Butuh waktu lebih dari satu dekade sampai akhirnya sutradara James Cameron bisa mewujudkan film Avatar: The Way of Water. Dengan jeda waktu yang cukup lama tersebut cukup masuk akal jika sekarang masih ada yang belum begitu kenal dengan waralaba film sci-fi yang berlangsung di Planet Pandora ini. Tanpa terkecuali para penggemar lama yang mungkin ingatan tentang film pertamanya sudah sedikit samar. Itulah mengapa kali ini kita akan membahas beberapa elemen penting dari film Avatar pertama yang perlu kita tahu sebelum menonton Avatar 2.

Haruskah Menonton Avatar Sebelum The Way of Water?

Jawabannya tidak, karena ada beberapa alasan mengapa film Avatar 2 akan terasa seperti soft reboot. Yang pertama jeda waktu yang cukup lama membuat setiap kisah yang disajikan di sekuel Avatar nanti akan terasa baru. Di mana karakter utama Jake Sully (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldana) telah membuka lembaran baru untuk hidup bersama suku Na’vi pesisir Metkayina. Musuh mereka masih RDA, bangsa manusia yang menjajah Pandora, tetapi pada dasarnya mereka adalah kelompok baru dengan markas baru di Bridgehead dan juga tujuan baru yang lebih besar dari sebelumnya.

Alasan yang kedua, mengapa kita bisa melewatkan film Avatar pertama adalah karena di sekuelnya nanti akan ada lebih banyak karakter baru daripada karakter lama. Jake dan Neytiri memang kembali sebagai karakter utama di film Avatar 2, tetapi kali ini lingkup ceritanya sudah lebih luas, di mana mereka sudah mempunyai keluarga kecil. Yang terdiri dari 3 anak kandung (Neteyam, Lo’ak, Tuktirey) dan 2 anak angkat (Kiri, Spider). Selain keluarga Jake, filmnya juga akan menghadirkan kepala suku Metkayina bernama Tonowari (Cliff Curtis), istrinya Ronal (Kate Winslett), dan 2 anaknya (Tsireya, Aonung).

Hal Penting dari Film Avatar Pertama

Meskipun kita bisa melewatkan film pertamanya, tetapi ada beberapa hal dan momen penting di Avatar yang bisa meningkatkan pengalaman menonton sekuelnya jadi lebih maksimal. Berikut ini berbagai hal menarik di film pertama yang bisa dijadikan pegangan sebelum menonton film Avatar 2 di bioskop:

  • Premis Film Avatar: Berlangsung pada abad 22 tepatnya tahun 2154, film Avatar pertama dimulai dengan premis bahwa sumber daya alam Bumi telah habis, sementara populasi dunia sudah sangat padat. Hal tersebut memaksa manusia untuk mencari sumber daya baru demi menyelamatkan mereka dari kepunahan. Sampai akhirnya mereka menemukan jawabannya dari mineral langka Unobtanium di planet Pandora yang lokasinya berada di luar galaksi Bima Sakti. Mineral ini digadang-gadang dapat dimanfaatkan sebagai energi terbarukan untuk sebagian besar kebutuhan manusia.

  • Manusia Mengirim RDA: Untuk mencapai tujuannya, bangsa manusia lantas mengirim perwakilan mereka ke Pandora, yaitu Resources Development Administration (RDA), organisasi non pemerintah yang akhirnya menambang Unobtanium di Pandora melalui markas mereka yang disebut Hell’s Gate. Namun, dalam prosesnya mereka harus berhadapan dengan Na’vi, alien primitif berkulit biru sekaligus bangsa asli di planet Pandora.
  • Na’vi Melawan Penjajah: Dari sudut pandang Na’vi, di mana yang paling merasakan dampaknya di film pertama adalah suku hutan Omaticaya, mereka mau tidak mau harus melawan penjajah manusia yang datang dengan pasukan dan peralatan canggih. Karena bagi mereka mineral Unobtanium dan alam Pandora secara keseluruhan adalah bagian sakral dari Eywa alias All-Mother, entitas ilahi yang menuntun kehidupan bangsa Na’vi.
  • Kekalahan RDA: Singkat cerita setelah segelintir orang bersekutu dengan bangsa Na’vi, termasuk Jake yang akhirnya menjadi seorang Na’vi melalui program Avatar dan bantuan suku Omaticaya, RDA akhirnya berhasil dikalahkan. Meskipun pengorbanannya sangat besar, tetapi RDA sepakat untuk meninggalkan Hell’s Gate. Sedangkan Jake dan beberapa manusia ‘baik’ memutuskan untuk tetap tinggal di Pandora.

Para Karakter Penting yang Kembali di Sekuel

Setelah lebih dari satu dekade berlalu, ada sejumlah karakter veteran di film pertama yang kembali di Avatar 2. Empat di antaranya akan memainkan peran yang sangat penting di sekuelnya:

  • Jake Sully: Karakter utama di film Avatar pertama ini memulai kisahnya di Pandora sebagai seorang tentara yang menggantikan mendiang kakaknya. Meskipun tidak bisa berjalan, tetapi DNA-nya memungkinkan dia untuk mengikuti program Avatar. Di mana kesadarannya bisa dipindahkan ke tubuh Na’vi. Di ending film pertama diceritakan bahwa setelah mendapatkan bantuan suku Omaticaya, kini dia telah permanen dengan tubuh Na’vi-nya.

  • Neytiri: Wanita sekaligus pejuang dari suku Omaticaya yang akhirnya jatuh hati kepada Jake. Bersama kekasihnya dan juga para pejuang Omaticaya, dia berhasil mengalahkan RDA. Setelah lebih dari satu dekade berlalu, di film Avatar 2 nanti dia akan diceritakan sudah menikah dengan Jake dan tinggal bersama keluarga kecilnya di suku pesisir Metkayina.
  • Grace Augustine (Sigourney Weaver): Di film pertama, Grace digambarkan sebagai ilmuwan manusia sekaligus penggagas program Avatar, yang sangat menghargai kehidupan di Pandora. Pada akhirnya dia mendukung bansa Na’vi bersama Jake dan beberapa orang lainnya. Saat dia terluka parah karena bertempur dengan RDA, suku Omaticaya berusaha untuk memindahkan kesadarannya ke tubuh Na’vi secara permanen. Sayangnya, Grace lebih dahulu mati dan membuat prosesnya gagal. Menariknya aktris Sigourney Weaver akan kembali terlibat di film Avatar 2 nanti, tetapi kali ini dia akan muncul sebagai karakter baru sekaligus anak angkat Jake bernama Kiri.
  • Miles Quaritch (Stephen Lang): Kolonel Security Operation RDA ini adalah antagonis utama di film Avatar pertama yang terkenal kejam dan sangat membenci Na’vi. Menjelang ending film pertamanya, kematian Quaritch oleh Jake dan Neytiri secara tidak langsung telah menjadi tanda kekalahan terbesar RDA. Dia dipastikan akan kembali di film Avatar 2 sebagai Recombinant, program baru RDA yang memasukan DNA dan ingatan lama tentara yang telah mati ke tubuh Na’vi secara permanen. Dengan tubuh barunya yang lebih kuat dan lebih lincah ini, cukup jelas bahwa Quaritch akan jadi ancaman serius di sekuelnya nanti.

Apa yang akan Terjadi di The Way of Water?

Dengan semua momen dan karakter penting di atas, tampaknya Avatar 2 akan jauh lebih meriah dan lebih seru dari film pertama. Apalagi kini manusia telah mendirikan markas baru yang jauh lebih besar dan lebih berbahaya bagi bangsa Na’vi, yaitu Bridgehead. Di sisi lain, Jake dan suku Metkayina harus menghalau para penjajah manusia karena sekarang aktivitas mereka telah mengganggu kedamaian Eywa di samudera. Pertempuran antara Na’vi dan manusia sudah tidak mungkin dihindari lagi, di mana kali ini skalanya akan jauh lebih besar karena manusia sudah jauh lebih siap dan lebih mengancam dari sebelumnya.

Itulah pembahasan tentang berbagai hal dan momen dari film pertama yang bisa kita jadikan pegangan saat menonton film Avatar 2. Sekilas premis dan plot sekuelnya ini mungkin terasa mirip dengan film pertamanya, tetapi faktanya ada banyak hal baru yang akan membuatnya sangat berbeda. Apalagi untuk saat ini masih belum diketahui siapa yang akan memenangkan pertmpuran besar di Avatar 2 nanti. Temukan sendiri jawaban dan keseruannya di film Avatar: The Way of Water yang sekarang sudah bisa ditonton di seluruh bioskop kesayangan kalian. So, jangan sampai ketinggalan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.