernah membintangi beberapa film besar seperti Labyrinth yang rilis tahun 1986.

Willem Dafoe

Nama Willem Dafoe semakin terkenal setelah dia memerankan Green Goblin dalam film Spider-Man versi Sam Raimi. Green Goblin adalah villain ikonik Marvel yang diceritakan sebagai musuh bebuyutan Spider-Man. Tetapi Geeks, jauh sebelum Dafoe terpilih sebagai pemeran Green Goblin, dia lebih dulu menjadi kandidat pemeran Joker di film Batman (1989). Ternyata, Sam Hamm (penulis naskah Batman (1989)) juga memilih Willem Dafoe sebagai kandidat lainnya untuk memerankan Joker. Dafoe dianggap memiliki penampilan fisik yang tepat sebagai Joker. Namun seperti yang kita ketahui bahwa Dafoe gagal terpilih karena Tim Burton lebih memilik Jack Nicholson. Tetapi beruntung karena Dafoe mendapat kesempatan lainnya untuk memerankan villain Spider-Man.

Ryan Gosling

Aktor terakhir yang hampir saja memerankan Joker adalah Ryan Gosling. Gosling memang sering tampil di berbagai film besar Hollywood, mulai dari Blade Runner hingga La La Land. Sehingga wajar jika dia menjadi salah satu kandidat pemeran Joker. Ketika itu, Ryan Gosling harus berhadapan dengan Jared Leto. Yap, Gosling hampir muncul dalam film Suicide Squad yang disutradarai David Ayer. Tetapi beruntung karena David Ayer lebih memilih Jared Leto untuk peran tersebut. Pasalnya, setelah Leto memerankan Joker, karakternya mulai ditinggalkan oleh Warner Bros. Apalagi mengingat kegagalan film Suicide Squad, yang dianggap sangat mengecewakan.

Itulah dia Geeks beberapa aktor yang gagal mendapatkan peran Joker. Di masa depan, beberapa aktor tersebut mungkin akan mendapat kesempatan untuk memerankan Joker. Apalagi mengingat Warner Bros dan DC Studios tengah memperluas semesta DCU. Kita tunggu aja ya Geeks aksi Joker lainnya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/