Saat ini industri perfilman superhero Hollywood bisa dibilang tengah berada pada kondisi puncaknya dengan kehadiran Marvel Cinematic Universe dan DC Universe. Menariknya, jauh sebelum kedua jagat sinematik tersebut berdiri, sebenarnya film superhero sendiri selalu diantisipasi oleh para penggemar, khususnya yang mengadaptasi kisah dan para karakter dari Marvel dan DC. Walaupun begitu, di balik semua popularitas tayangan bergenre superhero, ternyata ada beberapa film yang sangat kontroversial. Entah itu setelah filmnya rilis maupun sejak promosi dilakukan, seperti 10 film berikut ini.

Spider-Man

Spider-Man (2002) garapan sutradara Sam Raimi adalah film superhero abad 21 yang sangat populer sekaligus kontroversial. Meskipun sukses secara finansial, ternyata film ini sempat mendapatkan masalah saat tengah melakukan promosi. Di mana pada saat trailer dan berbagai promosinya akan dirilis, peristiwa menggemparkan 9/11 terjadi. Hal ini langsung membuat Sony Pictures buru-buru merevisi poster dan trailer yang menampilkan Spider-Man (Tobey Maguire) tengah mengayun di gedung kembar WTC. Untungnya, masalah ini selesai saat filmnya dirilis, sehingga tidak menimbulkan kontroversi lain.

Deadpool

Sebelum masuk ke MCU seperti sekarang, film Deadpool (2016) sebenarnya pertama kali diproduksi oleh 20th Century Studios yang pada saat itu mencoba fomula baru dengan film R-rated. Menariknya, film Deadpool yang dibintangi oleh Ryan Reynolds ini berhasil menjadi salah satu film tersukses mereka. Keberhasilan tersebut berhasil mereka gapai bukan tanpa masalah. Karena ternyata film superhero ini malah menjadi sangat kontroversial karena terdapat banyak sekali adegan berdarah-darah dan juga kata-kata kasar. Pada saat itu BBC bahkan menobatkannya sebagai film paling konstroversial sepanjang sejarah.

Suicide Squad

Dari marvel sekarang kita beralih ke jagat sinema DCU yang pada saat itu lebih dikenal dengan sebutan DCEU. Mulai dari film crossover non superhero, yaitu Suicide Squad (2016), yang faktanya sangat kontroversial di kalangan penggemar. Alasan mengapa film karya David Ayer ini sangat kontoversial adalah karena apa yang dijanjikan di trailernya sama sekali tidak terbukti saat filmnya rilis. Misalnya kemunculan Joker yang awalnya menjadi daya tarik filmnya, justru hanya muncul sebentar dan sama sekali tidak berkesan. Tentu saja hal ini membuat sebagian penggemar marah karena merasa ditipu.

Batman V Superman

Masih dari DCU, pada saat itu sebenarnya film Batman V Superman Dawn of Justice (2016) sempat digadang-gadang akan menjadi film crossover DC paling bersejarah. Pada kenyataannya, BvS justru menjadi film superhero paling kontroversial yang digarap oleh sutradara Zack Snyder. Selain sinematografinya yang dianggap terlalu kelam, film yang dibintangi oleh Henry Cavill dan Ben Affleck ini justru dianggap menghina sejarah Batman yang mempunyai kode etik ‘No Kill Rule’. Di filmnya, Batman bahkan diperlihatkan tidak segan-segan membunuh sekelompok penjahat dengan meledakan markasnya.

Justice League

Sejak awal film crossover superhero DC, Justice League (2016), sebenarnya sudah cukup kontroversial di kalangan penggemar. Mulai dari hengkangnya sutradara Zack Snyder karena anaknya meninggal dunia, sampai penggarapan filmya yang dilanjutkan oleh sutradara The Avengers, Joss Whedon. Saat filmnya tayang banyak sekali penggemar yang merasa bahwa filmnya masih ‘mentah’ dan terlalu murahan untuk film Justice League. Hal ini akhirnya membuat banyak penggemar meramaikan internat dengan tagar #releasethesnydercut yang baru terjawab pada tahun 2021 dengan film Zack Snyder’s Justice League yang rilis di saluran streaming HBO dengan durasi sekitar 4 jam.

Captain Marvel

Sama seperti DCU, jagat film superhero MCU juga ternyata tidak lepas dari kontroversial. Hal tersebut terbukti dari film Captain Marvel (2019), yang sempat membuat sebagian penggemar marah karena merasa aktris Brie Larson tidak cocok untuk memerankan karakter Carol Danvers. Hal ini diperparah dengan plot filmnya yang terasa berantakan karena menghadirkan terlalu banyak karakter dan premis besar dalam satu film. Misalnya kemunculan sosok Mar-Vell, Captain Marvel pertama di komik, yang hanya sekilas, serta bangsa alien Skrull yang baru terungkap di menjelang akhir film.

Thor: Love & Thunder

Sebelum tayang, sebenarnya film solo Thor keempat yang berjudul Love & Thunder (2022) sempat membuat banyak penggemar sangat penasaran. Khususnya karena film ini kembali disutradarai oleh Taika Waititi yang berhasil dengan film Thor Ragnarok (2017). Namun, saat superhero terkuat di Avengers ini beraksi, film Waititi ini malah menjadi film yang sangat kontroversial di kalangan penggemar. Khususnya karena menggambarkan karakter Thor sebagai sosok yang penuh dengan lelucon. Hal ini bahkan diakui oleh pemeran sang God of Thunder, Chris Hemsworth, yang merasa karakternya telah kehilangan ‘akal sehat’.

Batgirl

Selanjutnya film superhero yang sempat kontroversial di kalangan penggemar adalah Batgirl. Masalah dari film DCU yang batal tayang ini justru terletak pada keputusan Warner Bros. yang tidak jadi menayangkan filmnya di saluran streaming HBO, padahal semua kru dan jajaran pemerannya telah menyelesaikan proses syutingnya. Tidak lama setelah membuat bayak penggemar marak sekaligus penasaran, WB akhirnya menjelaskan alasan pembatalan film Batgirl yang tadinya akan tayang tahun ini. Di mana itu semua berhubungan dengan perubahan strategi WB yang merombak total jagat sinema DCU.

The Flash

Film superhero kontroversial selanjutnya adalah film The Flash yang dijadwalkan akan tayang pada tahun 2023 mendatang. Salah satu penyebab utama mengapa filmnya sangat konstroversial, tidak lain karena disebabkan oleh aktor Ezra Miller yang tidak henti-hentinya melakukan kesalahan di ruang publik. Seperti kasus pemukulan seorang wanita di depan sebuah klub malam, kemudian mengganggu ruang publik dengan menyerang sepasang sejoli dan memaksa masuk ke apartemennya, serta beberapa masalah lainnya. Hal tersebut pada akhirnya membuat banyak penggemar mendorong WB dan DC Studios untuk segera memecat Ezra dari perannya sebagai Flash di DCU.

Captain America New World Order

Meskipun baru akan tayang pada tahun 2024, ternyata Captain America New World Order sudah menjadi film MCU yang kontroversial. Di mana judul dan pemilihan superhero Israel yang akan muncul di filmnya telah membuat banyak penggemar tidak setuju. Judul New World Order yang mengadaptasi kalimat konspirasi ini membuat banyak penggemar bertanya-tanya mengapa Marvel memakai judul tersebut. Selain itu kemunculan superhero Israel bernama Sabra juga dianggap tidak menghargai isu kemanusiaan yang terjadi di Isarel-Palestina. Untuk merespons kritikan tersebut, Marvel bahkan samapi berjanji bahwa Sabra akan digambarkan berbeda di MCU.

Itulah 10 film superhero paling kontroversial yang sempat memicu ketakutan bahkan kemarahan dari para penggemar. Untuk sebagian besar film yang telah tayang, sebenarnya tidak banyak yang bisa diubah untuk menghilangakan kontroversinya. Namun, untuk film yang akan tayang, masih ada waktu untuk meyakinkan penggemar bahwa kecemasan dan kemarahan mereka akan segera ditanggapi dengan perubahan dan juga penjelasan lebih lanjut. Sehingga ke depannya tidak ada lagi masalah yang muncul karena studio tidak mendengarkan harapan dan juga kritikan dari para penggemar.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.