Seperti yang kita tahu, Megatron adalah pemimpin terhebat sekaligus terkejam dari Decepticon yang telah membuktikan sepak terjangnya di berbagai media Transformers. Mulai dari serial animasi Generation 1 yang tayang pada tahun 80-an, kemudian komik Transformers, sampai tayangan live action yang tayang perdana pada tahun 2007. Namun, tahukah kalian bahwa sebenarnya Megatron bukan satu-satunya pemimpin Decepticon. Di berbagai kisah Transformers, ada 10 robot jahat lain yang pernah mengisi peran tersebut. Siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Bludgeon

Dalam sejarah Transformers di Marvel Comics, Bludgeon adalah pemimpin Decepticon yang berhasil menghancurkan aliansi para robot Cybertron setelah mereka menang melawan Unicron the Chaos-Bringer. Hal ini langsung membuatnya menjadi penjahat perang yang sangat dibenci oleh para Autobots. Di sisi lain, para Decepticon yang berada di bawah kepemimpinannya langsung sepakat untuk membantu Bludgeon untuk menguasai alam semesta di kisah Generation 2 dan Regeneration 1, sebelum akhirnya Megatron kembali dan mengambil alih kepemimpinan darinya.

Galvatron

Galvatron sejatinya adalah reinkarnasi dari Megatron yang terlahir karena Unicron menginginkan pemimpin Decepticon yang lebih setia kepadanya. Di komik IDW, Galvatron digambarkan sedikit berbeda dari Megatron, di mana dia diceritakan sebagai robot dari masa depan yang mempunyai hubungan dengan Nova Prime dan Arcee dari Autobots. Setelah bersentuhan dengan Dead Universe dan menjadi pelayan D-Void, Galvatron diceritakan berhasil mendapatkan keabadian, sehingga dia bisa menjadi pemimpin Decepticon terhebat setelah Megatron.

Overlord

Pertama kali muncul di serial Super-God Masterforce, Overlord adalah robot Transector yang diceritakan pergi ke Bumi untuk melanjutkan pertempuran abadinya dengan para Autobots. Meskipun awalnya tidak ada yang spesial dari kisah debut Overlord, karakternya kembali diperkenalkan di The Last Stand Of The Wreckers sebagai Cybertronian yang memimpin Decepticon. Setelah berhasil menguasai Garrus-9 di Cybertron, Overlord menggunakan semua kekuatannya untuk membuat Decepticon tunduk padanya, begitu juga Autobots yang dia jadikan petarung gladiator di arena.

Ratbat

Sesuai dengan namanya Ratbat adalah Cybertronian yang digambarkan mempunyai bentuk perubahan sebagai robot kelelawar. Meskipun bentuk robot alternatifnya seperti hewan, tetapi dia bukanlah robot dari kisah Beast Wars seperti Maximals atau Predacons. Melainkan robot yang diperkenalkan di komik Transformers Marvel Comics sebagai versi alternatif Soundwave. Sebagai sosok yang sangat kejam sekaligus kuat, Ratbat muncul sebagai pemimpin Decepticon di Bumi, sebelum akhirnya dia diceritakan hancur berkeping-keping di peristiwa Underbase Saga.

Scorponok

Masih dari kisah Transformers di Marvel Comics, robot jahat lain yang pernah memimpin Decepticon adalah Scoponok. Saat Megatron diceritakan menghilang, Scorponok mengambil alih kepemimpinan Decepticon untuk menyerang Autobots di planet Nebulos. Selain menyerang Nebulos, Scorponok juga memimpin Decepticon dalam pertempuran lain yang membuatnya menjadi sosok yang sangat ditakuti. Setelah melewati berbagai pertempuran dahsyat dengan Autobots, pada akhirnya dia diceritakan menjadi sekutu Optimus Prime, tepatnya saat para Cybertronian bersatu untuk mengalahkan Unicron.

Shockwave

Dari sekian banyak Decepticon yang berusaha menggulingkan kepemimpinan Megatron, Shockwave adalah salah satu robot jahat yang benar-benar berhasil melakukan hal tersebut. Untuk membuktikan kehebatannya sebagai pemimpin baru Decepticon, dia lantas mulai perlahan-lahan memperbaiki robot Decepticon yang telah rusak untuk meningkatkan kekuatan pasukannya. Tidak lama setelah melakukan hal tersebut, Shockwave sempat mengundurkan diri karena merasa telah gagal memimpin Decepticon dalam pertempuran. Namun, saat Megatron diceritakan hancur, dia kembali ditunjuk sebagai pemimpin oleh Decepticon lain karena pengalamannya.

Soundwave

Soundwave adalah Decepticon yang terbilang sangat setia kepada Megatron. Namun ketika Megatron diganti oleh Soundwave kemudian Galvatron, pada titik inilah kesetiaannya berubah menjadi ambisi untuk menjadi pemimpin Decepticon yang baru. Rencananya benar-benar tercapai ketika Soundwave hancur dan Galvatron menghilang. Sebagai pemimpin setidaknya ada beberapa program besar yang telah dia gapai dengan kekuatannya. Salah satunya adalah mendirikan markas di planet Jupiter dan menjadikannya rumah baru bagi para Decepticon.

Starscream

Sebagai robot yang selalu digambarkan sebagai tangan kanan Megatron, Starscream sempat menjadi pemimpin Decepticon saat tuannya tersebut menderita cedera yang sangat parah. Dengan pengalamannya sebagai pemimpin pasukan udara Megatron, dia dapat dengan mudah membuktikan kehebatannya sebagai pemimpin baru Decepticon. Sayangnya hal tersebut tidak cukup untuk menakuti Optimus Prime dan para Autobots lain, sehingga ketika Starscream sadar, dia dengan senang hati mengembalikan jabatannya kepada Megatron yang memang terkenal jauh lebih kejam dari Starscream.

Straxus

Starxus adalah Decepticon yang hanya muncul di kisah Transformers Marvel Comics. Meskipun hanya muncul sebentar, tetapi dia adalah pemimpin Decepticon yang sangat ditakuti di Cybertron, tepatnya saat Megatron diceritakan tengah berada di Bumi untuk waktu yang lama. Kepemimpinannya yang sangat mengerikan terbukti dari perbuatannya yang sering melelehkan Autobots dan Cybertronian lain yang tidak mau menjadi Decepticon. Bahkan saat Autobot Blaster menghancurkannya, dia masih sempat memindahkan kesadarannya kepada Megatron yang melanjutkan kepemimpinannya.

Thunderwing

Sebelum Megatron mengambil alih kepemimpinan Decepticon dari Starxus, sebenarnya ada sosok lain yang sempat menjadi pemimpin Decepticon untuk sementara waktu. Dia adalah Thunderwing yang berusaha untuk mengembalikan kejayaan Decepticon di Cybertron. Salah satu upayanya adalah dengan mengambil Matrix of Leadership dan menggunakannya untuk meningkatkan kekuatannya sampai berkali-kali lipat. Namun, karena kekuatan Matrix terlalu dahsyat dia akhirnya menjadi gila, sebelum akhirnya Autobots berhasil menghancurkannya dan Megatron muncul untuk mengambil perannya.

Itulah 10 pemimpin Decepticon selain Megatron yang telah memimpin kelompok robot jahat untuk bertempur melawan Autobots. Meskipun kemunculan para robot ini tidak sebanyak Megatron, tetapi masing-masing dari mereka bisa dibilang telah mengisi kekosongan Megatron dengan sangat baik. Karena jika mereka tidak mengambil alih kepemimpinan, mungkin Autobots telah lama mengalahkan Decepticon dan mengakhiri perang abadi di antara mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.